skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Begini Komplikasi Penyakit Hepatitis A Jika Tidak Segera Diobati!

Begini Komplikasi Penyakit Hepatitis A Jika Tidak Segera Diobati!

Hepatitis A merupakan penyakit yang tidak boleh disepelekan, hal itu dikarenakan hepatitis A merupakan penyakit yang cukup berbahaya.

Penyakit hepatitis ini termasuk dalam penyakit yang menular sebab disebabkan oleh virus. Virus yang bisa menyebabkan hepatitis adalah virus A, B, C, D, E, dan juga G.

Hepatitis A merupakan infeksi penyakit hati dan sangat menular. Virus ini bisa mempengaruhi fungsi dan juga kemampuan hati.

Pada kasus hepatitis A yang ringan, penyakit tersebut bisa sembuh dengan sendirinya. Namun pada penderita hepatitis A yang sudah akut akan terjadi kerusakan hati secara permanen.

Cara Penularan Hepatitis A

Ada sebab dan ada akibat, begitupula dengan penyakit hepatitis. Virus hepatitis bisa disebarkan dan ditularkan oleh sebab itu mengapa angka penderita hepatitis dari waktu ke waktu semakin meningkat. Berikut ini adalah cara penularan dan penyebaran virus hepatitis yang patut kita waspadai:

  1. Sex

Orang yang suka berhubungan melalui dubur akan terkena hepatitis dikarenakan dubur merupakan sarang kuman dan bakteri.

Anal seks akan menularkan kuman dan bakteri ke tubuh yang lainnya bahkan tidak jarang virus juga bersarang di dubur tersebut.

  1. Makanan yang Tercemar

Mengkonsumsi makanan yang tercemar juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit hepatitis. Misalnya saja adalah anda mengkonsumsi ikan yang airnya sudah tercemar maka anda akan rentan untuk terkena virus dari penyakit hepatitis A.

  1. Jarum Suntik

Sama halnya dengan HIV, jarum suntik juga bisa menyebabkan seseorang terkena hepatitis A. Misalnya saja adalah anda berbagi jarum suntik dengan orang yang sudah terinfeksi dengan virus hepatitis.

Maka anda akan rentan untuk terkena penyait hepatitis. Hal ini juga bisa terjadi pada pecandu narkoba yang suka bergantian jarum suntik dengan orang lain.

  1. Sanitasi Buruk

Kondisi sanitasi lingkungan yang buruk menjadi media penularan hepatitis yang paling efektif. Hepatitis A bisa ditularkan melalui genangan air yang sudah tercemar.

Ketika tangan kita menyentuh air tersebut dan kita tidak mencuci tangan kemudian menyentuh makanan maka virus itu bisa masuk ke dalam tubuh. Virus itu akan mengganggu fungsi hati kemudian menyebabkan penyakit hepatitis A.

  1. Berhubungan Seks Dengan Penderita Hepatitis

Jika anda suka bergonta-ganti pasagan maka anda rentan untuk terkena penyakit hepatitis. Alasannya adalah virus itu bisa ditularkan melalui hubungan seksual sama halnya dengan penyakit HIV maupun AIDS.

Virus itu bisa menular melalui cairan sperma maupun cairan yang dihasilkan oleh vagina sehingga, lebih amannya adalah menggunakan kondom sebagai pengaman.

  1. Homo

Berhubungan dengan sesama pria juga bisa menjadi penyebab terkena hepatitis A. Alasannya adalah kulit pria bersentuhan dengan kulit pria memiliki resiko sebagai media penularan virus hepatitis. Selain itu, pria memiliki tingkat kebersihan yang kurang dibandingkan dengan wanita.

  1. Lingkungan Kerja Yang Kotor

Orang yang bekerja di lingkungan kerja yang kurang kondusif bisa membuatnya untuk terkena penyakit hepatitis.

Orang yang rentan untuk terkena penyakti hepatitis A adalah dia yang bekerja di tempat yang dipenuhi dengan kotoran misalnya saja adalah pembersih kandang sapi, kandang ayam, bekerja di selokan, pembuangan limbah dan masih banyak lagi lainnya.

Orang yang bekerja di lingkungan yang seperti itu ada baiknya untuk selalu memeriksakan kesehatannya di pihak medis.

Orang yang bekerja di lingkungan yang dipenuhi dengan kotoran juga rentan untuk terkena flek paru-paru oleh sebab itu orang yang bekerja di lingkungan yang kotor harus mawas diri terhadap kesehatannya sendiri.

  1. Kontak Langsung

Virus hepatitis juga bisa ditularkan dengan cara kontak langsung dengan penderita hepatitis. Misalnya saja adalah tangan bersentuhan dengan penderita hepatitis kemudian tidak dilakukan cuci tangan. Setelah tidak cuci tangan kemudian makan. Hal itu akan menyebabkan mudah terkena penyakit hepatitis A.

