skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Sakit Liver

Gejala Sakit Liver

Ketika Anda mendengar kata penyakit liver, mungkin pertanyaan pertama yang akan muncul dari benak Anda adalah “Apa sih penyakit liver itu?” Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tergolong penyakit yang sangat berbahaya.

Hal ini disebabkan karena peran liver atau hati yang sangatlah penting untuk tubuh kita karena sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa-senyawa yang ada pada trubuh yang bersifat racun.

Selain itu, hati juga merupakan organ tubuh penghasil amonia, urin serta asam urat yang memanfaatkan nitrogen serta asam amino. Racun yang ada pada tubuh dipecah oleh hati kemudian hasilnya dikeluarkan melewati empedu serta feses yang menurut ilmu kedokteran dinamakan dengan detoksifikasi.

Karena itulah penyakit liver sangat berbahaya dan harus diwaspadai dan ditangani dengan cepat, jika Anda menemukan beberapa gejala yang timbul seperti dibawah ini bisa saja itu merupakan ciri-ciri awalnya, dan untuk memastikan, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter yang mengerti dengan penyakit ini.

Penyakit liver atau hati ini juga dikenal dengan nama penyakit hepatitis A, hepatitis B atau penyakit hepatitis non A dan penyakit hepatitis non B yang kesemuanya ini disebabkan oleh virus. Selain itu penyebab lain munculnya penyakit liver atau hati ini adalah berasal dari pola mengkonsumsi makanan yang salah serta zat-zat kimia yang terkandung dalam obat yang biasa kita minum seperti parasetamol, antibiotik, arsenal serta obat-obatan yang masyarakat konsumsi dalam bentuk fastfood.

Ada sejumlah gejala klasik penyakit liver yang sangat perlu kita ketahui, yaitu:

  1. Nyeri Perut

Tanda lainnya ketika terkena penyakit liver adalah akan merasakan nyeri perut. Nyeri perut itu menyerang bagian atas. Saat anda merasakan nyeri perut bagian atas bisa jadi hati anda mengalami masalah seperti pembengkakan. Pembengkakan hati akan membuat penderitanya merasakan nyeri perut sebab hati berdekatan dengan perut bagian atas.

  1. Pembengkakan

Tanda yang menunjukkan bahwa seseorang terkena liver adalah dia mengalami pembengkakan pada bagian tertentu misalnya adalah kaki, tangan dan juga perut. Pembengkakan itu disebabkan oleh cairan empedu yang menumpuk.

Cairan empedu seharusnya dibawa menuju ke saluran pencernaan untuk memecah lemak, sayangnya kinerja liver yang terganggu membuat dia tidak bisa membawa cairan empedu bersamaan dengan bilirubin ke saluran pencernaan. Cairan empedu itulah yang menumpuk dan membuat tubuh menjadi bengkak terutama di bagian perut.

Pembengkakan yang terjadi di tubuh manusia tidak saja ciri dari penyakit liver, namun bisa menjadi ciri-ciri penyakit ginjal. Sama halnya dengan hati, ginjal adalah alat ekskresi pada tubuh manusia. Ginjal yang tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik akan membuat cairan yang seharusnya dikeluarkan oleh saluran kemih menjadi menumpuk di bagian perut dan kaki.

  1. Tubuh Menjadi Kuning

Orang yang menderita penyakit liver biasanya tubuhnya akan menguning. Yang akan terlihat menguning adalah bagian tubuh terutama putih mata, tangan, kaki dan semua badan terlihat menguning. Akan sangat terlihat jelas mata putih berwarna kuning  ketika seseorang terkena liver. Dokter akan memeriksa putih mata pertama kali sebelum mengecek bagian tubuh yang lainnya.

Yang membuat tubuh menguning seperti itu adalah kadar bilirubin hati yang tinggi. Bilirubin sendiri adalah zat sisa yang bisa dihasilkan ketika terjadi penguraian sel darah merah. Sebelum dikeluarkan oleh tubuh biasanya bilirubin itu akan dibawa menuju hati manusia, membawanya melalui aliran darah manusia.

Ketika sampai hati, bilirubin itu akan dicampur bersamaan dengan cairan empedu. Cairan empedu dan bilirubin akan menuju ke sistem pencernaan untuk dibuang melalui sistem ekskresi, sayangnya hati yang terganggu akibat penyakit liver tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Bilirubin yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh justru menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi kuning.

  1. Kulit Terasa Gatal

Gatal yang akan dirasakan oleh orang yang menderita liver tidaklah sama seperti gatal seperti penyakit gatal pada umumnya. Penyakit gatal pada penderita liver akan merasakan gatal-gatal setiap hari dan tidak akan pernah hilang sepanjang waktu. Kulit gatal dan tidak kunjung reda menjadi tanda bahwa orang tersebut mengalami gangguan ginjal.

Kulit yang gatal pada penderita liver disebabkan oleh peningkatan dan penumpukan kadar bilirubin yang sudah sampai ke kulit akan menyebabkan orang yang mengalami liver akan merasakan gatal tidak kunjung reda disertai dengan kondisi kulit yang semakin menguning.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.