skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Inilah Beberapa Jenis Makanan Penyakit Gastritis Yang Dianjurkan!

Inilah Beberapa Jenis Makanan Penyakit Gastritis Yang Dianjurkan!

Penyakit gastristis merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan kita yakni lambung berupa infeksi yang meradang yang biasa menyerang mukosa dan submukosa lambung,yang berkembang bila mekanismepenyakit gastritis protektif mukosa dipenuhi dengan bakteri atau bahan iritan lain yang dapat melukai lambung.

Faktor penyebab dari penyakit gastritis adalah:

– Terlambat makan

– Mengonsumsi makanan pedas atau asam, minum alkohol, kopi, merokok, obat rematik, obat asma, sayuran kol/sawi, minuman bersoda.

Gejala Penyakit Gastritis

Biasanya apabila lambung terasa nyeri dan panas, menandakan ada yang tidak beres yang terjadi pada lambung. Adapun gejalanya seperti:

– Cepat kenyang saat makan

– Kembung dan sering bersendawa

– Perut terasa mulas atau sakit

Cara Mencegah Penyakit Gastritis

Untuk mencegah penyakit gastritis beberapa hal yang dapat anda lakukan yaitu:

  1. Makanlah sumber protein sehat

Daging tanpa lemak, ikan, dan tahu adalah sumber protein baik yang membantu memelihara kesehatan pencernaan. Potongan daging tanpa lemak biasanya memuat round atau loin dalam namanya.

  1. Kurangi stress

Stres terbukti mengakibatkan peningkatan radang dan asam lambung, yang keduanya memperparah gejala gastritis. Apa pun pengaruh stres pada gastritis, menyebabkan atau hanya memperparah, belajar mengatasi dan mengurangi stres adalah langkah penting untuk meringankan sakit pada perut.

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur berdampak negatif pada kesehatan, dari melemahnya sistem kekebalan tubuh hingga peningkatan risiko obesitas. Tidur cukup dapat mengurangi stres dan membantu Anda menghadapi insiden tidak diharapkan yang menimbulkan stres.

Orang dewasa harus berusaha tidur tujuh sampai sembilan jam setiap malam, remaja selama sembilan hingga sepuluh jam, dan anak-anak sedikitnya 10 jam. Supaya Anda bisa tidur cukup, cobalah:

– Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari.

– Membatasi penggunaan komputer dan ponsel dekat waktu tidur karena peranti elektronik dapat mengganggu tidur.

– Tidak makan satu jam sebelum tidur.

Jenis Makanan Penyakit Gastritis

  1. Asam Amino

Beberapa ahli gizi menyarankan asupan asam amino yang merupakan protein dapat membantu menyembuhkan luka sakit maag. Tempe yang hanya dikukus akan membantu menyembuhkan sakit maag.

  1. Zat Antioksidan

Makanan yang memiliki zat antioksidan akan mengurangi risiko luka lambung dan usus, serta meredakan gejala sakit maag. Vitamin C (dalam sayuran) dan betakaroten (dalam wortel) yang akan melindungi lapisan lambung dan usus. Terdapat dalam wortel, kangkung, kubis, brokoli, buah kiwi, dan aprikort.

  1. Aneka bahan yang lembut

Kebanyakan jenis daging yang dicincang lembut, unggas tanpa kulit, ikan, seafood, kerang, serta tahu dan kedelai ditoleransi untuk penyakit maag.

  1. Makanan yang berserat

Meningkatkan makanan dengan asupan serat dapat membantu mengurangi ulkus (luka) pada lambung dan usus (duodenum) karena akan memperkuat lapisan pelindung dalam perut dan usus.

  1. Vitamin E dalam Makanan

Vitamin E yang terdapat dalam makanan seperti dalam kemiri, gandum, minyak biji bunga matahari, serta minyak kedelai akan meringankan luka lambung.

  1. Minum Yoghurt

Makanan terbaik untuk membantu penyembuhan dan mengurangi risiko ulkus (luka) lambung adalah yoghurt tanpa lemak.

  1. Mengandung omega 3

Penderita disarankan memakan makanan yang mengandung Omega 3, yaitu sejenis lemak baik yang akan membantu untuk meningkatkan produksi senyawa yang melindungi lapisan pencernaan. Omega 3 ditemukan dalam ikan berminyak seperti tenggiri, sarden, herring, dan salmon.

  1. Tempe

Tempe mengandung senyawa anti inflamasi (anti peradangan) dan kaya akan protein. Protein kompleks dalam tempe sudah dicerna kapang atau jamur sehingga siap diserap oleh tubuh. Kulit kedelai yang kertas juga akan menjadi lembek sehingga lebih mudah dicerna. Tempe akan memperbaiki gangguan lambung dan sistem pencernaan yang rusak.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.