skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Sakit Liver Hati

Gejala Sakit Liver Hati

Penyakit liver atau hati ini juga dikenal dengan nama penyakit hepatitis A, hepatitis B atau penyakit hepatitis non A dan penyakit hepatitis non B yang kesemuanya ini disebabkan oleh virus. Selain itu penyebab lain munculnya penyakit liver atau hati ini adalah berasal dari pola mengkonsumsi makanan yang salah serta zat-zat kimia yang terkandung dalam obat yang biasa kita minum seperti parasetamol, antibiotik, arsenal serta obat-obatan yang masyarakat konsumsi dalam bentuk fastfood.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Liver

Ada sejumlah gejala klasik penyakit liver yang sangat perlu kita ketahui, yaitu:

– Mual

– Muntah

– Sakit perut bagian kanan atas

– Jaundice (sakit kuning) atau perubahan warna kulit menjadi kuning karena kadar bilirubin yang tinggi dalam aliran darah.

– Kelelahan, kelemahan dan penurunan berat badan juga dapat terjadi.

Namun, karena ada berbagai jenis masalah pada hati yang menyebabkan penyakit liver, maka gejala akan cenderung spesifik sesuai dengan penyakit yang menyebabkannya sampai akhirnya berubah menjadi penyakit liver stadium akhir dan gagal hati.

Contoh gejala penyakit liver karena kondisi atau penyakit tertentu termasuk:

  1. Penyakit batu empedu. Pasien akan mengalami sakit perut kanan atas dan muntah setelah makan makanan berminyak (lemak). Jika kantong empedu menjadi terinfeksi, maka bisa terjadi demam.
  2. Sirosis. Nama lengkapnya adalah sirosis hepatis, bisa disebabkan oleh hepatitis. Beberapa gejala penyakit liver akibat sirosis hepatis menunjukkan ketidakmampuan hati dalam memetabolisme produk limbah tubuh. Selain itu hati juga gagal dalam memproduksi protein, fungsi pembekuan darah terganggu, dan terganggunya fungsi otak.
  3. Penyakit Gilbert tidak memiliki gejala, biasanya diketahui secara tidak sengaja pada tes darah di mana kadar bilirubin darah sedikit meningkat.

Lebih lengkap, berikut gejala penyakit liver akibat sirosis:

– Mudah memar karena penurunan produksi faktor pembekuan.

– Gatal pada kulit akibat deposit garam empedu di kulit.

– Ginekomastia atau pembesaran payudara pada pria dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon seks

– Peningkatan estradiol;

– Impotensi (disfungsi ereksi, ED), Libido menurun yang disebabkan oleh penurunan fungsi hormon seks;

– Kebingungan dan kelesuan akibat meningkatnya kadar amonia darah (amonia adalah produk limbah yang berasal dari metabolisme protein yang seharusnya dibersihkan oleh hati)

– Ascites. Ciri-ciri penyakit liver ini mungkin sudah banyak yang tahu, yaitu perut buncit akibat penumpukan cairan dalam rongga perut sebagai akibat dari penurunan produksi protein dalam darah.

– Otot-otot menjadi mengecil karena berkurangnya produksi protein.

– Muntah darah atau pendarahan esofagus, akibat peningkatan tekanan di dalam hati. Peningkatan tekanan dalam vena portal menyebabkan aliran darah ke hati menjadi melambat sebagai akibatnya pembeluh darah menjadi bengkak dan rapuh (varises esofagus). Jika terus berlangsung varises esofagus bisa pecah sehingga berdarah.

Penyebab-penyebab sakit liver, antara lain:

– Pola hidup yang tak sehat. Tubuh dipaksa untuk bekerja keras sampai-sampai tidak memperhatikan asupan gizi.

– Pekerja malam atau orang yang sering begadang, rentan mengidap penyakit liver. Ini disebabkan secara biologis fungsi hatinya dipicu untuk bekerja lebih cepat sehingga detoksifikasi lebih tinggi. Akibatnya, kondisi tubuh mudah drop.

– Adanya infeksi virus atau bakteri.

– Kelainan-kelainan dalam metabolisme tubuh

– Adanya trauma atau luka pada organ hati

– Kurangnya gizi

– Kecanduan alkohol

– Efek samping obat-obatan tertentu yang merupakan racun bagi hati

– Kelainan bawaan lahir

– Tidak memperhatikan kebersihan alat-alat makan dan minum.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.