skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Informasi Penyakit Gastritis!

Informasi Penyakit Gastritis!

Gastritis merpakan suatu pembengkakan atau peradangan pada lapisan lambung. Gastritis ini bisa berlangsung hanya untuk waktu singkat saja atau bisa juga untuk waktu hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Apabila Anda bingung dengan istilah gastritis, orang awam sering menyebut gastritis dengan sakit maag.

Jenis dari Gastritis

Gastritis sendiri dibagi menjadi 2 macam, yakni:

  1. Gastritis Akut Erosif

Gastritis yang kedua adalah gastritis akut erosif, merupakan peradangan yang terjadi di permukaan mukosa lambung dan bersifat akut, disertai terjadinya kerusakan erosi. Untuk perjalanan penyakit umumnya bersifat ringan, walaupun terkadang bisa mengakibatkan keadaan darurat medis, yaitu pendarahan pada saluran cerna bagian atas.

  1. Gastritis Kronik

Gastritis kronik merupakan suatu peradanganpada bagian mukosa lambung dengan waktu hingga menahun. Gastritis kronik ini seringkali dihubungkan ke karsinoma lambung dan juga ulkus peptik, namun hubungan sebab akibat di antara keduanya masih belum diketahui.

Lapisan lambung menahan iritasi dan biasanya tahan terhadap asam yang kuat. Tetapi lapisan lambung dapat mengalami iritasi dan peradangan karena beberapa jenis penyebabnya yaitu:

  1. Gastritis karena stres akut, merupakan jenis gastritis yang paling berat, yang disebabkan oleh penyakit berat atau trauma (cedera) yang terjadi secara tiba-tiba.

Cederanya sendiri mungkin tidak mengenai lambung, seperti yang terjadi pada luka bakar yang luas atau cedera yang menyebabkan perdarahan hebat.

  1. Gastritis bakterialis biasanya merupakan akibat dari infeksi oleh Helicobacter pylori (bakteri yang tumbuh di dalam sel penghasil lendir di lapisan lambung).

Tidak ada bakteri lainnya yang dalam keadaan normal tumbuh di dalam lambung yang bersifat asam, tetapi jika lambung tidak menghasilkan asam, berbagai bakteri bisa tumbuh di lambung. Bakteri ini bisa menyebabkan gastritis menetap atau gastritis sementara.

  1. Gastritis atrofik terjadi jika antibodi menyerang lapisan lambung, sehingga lapisan lambung menjadi sangat tipis dan kehilangan sebagian atau seluruh selnya yang menghasilkan asam dan enzim. Keadaan ini biasanya terjadi pada usia lanjut.

Gastritis ini juga cenderung terjadi pada orang-orang yang sebagian lambungnya telah diangkat (menjalani pembedahan gastrektomi parsial). Gastritis atrofik bisa menyebabkan anemia pernisiosa karena mempengaruhi penyerapan vitamin B12 dari makanan.

  1. Gastritis sel plasma merupakan gastritis yang penyebabnya tidak diketahui. Sel plasma (salah satu jenis sel darah putih) terkumpul di dalam dinding lambung dan organ lainnya.

Gastritis juga bisa terjadi jika seseorang menelan bahan korosif atau menerima terapi penyinaran kadar tinggi.

Gastritis ini terjadi secara perlahan pada orang-orang yang sehat, bisa disertai dengan perdarahan atau pembentukan ulkus (borok, luka terbuka). Paling sering terjadi pada alkoholik.

  1. Gastritis karena virus atau jamur bisa terjadi pada penderita penyakit menahun atau penderita yang mengalami gangguan sistem kekebalan.
  2. Gastritis eosinofilik bisa terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap infestasi cacing gelang.

Eosinofil (sel darah putih) terkumpul di dinding lambung.

Gejala Penyakit Gastritis

Beberapa gejala berikut harus anda waspadai, karena mungkin anda terinfeksi gastritis:

  1. Gangguan saluran cerna

Kondisi seperti gangguan pencernaan akan terjadi ketika kondisi penyakit gastritis sudah parah, agar anda tidak memiliki resiko yang tinggi terkena dampak buruk penyakit gastritis, sebaiknya segera lakukan upaya pengobatan sedini mungkin.

  1. Mual dan muntah

Perlu untuk anda ketahui bahwa mual dan muntah menandakan kondisi gastritis yang sudah parah, bagi anda yang mengalami mual dan muntah segera lakukan pengobatan secepatnya agar terhindar dari dampak buruk yang kemungkinan besar bisa merugikan kesehatan tubuh.

  1. Cegukan

Penting untuk anda ketahui bahwa cegukan merupakan salah satu gejala dari penyakit gastritis, untuk mencegah agar anda tidak terkena dampak buruk, sebaik segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui langkah apa yang harus anda lakukan selanjutnya.

  1. Cepat kenyang

Perlu untuk anda ketahui bahwa cepat kenyang ini kemungkinan besar adalah pertanda dari penyakit gastritis.

Untuk mengetahui secara pasti, sebaiknya segera lakukan upaya pengobatan secepatnya agar anda terhindar dampak buruk yang bisa merugikan kesehatan tubuh anda.

Diagnosa Penyakit Gastritis

Untuk mendeteksi adanya penyakit gastritis dapat dilakukan metode sebagi berikut:

– Sinar X juga dapat digunakan, tetapi ini kurang akurat dibandingkan endoskopi.

– Evaluasi dimulai dengan sejarah medis dan pemeriksaan fisik.

– Tes darah dapat membantu, terutama jika diduga ada anemia.

– Tes terbaik untuk mendiagnosis gastritis dan ulkus peptikum adalah endoskopi lambung. Pada tes ini, tabung tipis dengan kamera di ujungnya perlahan-lahan maju melalui mulut dan tenggorokan dan masuk ke perut.

Cara ini memungkinkan untuk visualisasi langsung lapisan perut dan untuk biopsi untuk mengevaluasi infeksi H. pylori dan kanker.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Gastritis

Cara terbaik untuk mengatasi gastritis adalah dengan melakukan pencegahan penyakit maag itu sendiri. Pencegahan dilakukan dengan memerhati­kan pola makan dan zat-zat makanan yang dikonsumsi.

Gastritis ini merupakan penyakit pencernaan sehingga pengaturan terhadap zat makanan yang masuk merupa­kan faktor utama untuk menghindari gastritis. Seperti ti­dak menggunakan obat-obat yang mengiritasi lambung, makan teratur atau tidak terlalu cepat, mengurangi makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, hindari merokok dan banyak minum kopi/alkohol, kurangi stres.

Stres merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit ini. Oleh karena itu, penting istirahat yang cukup dan re­laksasi pikiran untuk memulihkan keadaan yang stres fisik maupun stres mental.

Mengurangi makan makanan yang merangsang pe­ngeluaran asam lambung, seperti makanan berbumbu pe­das, cuka, dan lada yang berlebihan. Beberapa jenis makanan yang telah diketahui mernberikan rangsangan yang kurang enak terhadap perut juga harus dihindari. Namun, yang patut diketahui, keadaan ini sangat berbeda pada setiap orang.

Setiap orang harus mengetahui makanan apa yang dapat menimbulkan rasa tidak enak ini. Tinggallah di lingkungan yang tidak padat penduduknya dan juga bersih karena hal itu akan memper kecil kemungkinan terkena infeksi bakteri. Hal ini akan memperkecil kemungkinan infeksi bakteri penyebab gastritis kronik.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.