Tidak hanya itu saja, virus hepatitis ini juga bisa ditularkan melalui makanan yang memiliki kontak langsung dengan penderita hepatitis A.

Misalnya saja adalah penderita hepatitis A memasak makanan untuk dikonsumsi, makanan tersebut sudah terkontaminasi dengan virus sehingga. Ketika ada yang memakannya maka tubuhnya akan terinfeksi dengan virus tersebut.

  1. Berbagi Makanan

Berbagi makanan boleh-boleh saja asalkan dengan orang yang sehat. Hal itu dikarenakan virus hepatitis bisa ditularkan melalui makanan.

Misalnya saja adalah anda makan semangkuk makanan dengan penderita hepatitis maka, anda rentan untuk terkontaminasi dengan virus tersebut.

Tidak hanya makanan saja, penularan virus itu juga bisa melalui minuman yang anda minum bersama-sama dengan penderita virus hepatitis.

Komplikasi Penularan Hepatitis A

Semua penyakit beresiko untuk mengalami komplikasi. Misalnya saja adalah seseorang yang mengalami penyakit hipertensi, dia akan rentan untuk terkena penyakit komplikasi dari hipertensi tersebut misalnya saja adalah penyakit diabetes, kolesterol, stroke, parkinson, jantung serta masih banyak lagi lainnya.

Penyakit hepatitis A juga rentan untuk mengalami komplikasi. Namun komplikasi itu berbeda dengan penyakit hepatitis B maupun dengan penyakit hepatitis C.

Hal itu dikarenakan penyakit hepatitis A pada umumnya tidak akan berakibat fatal seperti kedua jenis penyakit hepatitis lainnya.

Hepatitis A tidak akan menyebabkan penyakit fungsi hati dalam jangka lama. Sayangnya jika hepatitis A diderita oleh orang manula dan memiliki penyakit kronis seperti diabetes, sistem imun yang menurun.

Penderita HIV dan orang yang memiliki riwayat penyakit hati maka orang tersebut bisa mengalami berbagai macam komplikasi dari penyakir hepatitis A.

Berikut ini adalah berbagai macam komplikasi dari penyaki hepatitis A yang perlu diwaspadai:

  1. Kolestatis

Orang yang sudah manula atau renta dan mengidap penyakit hepatitis A dia akan rentan untuk terkena kolestasis.

Kolestasis ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan. Komplikasi ini berupa penumpukan cairan empedu yang menumpuk di dalam organ hati sehingga penderita akan merasaka efek dari cairan empedu yang menumpuk tersebut.

Penderita yang mengalami komplikasi ini akan mengalami berbagai macam gejala misalnya saja berat badan tubuh akan menurun secara drastis, mengalami demam tidak kunjung sembuh, diare yang tidak kunjung sembuh dan juga tubuh akan terlihat kuning.

Semakin lama kadar bilirubin yang semakin meninggi akan mengakibatkan kuning akan telihat semakin jelas. Telapak tangan, telapak kaki, putih mata dan kulit lainnya akan terlihat kuning.

  1. Gagal Hati

Orang yang mengalami hepatitis A rentan untuk terkena gagal hati. Alasannya adalah ketika fungsi hati menjadi menurun drastis.

Gagal hati tidak akan mengakibatkan sirosis hati, berbeda halnya dengan hepatitis B dan juga hepatiis C yang bisa berpotensi untuk menyebabkan sirosis hati.

Gagal hati ini bisa menyebabkan hati tidak bisa berfungsi sebagaimana semestinya. Gagal hati ini bisa membuat penderitanya mengalami penyakit yang disebut sebagai penyakit komplikasi hepatitis A.

  1. Terkena Infeksi

Komplikasi hepatitis A lainnya adalah tubuh yang akan mudah terkena infeksi. Tidak hanya itu saja, orang yang pernah mengalami hepatitis A kemungkinan di masa yang mendatang dia juga bisa mengalaminya kembali.

Infeksi itu akan mudah kambuh seiring dengan berjalannya waktu. Sejak infeksi pertama kali, penyakit hepatitis A akan mudah terjadi lebih dari satu kali.

Penyakit komplikasi dari hepatitis A misalnya saja adalah sakit kuning, diare dan juga mengalami mual dan juga muntah.

Tidak hanya itu aja penyakit hepatitis A akan membawa perubahan fisik pada penderitanya misalnya saja adalah rambut akan mengalami kerontokan, tubuh akan mudah lebam atau mudah memar.

Sebab pembekuan darah terganggu dan orang tersebut juga akan mudah mimisan sebab pembekuan darah terganggu.

Orang yang terkena hepatitis A akan mengalami penumpukan cairan terutama di bagian perut dan juga kaki.

Orang yang terkena hepatitis A perut dan kakinya akan terlihat besar akibat penumpukan cairan yang dialaminya.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.