skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Umum Penyakit Hepatitis A

Gejala Umum Penyakit Hepatitis A

Hati adalah salah satu organ yang paling penting. Organ ini berperan sebagai gudang untuk menimbun gula, lemak, vitamin dan gizi. Memerangi racun dalam tubuh seperti alkohol, menyaring produk-produk yang tidak berguna lagi dari darah dan bertindak sebagai semacam pengaruh bagian tubuh yang menjamin terjadinya keseimbangan zat-zat kimia dalam sistem itu.

Hepatitis A merupakan urutan pertama dari berbagai penyakit hati di dunia. Hepatitis A terjadi secara sporadis di seluruh dunia, dengan kecenderungan pengulangan siklus epidemi.

Di dunia prevalensi infeksi virus hepatitis A sekitar 1.4 juta jiwa setiap tahun (WHO) dengan prevalensi tertinggi pada negara berkembang. Epidemi yang terkait dengan makanan atau air yang terkontaminasi dapat meletus eksplosif, seperti epidemi di Shanghai pada tahun 1988 yang mempengaruhi sekitar 300.000 orang.

Penyakit hepatitis A ataupun gejala sisanya bertanggung jawab atas 1-2 juta kematian setiap tahunnya. Secara global, virus hepatitis merupakan penyebab utama viremia yang persisten. Di Indonesia berdasarkan data yang berasal dari rumah sakit, hepatitis A masih merupakan bagian terbesar dari kasus-kasus hepatitis akut yang dirawat yaitu berkisar 39,8-68,3%.

Pada tahun 2002-2003 terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) hepatitis dengan 80% penderita berasal dari kalangan mahasiswa. Dari data penderita hepatitis pada mahasiswa menunjukkan 56% mahasiswa tersebut terbiasa makan di warung atau pedagang kuliner kaki lima dengan hygiene sanitasi yang tidak baik.

Gejala Umum Penyakit Hepatitis A

Masa inkubasi berlangsung selama 18-50 hari, dengan rata-rata kurang lebih 28 hari. Satu sampai dua minggu sebelum gejala ikterik (kekuningan pada kulit) terjadi demam sedang, anoreksia, mual, muntah, dan gejala tidak khas lainnya.

Satu sampai lima hari sebelum kekuningan pada kulit muncul, air kencing berwarna kuning kecoklatan (seperti teh). Hal ini sering di sebut masa prodromal yang terjadi 4 hari sampai 1 minggu atau lebih. Invektifitas terbesar terjadi saat satu minggu sebelum gejala prodromal kemudian menjadi sangat rendah pada saat timbul ikterus.

Gejala Umum Hepatitis A ini adalah:

– Tubuh demam

– Perubahan pada warna urine yang berwarna gelap atau sedikit kecokelatan

– Nyeri sendi

– Tubuh yang mulai merasa mudah kelelahan

– Diikuti rasa ingin muntah karena mual

– Nyeri perut, terutama pada bagian di daerah hati/liver yang terletak di sisi kanan bawah tulang rusuk

– Perubahan pada warna putih mata menjadi kuning (jaundice) yang merupakan gejala yang paling menonjol diantara gejala lainnya dan gejala ini merupakan gejala yang mudah diketahui

– Mulai kehilangan nafsu makan.

Virus penyakit hepatitis A yang paling menular secara fekal-oral, baik dimulai dari manusia ke manusia atau juga terjadinya pada kontak makanan atau juga air yang mengalami kontaminasi dengan feses yang sudah terinfeksi. Pada proses penularan biasanya akan terjadi sekitar 2-3 minggu sebelum gejala penyakit hepatitis A munvul sampai 8-19 hari setelah gejala pertama muncul.

Penularan dari penyakit hepatitis A yang mudah terjadi biasanya adalah didaerah yang beresiko paling tinggi seperti infeksi serumah dan juga tempat penitipian anak. Dan selain itu juga, penularan yang terjadi bisa saja dirumah sakit dan dikolam renang yang klorinisasinya terjadi dengan tidak baik walaupun kasusnya jarang.

Cara Mencegah Hepatitis A

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan dorongan teman, saudara dan juga diri sendiri. Cara yang bisa dilakukan adalah:

  1. Dan disaat Anda menggunakan handuk, pasta gigi, serta menggunakan sikat gigi disaat sedang mandi maka pakaialah milik Anda sendiri.
  2. Menjaga kebersihan lingkungan dan paling utama adalah toilet.
  3. Buatlah fasilitas toilet yang standar kesehatannya terjaga dan juga sudah ditentukan.
  4. Jika Anda ingin maka sebaiknya menggunaka sendok garpu, gelas dan juga alat makan sendiri dan jangan bersamaan dengan orang lain, setelah makan maka sebaiknya segera bersihkan alat makan Anda.

Lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan kepastian mengenai pengobatan penyakit hepatitis a. Anda bisa mendapatkan suntik vaksin yang mempunyai manfaat untuk memberikan kekebalan pada tubuh kita yang sesuai jika mengalami serangan penyakit hepatitis A. Dan yang paling utama adalah disaat gejala penyakit hepatitis A sudah muncul.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.