skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Komplikasi Penyakit Ginjal Dan Cara Pencegahannya

Komplikasi Penyakit Ginjal Dan Cara Pencegahannya

Komplikasi Penyakit Ginjal Dan Cara Pencegahannya – Ginjal merupakan suatu organ penting di dalam tubuh yang termasuk ke dalam alat eksresi. Letaknya tepat di sebelah kiri dan kanan ruas tulang belakang pada area rongga perut. Ginjal setiap manusia ada dua, posisi ginjal yang di sebelah kiri lebih tinggi daripada ginjal yang di sebelah kanan.

Ukuran ginjal tidak lebih dari 10 sentimeter, bentuknya menyerupai kacang merah, apabila bagian tengah kacang merah diiris maka rupanya akan tampak seperti sepasang ginjal.

Meskipun berukuran kecil, fungsi ginjal di dalam tubuh sangatlah penting. Setidaknya anda harus mengetahui fungsi utama atau peran utama ginjal, yaitu menyaring darah dari sisa metabolisme baik itu sampah atau limbah yang berpotensi menjadi racun berbahaya bagi tubuh dalam bentuk urin atau air seni.

penyakit ginjal dapat memicu anemia karena otak tidak cukup mendapatkan oksigen, efeknya kepala menjadi pusing dan otak sangat sulit dipakai untuk berpikir. Bahkan, ada yang hilang keseimbangan ketika berjalan saking parahnya anemia yang dialami.

Adapun gangguan dari organ ini yaitu penyakit ginjal.

Penyebab Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis terjadi ketika penyakit atau kondisi merusak fungsi ginjal, menyebabkan kerusakan ginjal memburuk selama beberapa bulan atau tahun.

Penyakit dan kondisi yang sering menyebabkan penyakit ginjal kronis meliputi:

– Tekanan darah tinggi

– Diabetes tipe 1 atau tipe 2

– Glomerulonefritis, radang unit penyaringan ginjal (glomerulus)

– Nefritis interstitial, radang tubulus ginjal dan struktur sekitarnya

– Penyakit ginjal polikistik

– Obstruksi berkepanjangan pada saluran kemih, dari kondisi seperti prostat membesar, batu ginjal dan beberapa jenis kanker

– Vesikoureteral refluks, suatu kondisi yang menyebabkan urine untuk kembali ke ginjal

– Infeksi ginjal berulang, juga disebut pielonefritis.

Ciri Penyakit Ginjal

Ciri seseorang yang terkena penyakit ginjal yaitu:

  1. Kencing diserbu semut

Ini bisa menjadi gejala Penyakit ginjal glukosaria. Orang yang sakit glukosaria akan memiliki kadar gula di dalam urin, yang membuat urin tersebut saat dikeluarkan akan memancing kehadiran semut.Glukosaria juga bisa dikeluarkan bersamaan dengan urin sisa metabolisme.

  1. Busa di air kencing

Anda perlu curiga apabila ada busa pada air kencing. Bisa jadi itu merupakan gejala penyakit radang ginjal. Nefron ginjal yang rusak menyebabkan kencing menjadi berbusa.

  1. Susah buang air kecil

Penderita batu ginjal beresiko mengalami kesusahan saat buang air kecil. Batu ginjal yang berukuran besar dapat menghambat saluran kecing, hal ini membuat penderita kesulitan saat berkemih (buang air kecil).

  1. Mengalami rasa gatal

Fungsi ginjal yang sudah tidak mampu berfungsi dengan baik, mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh. Yang kemudian, mengakibatkan rasa sangat gatal.

Komplikasi Penyakit Ginjal

Berikut beberapa komplikasi penyakit ginjal yaitu:

  1. Kelebihan Cairan

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa banyak minum akan membuat ginjal sehat. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar, jika seseorang dengan fungsi ginjal yang masih baik minum 2-3 liter air dalam sehari memang baik untuk ginjalnya.

Tetapi jika seseorang dalam kondisi memiliki gejala Penyakit ginjal minum 5-6 liter dalam sehari, hal tersebut bisa berbahaya. Karena bisa menyebabkan kadar garam di dalam tubuh berkurang, dan bisa membuat seseorang lemah atau bahkan kejang-kejang.

Seseorang dengan Penyakit ginjal kronis, memiliki dengan pembuangan cairan yang ada di dalam tubuhnya. Sehingga ketika ia minum air dalam jumlah yang banyak, tidak semua air yang ia minum keluar dan malah menumpuk di pembuluh darah, dan membuat jantung menjadi bekerja lebih keras.

  1. Metabolik Asidosis

Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur elektrolit, cairan, dan juga asam basa di dalam darah. Jika fungsi tersebut terganggu, maka darah akan asam dan pH darah akan turun. Jika pH darah turun, maka akan membuat pembuluh darah melebar, dan juga kontraksi jantung menjadi terganggu. Jika hal tersebut tidak dikendalikan, maka akan membawa dampak yang sangat buruk.

  1. Gangguan Mineral dan Tulang

Penyakit ginjal kronik yang sudah lama dibiarkan, bisa menganggu mineral dan juga tulang. Asupan kalsium yang kurang, bisa menyebabkan tulang menjadi mudah patah. Orang dengan Penyakit ginjal kronis, memiliki tulang yang tidak kuat dan mudah patah, karena gangguan tulang yang dialaminya.

  1. Hipertensi

Hipertensi bisa membuat seseorang terkena Penyakit ginjal , tetapi Penyakit ginjal kronis juga bisa menyebabkan hipertensi. Karena gangguan glomeruler, seseorang bisa mengalami hipertensi. Hipertensi juga bisa disebabkan karena terlalu banyak cairan atau tekanan darah yang naik.

Pencegahan Penyakit Ginjal

Beberapa pencegahan penyakit ginjal:

  1. Minum banyak air setiap hari

Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

  1. Mengurangi asupan garam

Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

  1. Jangan menahan buang air kecil

Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.