skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ciri Ciri Dan Komplikasi Penyakit Ginjal

Ciri Ciri Dan Komplikasi Penyakit Ginjal

Ciri ciri penyakit ginjal dapat dilihat dari perubahan fisik yang terjadi pada tubuh penderitanya. Penyakit ginjal rentan menyerang pada semua usia. Kerusakan organ ginjal menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Kerusakan ginjal tidak bisa dianggap sepele. Sudah banyak korban meninggal akibat penyakit ini. Biaya pengobatan dan perawatan ini tentunya tidak murah, meskipun demikian beberapa penderita penyakit ginjal rela merogoh kocek untuk bisa menjalani perawatan ginjal.

Penyebab Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang memungkinkan seseorang terkena penyakit ginjal yaitu:

  1. Minuman energi

Minum minuman yang mengandung energi atau mengembalikan energi tubuh yang telah banyak di jual di pasaran dengan bebas. Penggunaan minuman energi yang terlalu sering bisa merusak fungsi ginjal karena kandungan yang terdapat di dalam nya tidak baik untuk kesehatan ginjal. Dan telah banyak yang mengalami sakit ginjal akibat dari penggunaan minuman yang berbahaya seperti ini.

  1. Penyakit diabetes

Penyebab dari sakit Penyakit ginjal bisa dikarenakan oleh penyakit diabetes. Kadar gula darah yang terlalu tinggi tidak baik untuk ginjal. Karena untuk mengatasi nya ginjal harus bekerja lebih keras dari biasa nya, dan jika hal itu berlangsung lama maka dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal sehingga terjadi sakit gagal ginjal.

  1. Infeksi ginjal

Ginjal yang terinfeksi oleh bakteri atau pun virus dapat menyebabkan sakit Penyakit ginjal juga. infeksi ginjal yang terlalu parah dapat mengganggu fungsi ginjal, hingga mengalami penurunan fungsi ginjal.

  1. Penyakit hipertensi

Selain gula darah yang tinggi, tekanan darah tinggi juga dapat menjadi penyebab sakit gagal ginjal. Penyakit hipertensi akibat dari terlalu banyak penggunaan kadar garam di dalam tubuh juga akan membuat beban pada ginjal. Sehingga jika tekanan darah tinggi terlalu sering terjadi dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga sakit gagal ginjal.

Ciri Penyakit Ginjal Parah

Seseorang yang mengalami penyakit ginjal yang sudah parah dapat menimbulkan ciri gejala seperti:

  1. Sulit Bisa Berkonsentrasi

Kurang bisa fokus dan berkonsentrasi pada pekerjaan atau hal yang dikerjakan merupakan salah satu ciri-ciri penyakit ginjal yang ditunjukan. Kurangnya konsentrasi ini disebabkan karena kurangnya asupan oksigen dan sel darah merah ke otak.

  1. Wajah Pucat

Berkurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh akan menyebabkan wajah pucat. Kondisi ini juga dapat dilihat pada telapak tangan dan kaki. Dimana warna merah akan tidak terlihat dominan dan warna telapak tangan dan kaki cenderung pucat.

  1. Mengigil dan Kedinginan Padahal Cuaca Sedang Panas

Jika anda mengalami mengigil dan merasa kedinginan padahal cuaca sedang panas. Anda patut waspada karena hal tersebut merupakan salah satu ciri ciri penyakit ginjal. Segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab utamanya.

  1. Sering Kehilangan Keseimbangan Tubuh

Kurangnya konsentrasi yang dialami akan berimbas pada kehilangan keseimbangan pada tubuh. Ditambah dengan rasa pusing yang mendera akan membuat penderita penyakit mudah jatuh terutama pada saat bangun dari tempat tidur.

  1. Peradangan Pada Lapisan Perut

Melemahnya sistem imun akibat degenerasi fungsi ginjal akan menyebabkan bakteri lebih mudah menyerang tubuh. Salah satu organ yang rentan terkena serangan bakteri adala perut. Serangan tersebut akan menimbulkan peradangan pada lapisan perut. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa nyeri dan pedih di perut.

Komplikasi Penyakit Ginjal

Beberapa komplikasi dari penyakit ginjal yaitu:

  1. Serangan Jantung

Ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga racun dan kelebihan cairan yang seharusnya dibuang menjadi tertimbun di dalam tubuh. Cairan ini dapat tertimbun secara berlebihan di jantung.

Peningkatan cairan membuat jantung bekerja secara berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada jantung. Peningkatan cairan pada jantung akibat kerusakan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan kemampuan tubuh mengontrol kadar potasium berkurang sehingga meningkatkan resiko serangan jantung.

  1. Anemia

Anemia terjadi jika kita kekurangan sel darah merah. Akibatnya tubuh kita akan menjadi lemas dan mudah lelah. Komplikasi ini disebabkan karena berkurangnya produksi hormon eritropoietin (EPO).

Hormon eritropoietin adalah hormon yang merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Sehingga apabila hormon ini berkurang, maka sel darah merah juga akan berkurang dan anemia pun terjadi.

  1. Sindroma Uremia

Sindroma uremia adalah penyakit yang disebabkan oleh keracunan hasil pemecahan protein. Hasil pemecahan protein berupa urea dan nitrogen. Keracunan terjadi akibat berkurangnya fungsi ginjal dalam menahan protein darah. Gangguan ini ditandai dengan gejala mual dan muntah.

  1. Gagal Jantung

Gagal jantung adalah keadaan dimana jantung berhenti berfungsi. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dengan segera. Beberapa penyakit ginjal seperti gagal ginjal dapat menyebabkankan gagal jantung.

Namun, gagal jantung seringkali diawali oleh anemia yang tidak diobati. Itu karena jumlah sel darah merah yang terdapat di dalam tubuh sangat sedikit sehingga jantung bekerja lebih keras. Lama-kelamaan, otot jantung akan melemah sehingga terjadilah gagal jantung.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.