skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Anemia!

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Anemia!

Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Anemia

Anemia ganas adalah salah satu dari dua jenis utama ensefalopati iskemik (salah satunya adalah anemia di mana sel-sel darah merah lebih besar dari normal dan yang lain adalah karena kekurangan asam folat).

Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa bayi dengan kelainan kongenital menyebabkan tubuh tidak menghasilkan faktor internal. Kelainan ini disebut anemia ganas kongenital.

Kekurangan vitamin B12 juga dikenal sebagai defisiensi cobalamin.

Anda tahu apa itu anemia ganas?

Anemia adalah kondisi dimana tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat karena tidak memiliki cukup vitamin B12.

Vitamin B12 adalah nutrisi yang ditemukan di beberapa makanan. Tubuh Anda membutuhkan vitamin ini untuk membuat sel-sel darah merah yang sehat dan menjaga sistem saraf bekerja dengan efisien.

Orang dengan anemia ganas tidak dapat memperoleh cukup vitamin B12 dari makanan. Ini karena mereka kekurangan faktor internal (protein yang dihasilkan dari perut). Kekurangan protein ini menyebabkan kekurangan vitamin B12.

Penyakit dan faktor lain juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12, termasuk infeksi, pembedahan, pengobatan dan diet. Istilah “anemia ganas” dikaitkan dengan kekurangan vitamin B12 karena kurangnya faktor internal. Namun, kekurangan vitamin B12 karena penyebab lain juga biasa disebut anemia ganas.

Apa efek anemia ganas?

Anemia adalah bentuk anemia. Istilah “anemia” sering digunakan untuk menunjukkan jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari normal. Ketika Anda mengalami anemia, tubuh Anda tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat karena tidak memiliki cukup vitamin B12.

Tanpa vitamin B12 yang cukup, sel-sel darah merah terlalu besar dan tidak terbagi. Hemoglobin tidak dapat keluar dari sumsum tulang dengan mudah (sumsum tulang adalah spons seperti jaringan di dalam tulang di mana sel-sel darah diproduksi).

Tanpa oksigen yang cukup untuk membawa oksigen ke tubuh Anda, Anda akan merasa lelah dan lemah. Anemia berat yang parah atau berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan pada jantung, otak dan organ lain di dalam tubuh.

Anemia juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti kerusakan syaraf, penyakit neurologis (seperti kehilangan ingatan), dan penyakit pencernaan. Orang dengan anemia juga berisiko terkena osteoporosis dan kanker perut yang tinggi.

Bagaimana cara mengobati anemia ganas?

Istilah “ganas” berarti “mematikan”. Penyakit ini disebut anemia ganas karena sering fatal di masa lalu ketika terapi vitamin B12 belum ditemukan. Saat ini, anemia ganas biasanya mudah diobati dengan vitamin B12.

Dengan perawatan konstan dan perawatan yang tepat, kebanyakan orang dengan anemia ganas dapat pulih, menjadi lebih baik dan menjalani kehidupan normal.

Tanpa pengobatan, anemia ganas dapat menyebabkan jantung yang serius, saraf dan penyakit lainnya. Beberapa penyakit dapat bertahan secara permanen.