skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Komplikasi Penyakit Vertigo Yang Akan Terjadi!

Komplikasi Penyakit Vertigo Yang Akan Terjadi!

Penyakit vertigo merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena berbagai macam hal, selain itu penyakit ini juga termasuk sebuah penyakit yang dapat menghambat aktifitas sehingga ketika penyakit ini menyerang pada tubuh kita, tentu kegiatan akan terhambat.

Penyakit vertigo ini yang diserang adalah pada bagian kepala, sehingga jika penyakit ini sedang menyerang akan terasa pusing, seperti muter-muter kepalanya sehingga ketika berjalan serasa naik pesawat terbang.

Namun meskipun demikian, jarang sekali ada yang mengetahui penyebab penyakit vertigo. Oleh karena itulah, kita wajib mengetahui tanda dan penyebab dari penyakit yang satu ini, karena jika tidak mengenalinya akan terasa sulit mengatasinya.

Penyebab Penyakit Vertigo

Tentu penyebab penyakit vertigo ini tidak banyak yang mengetahui karena jarang juga orang yang terkena penyakit vertigo. Penyakit vertigo ini disebabkan karena adanya gangguan keseimbangan yang ada pada bagian telinga paling dalam yakni suatu alat keseimbangan atau biasa diketahui sebagai bagian dari vestibular yang mungkin terjadi di otak.

Penyebab ini jarang sekali diketahui oleh mareka, sehingga mereka agak sedikit kesulitan menetapkan penyakit apa ketika baru pertama kali terserang penyakit vertigo.

Gejala Penyakit Vertigo

Penyakit vertigo dan gejala nya memang perlu di ketahui, karena dengan begitu anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi nya, walau pun vertigo bisa hilang dengan sendiri nya. Berikut ini beberapa gejala penyakit vertigo, antara lain:

– Muncul nya keringat dingin.

– Tiba-tiba pandangan menjadi buram atau kabur dan semua terlihat menjadi dua.

– Terjadi gangguan pendengaran ketika sakit kepala.

– Tidak nafsu makan dan sulit untuk menelan.

– Rasa sakit di kepala yang sangat hebat, dan kepala terasa berat dan sakit jika di gerakkan ke satu arah.

– Puratan yang hebat ketika kepala di gerakan, di goyang maupun ketika bangun dari tidur.

– Terasa Mual yang hebat dan ingin muntah.

– Kurang peka nya reaksi mata terhadap gerakan mendadak sehingga kepala menjadi pusing.

Ada beberapa indikasi komplikasi vertigo yang harus anda waspadai:

  1. Komplikasi vertigo sebagai gejala infeksi saraf

Bila terjadi gangguan pada sistem saraf manusia maka akan menimbulkan berbagai gangguan pada sistem organ tubuh, diantaranya keluhan sakit kepala vertigo dengan interval yang berbeda beda tergantung dari kondisi infeksi itu sendiri.

Bila infeksi yang terjadi pada saraf masih tergolong ringan maka keluhan yang dirasakanpun tidak terlalu parah, namun jika infeksi saraf telah sangat parah maka bisa jadi gejala yang dirasakan juga lebih parah dan kadang hingga pingsan.

Bahaya dan akibat vertigo berkepanjangan bisa menyebabkan seseorang mengalami kerusakan pada sistem saraf hingga penderita kadang menjadi tuli dan gangguan pada penglihatan. Penderita vertigo juga bisa mengalami penurunan daya ingat seiring dengan kondisi vertigo yang lebih parah.

Seseorang yang telah terindikasi memiliki gejala vertigo sebaiknya menghindari aktifitas yang terlalu padat dan tidak dibebani dengan pemikiran yang berat karena bahaya dan akibat dari penyakit vertigo ini bisa sangat fatal.

  1. Komplikasi vertigo pada gangguan jantung

Bahaya dan akibat vertigo berkepanjangan bisa mengarah pada gangguan fungsi jantung. Sistem kerja organ jantung sangat berhubungan dengan susunan sistem saraf, hingga jika terdapat gangguan vertigo sebagai gangguan sistem saraf maka akan secara langsung berpengaruh pada fungsi organ jantung sebagai bagian organ pernafasan.

  1. Komplikasi vertigo pada tumor otak

Bahaya dan akibat vertigo berkepanjangan yang mengarah pada penyakit tumor otak harus diwaspadai karena salah satu gejala tumor dan kanker otak adalah bila penderita sering merasakan sakit kepala seperti berputar layaknya vertigo.

Upaya Pencegahan Penyakit Vertigo

Lalu mengenai upaya pencegahan penyakit vertigo bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat. Sejumlah penelitian menemukan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang bisa mengurangi resiko terkena vertigo. Kemudian disarankan juga untuk menghindari stres sebab banyak penderita vertigo yang memiliki tekanan pikiran sehingga membuat mereka merasa stres.

Upaya pencegahan berikutnya adalah dengan melakukan perawatan vertigo sesuai dengan faktor pemicu dan penyebab penyakit vertigo itu sendiri, misalnya saja penyebabnya adalah infeksi telinga maka anda harus melakukan perawatan untuk mengatasi infeksi telinga ini. Terakhir perbaiki posisi tidur anda dengan mengatur posisi kepala agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.