skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Saja Jenis Penyakit Malnutrisi Yang Bisa Menyerang Manusia?

Apa Saja Jenis Penyakit Malnutrisi Yang Bisa Menyerang Manusia?

Malnutrisi adalah kondisi medis yang disebabkan oleh diet yang tidak tepat atau tidak cukup. Walaupun sering disamakan dengan kurang gizi karena kurangnya konsumsi, buruknya absorpsi, atau kehilangan nutrisi atau gizi, istilah ini sebenarnya juga mencakup kelebihan gizi (overnutrition) yang disebabkan oleh masuknya makanan secara berlebihan ke dalam tubuh.

Seorang akan mengalami malnutrisi jika tidak mengonsumsi jumlah atau kualitas nutrien yang mencukupi untuk diet sehat selama jangka waktu yang lama. Malnutrisi yang berlangsung lama dapat mengakibatkan kelaparan, penyakit, dan infeksi.

Jenis Penyakit Malnutrisi

Dibawah ini adalah jenis penyakit malnutrisi, antara lain:

  1. Penyakit Pellagra

Penyakit Pellagra adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin B3 atau niacin. Penyakit akibat kekurangan gizi pada balita ini, juga bisa disebabkan karena perubahan metabolisme protein dalam tubuh.

Penyakit ini bisa disembuhkan dengan perawatan yang benar, namun jika tidak diobati maka abisa menyebabkan kematian. Ciri yang akan terlihat ketika seseorang terkena penyakit ini yaitu: Terkena berbagai jenis gangguan kulit seperti dermatitis, Diare, Lemah, Otot dan tulang menjadi lebih lemah, rewel dan sulit untuk tidur.

  1. Penyakit Gondok

Gondok adalah penyakit yang disebabkan karena kekurangan yodium. Gejala gondok menyebabkan ciri yang sangat khas sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Penyakit ini paling sering terjadi pada negara-negara yang tidak memiliki kandungan yodium dalam tanah. Perawatan untuk gondok bisa dilakukan sesuai dengan tingkat besar dan kecilnya gondok.

Jika gondok berukuran kecil maka perawatan dengan konsumsi makanan yang mengandung yodium bisa dilakukan. Jika gondok berukuran besar maka harus berikan tindakan lanjut oleh medis.

Ciri dari penyakit ini yaitu: Pembengkakan pada kelenjar tiroid, tubuh menjadi lemah, lesu dan tidak berdaya, tingkat metabolisme yang lebih rendah, tubuh tidak tahan terhadap cuaca dingin, sakit pada tenggorokan, sulit untuk bernafas dan mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium seperti: makanan untuk mencegah bayi cacat lahir, makanan sehat untuk ibu hamil dll.

  1. Penyakit malnutrisi ini akibat tubuh kekurangan vitamin C (asam askorbat)

Vitamin C penting bagi tubuh untuk membuat kolagen (sejenis protein yang ditemukan dalam jaringan kulit, pembuluh darah, tulang dan tulang rawan). Ciri-ciri penyakit scurvy termasuk nyeri otot dan sendi, kelelahan, munculnya titik-titik merah di kulit, perdarahan dan pembengkakan pada gusi, hilangnya nafsu makan, berat badan turun, diare, napas cepat, dan demam.

 

Vitamin C bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan seperti kentang, asparagus, brokoli, tomat, kiwi, stroberi, lemon, jeruk, limau, kubis, paprika, bayam, wortel, pepaya, jambu merah (guava) atau hati dan tiram.

  1. Anemia

Anemia akibat kekurangan zat besi. Zat besi digunakan untuk memproduksi sel darah merah, yang membantu menyimpan dan membawa oksigen dalam darah ke jaringan tubuh. Jika sel darah merah sedikit, organ dan jaringan tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup.

Gejala anemia akibat defisiensi besi meliputi kesemutan di kaki, kurangnya nafsu makan, detak jantung cepat, kuku rapuh, nyeri dan radang lidah, tangan dan kaki dingin, pusing atau sakit kepala, infeksi, sakit dada, sesak napas, tubuh lemah, dan kulit pucat.

Anemia dapat diatasi dengan mengonsumsi suplemen zat besi atau makan makanan yang kaya akan zat besi seperti kismis, telur, daging, ikan, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah, dan sayuran berdaun hijau tua.

Kebanyakan masalah yang disebabkan oleh malnutrisi akan berhenti setelah kekurangan nutrisi diatasi. Namun, ada pula yang menimbulkan efek samping berkepanjangan. Ini biasanya terjadi ketika malnutrisi sudah parah dan berlangsung lama. Oleh karena itu sebaiknya cegah penyakit malnutrisi dengan mengonsumsi asupan yang kaya gizi.

Apa Itu Staminacare!?

Staminacare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Nanotechnology Organik yang di produksi khusus untuk mengatasi masalah Anda, yaitu Menjaga Stamina tubuh dan Memperkuat atau Meningkatkan Daya Tahan tubuh. Formula Organik Staminacare adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang Tim Formulator kami lakukan.

Formula Organik Staminacare mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk regenerasi sel. Berbagai protein esensial yang terkandung dalam Formula ini mudah untuk diserap oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk proses metabolisme tubuh..