skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Jus Yang Bagus Untuk Penderita Penyakit Diare

Jus Yang Bagus Untuk Penderita Penyakit Diare

Penyakit diare merupakan kondisi saluran pencernaan yang sedang tidak baik kondisi nya, sehingga akan menyebabkan buang air besar secara terus menerus. Setiap orang pasti pernah menderita penyakit diare, karena penyakit diare dapat dialami oleh setiap orang dan dari dari kalangan umur berapapun.

Buang air besar normal nya terjadi satu kali dalam sehari, tetapi pada saat diare akan buang air besar akan melebihi satu kali bahkan dapat melebihi tiga kali. Sehingga penderita diare lemas, akibat buang air besar yang berlebihan.

Penyakit diare bisa sembuh dengan sendirinya, namun penyakit diare juga bisa melebihi dari satu hari. Jika penyakit diare telah berlangsung melebihi dari satu hari maka bisa memperburuk keadaan.

Bila diare tidak bertambah parah dan penderita masih dapat minum, maka cairan tubuh hilang dapat tergantikan.Tetapi bila penderita tidak mau minum dan sering muntah, maka cairan tubuhnya akan cepat hilang dan gejala dehidrasi pun terjadi.

Bila ini yang terjadi, maka penderita harap segera dibawa ke rumah sakit. Gejala yang biasanya ditemukan pada penderita penyakit diare yang dialami adalah rasa mulas yang berlebihan dan yang berkepanjangan, dehidrasi, mual hingga bahkan sampai muntah.

Faktor penyebab penyakit diare secara umum

Penyebab diare pada orang dewasa dan anak-anak umumnya adalah infeksi usus. Infeksi usus bisa terjadi ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi. Mikroorganisme yang sering menyebabkan infeksi usus adalah bakteri, parasit, dan virus seperti norovirus dan rotavirus.

Diare juga bisa timbul akibat faktor-faktor berikut ini:

– Efek samping obat-obatan tertentu,

– Faktor psikologi, misalnya gelisah,

– Konsumsi minuman beralkohol dan kopi yang berlebihan.

– Komplikasi Penyakit Diare

Komplikasi penyakit diare yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Ketidakseimbangan Elektrolit

Elektrolit akan ikut terbawa keluar bersama dengan air yang keluar saat diare. Hal yang dapat menjadi tanda terjadinya ketidakseimbangan elektrolit ini adalah lemas, kesulitan menggerakkan anggota tubuh, hingga kejang.

  1. Iritasi Pada Kulit Sekitar Anus

Buang air besar yang sering ditambah lagi pH tinja yang asam bila diare diakibatkan oleh intoleransi laktosa, dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit sekitar anus.

  1. Kekurangan Cairan

Komplikasi diare ini dapat terjadi akibat buangan yang banyak ataupun konsumsi cairan yang kurang selama diare berlangsung. Pada kekurangan cairan yang ringan hingga sedang, gejala diare yang timbul mulai dari rasa kering di mulut dan kulit, lemas, pusing, rasa ingin minum terus – menerus, serta rewel pada anak. Sedangkan pada kasus dengan kekurangan cairan berat, dapat terjadi penurunan kesadaran.

Jika terdapat tanda – tanda kekurangan cairan berat (penurunan kesadaran, tangan kaki terasa dingin, mata dan ubun – ubun nampak cekung pada anak, serta kulit tak lekas kembali bila dicubit, atau tidak kencing > 6 jam pada dewasa dan > 3 jam pada anak) segera cari pertolongan medis terdekat untuk mendapat pengobatan diare yang tepat.

Jus Untuk Penyakit Diare

Berikut jus yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi diare:

  1. Bengkuang, sawo, dan rambutan

50 gram bengkuang, 50 gram buah sawo, 50 gram rambutan, 1 gelas air putih matang dan 1 sendok gula pasir. Caranya blender semua bahan yang ada hingga halus kemudian siap di sajikan (tanpa es)

  1. Sawo dan buah naga

Masing-masing buah sebanyak 50 gram, 1 gelas air putih dan 1 sdm gula pasir. Caranya mudah blender hingga halus semua bahan yang sudah siap lalu sajikan dan minum langsung sampai habis.

  1. Kesemek dan klengkeng

100 gram buah kesemek potong kecil-kecil, 50 gram klengkeng, 1 gelas air putih, 1 sendok gula pasir. Caranya: Tuangkan semua bahan kedalam gelas blender, dan haluskan kemudian sajikan tanpa menambahkan es batu.

  1. Kesemek, kelengkeng, dan sawo

Masing-masing buah berukuran 50 gram, 1 gelas air putih matang dan 1 sendok makan gula pasir. Kemudian blender semua bahan sampai halus, terakhir minum jus sampai habis.

Anda dapat membaca artikel kita lainnya disini