skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Jenis Obat Cacingan Yang Harus Diketahui

Jenis Obat Cacingan Yang Harus Diketahui

Jenis Obat Cacingan Yang Harus Diketahui – Mungkin banyak yang penasaran sebenarnya apa saja sih gejala dan ciri-ciri cacingan baik pada anak maupun orang dewasa. Maka tak heran, sering kali saya jumpai orang tua yang khawatir ketika anak tak mau makan, badannya kurus, lemah dan lesu lalu dicurigai jangan-jangan anaknya mengalami penyakit cacingan.

Memang kita tidak boleh menganggap remeh penyakit yang satu ini, karena jika dibiarkan bisa menurunkan tingkat kesehatan anak dan bahkan orang dewasa sekalipun.

Cacing merupakan parasit atau organisme yang hidup pada organisme lain. Cacing yang ada dalam tubuh manusia akan merampas zat makanan dari tubuh yang dijadikan tempat tinggalnya. Jika terjadi pada anak-anak akan mengganggu pertumbuhan dan menurunkan daya tahan tubuh. Umumnya, cacing masuk ke dalam tubuh manusia melalui tanah.

Anak-anak yang masih belum mengerti tentang kebersihan diri, sering bermain di tempat-tempat yang kotor seperti bermain di got atau bermain pasir, sehingga mudah terserang penyakit cacingan. Jenis cacingan yang biasa menjadi parasit dalam tubuh manusia adalah cacing gelang, kremi, cambuk dan tambang.

Gejala Penyakit Cacingan

Gejala penyakit cacingan akan sulit dideteksi, jika jumlah cacing yang bersarang dalam tubuh masih sedikit.

Adapun beberapa tanda gejala penyakit cacingan dapat berupa:

– Pada kasus infeksi cacing ringan, tanpa gejala atau kadang tidak menimbulkan gejala nyata. Gejala lan yang harus dikenali adalah lesu, tak bergairah, suka mengantuk, badan kurus meski porsi makan melimpah, serta suka menggaruk-garuk anusnya saat tidur karena bisa jadi itu pertanda cacing kremi sedang beraksi.

Gangguan ini menyebabkan, kurang zat gizi, kurang darah atau anemia. Berkurangnya zat gizi maupun darah, keduanya berdampak pada tingkat kecerdasan, selain berujung anemia. Anemia akan menurunkan prestasi belajar dan produktivitas.

Menurut penelitian, anak yang kehilangan protein akibat cacing tingkat kecerdasannya bisa menurun. Anemia kronis bisa mengganggu daya tahan tubuh anak usia di bawah lima tahun (balita).

– Tetapi pada kasus-kasus infeksi berat bisa berakibat fatal. Ascaris pada cacing dapat bermigrasi ke organ lain yang menyebabkan peritonitis, akibat perforasi usus dan ileus obstruksi akibat bolus yang dapat berakhir dengan kematian.

– Infeksi usus akibat cacingan, juga berakibat menurunnya status gizi penderita yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun, sehingga memudahkan terjadinya infeksi penyakit lain, termasuk HIV/AIDS, Tuberkulosis dan Malaria. Jenis penyakit parasit ini kecil sekali perhatiannya dari pemerintah bila dibandingkan dengan HIV/AIDS yang menyedot anggaran cukup besar, padahal semua bentuk penyakit sama pentingnya dan sikap masyarakat sendiri juga tak peduli terhadap penyakit jenis ini.

Jenis Obat Cacingan

Piperazin, pirantel pamoat, mebendazol dan albendazol adalah antihelmintik atau obat cacing yang banyak Anda temui di apotek dengan berbagai macam merek dagang. Adalah suatu keuntungan bagi Anda jika mengetahui bagaimana masing-masing obat ini bekerja.

  1. Piperazin

Obat Cacingan Piperazin. Jika Anda pergi ke apotek dan obat cacing yang Anda beli terdapat kandungan obat piperazin, pilihan Anda sudah tepat jika gejala yang dialami adalah akibat dari cacing gelang dan cacing kremi. Piperazin bekerja dengan melumpuhkan otot-otot cacing sehingga lumpuh dan terbuang bersama kotoran.

  1. Pirantel pamoat

Obat cacingan ini dapat membasmi lebih banyak cacing dibandingkan piperazin, karena ia dapat membunuh cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Pirantel pamoat melumpuhkan cacing dengan cara mendepolarisasi senyawa penghambat neuromuskuler dan mengeluarkannya dari dalam tubuh, biasanya tanpa memerlukan pencahar.

  1. Mebendazol

Obat Cacingan Mebendazol. Jika anak Anda mengalami gejala dari cacing cambuk, mebendazol adalah pilihan tepat karena dapat digunakan untuk membasmi cacing cambuk, cacing kremi, cacing gelang dan cacing tambang. Cara kerja obat ini adalah dengan mencegah cacing menyerap gula yang merupakan sumber makanannya, sehingga ia perlahan mati.

  1. Albendazol

Obat Cacingan Albendazol sangat efektif dalam membasmi cacing pita, cacing kremi, cacing gelang, cacing cambuk dan cacing tambang. Obat ini bekerja dengan cara mencegah cacing menyerap gula atau glukosa, sehingga parasit ini mati karena kehabisan energi.

Baca juga artikel menarik lainnya disini