skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Kondisi Ginjal Penderita Penyakit Ginjal

Kondisi Ginjal Penderita Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan gagalnya fungsi ginjal untuk tubuh. Kondisi Penyakit ginjal bisa terjadi pada orang yang sudah menderita penyakit tertentu dan Penyakit ginjal menjadi resiko atau bahaya dari Penyakit ginjal tersebut.

Namun Penyakit ginjal juga bisa terjadi pada orang yang sebelumnya sehat namun tidak merasakan gejala sehingga terlanjur menyebabkan kerusakan ginjal.

Kondisi Ginjal Penderita

Ginjal yang tidak berfungsi membuat tubuh sulit membuang cairan. Akibatnya terjadi penumpukan cairan pada pergelangan kaki yang dapat memicu peningkatan tekanan darah.

Oleh karena itu dokter akan menyarankan pengidap sakit ginjal untuk membatasi konsumsi cairan dan garam. Selain itu, kelebihan cairan dalam tubuh juga dapat dikurangi dengan konsumsi obat diuretik, seperti furosemida.

Konsumsi Suplemen Zat besi dan Vitamin D

Anemia atau kondisi saat tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah, banyak diderita pengidap GGK stadium tiga ke atas. Suplemen zat besi untuk produksi sel-sel darah merah biasanya akan diberikan untuk mengatasinya. Zat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet seperti ferri sulfat.

Hormon eritropoietin yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah juga bisa disuntikkan jika langkah-langkah di atas tidak dapat mengatasi anemia. Hormon ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan ke dalam pembuluh darah atau di bawah kulit (subkutan).

Selain itu, pengidap penyakit ginjal berisiko kekurangan vitamin D yang penting untuk tulang. Ini dikarenakan ginjal tidak dapat berfungsi mengaktifkan vitamin D dari makanan dan sinar matahari. Sehingga umumnya Anda akan mendapatkan suplemen vitamin D seperti calcitriol.

Tanda Gejala Penyakit Ginjal

Seseorang yang mengalami sakit ginjal ini dapat memiliki tanda-tanda seperti:

  1. Gangguan Memori

Gangguan memori pada orang lansia memang wajar, namun pada kasus gagal ginjal, gejala yang nampak adalah berkurangnya konsentrasi dan kerapnya dilanda pusing.

  1. Pembengkakan

Ketika ada banyak sekali cairan sisa hasil metabolisme yang tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh, maka cairan tersebut akan menempati ruang tertentu pada tubuh. Hal ini tentu akan menyebabkan pembengkakan pada bagian tertentu dari tubuh Anda. Perlu diingat bahwa pembengkakan ini bisa menjalar ketempat lain.

  1. Mual

Tubuh yang mengandung terlalu banyak racun memaksa Anda untuk mengeluarkannya dengan cara yang tidak biasa yaitu dengan mual dan muntah. Sulit memang dibedakan antara mual karena masuk angin dengan mual yang disebabkan oleh gagal ginjal.

  1. Nyeri Pinggang

Ginjal berada pada area pinggang kanan dan kiri. Ketika sering terjadi nyeri pada area ini, Anda perlu waspada mungkin saja itu salah satu gejala gagal ginjal.

  1. Mulut Rasa Logam

Jika ginjal sudah terlalu rusak, maka akan terjadi penumpukan sisa atau limbah dalam tubuh seseorang. Kondisi ini akan membuat Anda merasakan suatu keanehan yang disebut uremia, dimana Anda akan merasakan seperti memakan logam.

  1. Sedikit mengeluarkan air kemih

Ini menjadi ciri-ciri sakit ginjal akut yang termasuk sangat perlu diketahui. Jumlah air urin yang keluar saat berkemih biasanya membantu dokter dalam diagnosis sakit ginjal akut.

Gejala urin yang keluar sedikit menjadi tanda-tanda Penyakit ginjal , apalagi diperkuat dengan gejala lain seperti air urin yang lebih gelap, keruh, bahkan berwarna kemerahan seperti warna darah.

  1. Kelelahan

Sudah disebutkan pada enam fungsi pokok ginjal di atas bahwasanya ginjal juga bekerja setiap hari dalam pembentukan sel darah merah. Jelas akan terjadi penurunan produksi eritrosit dalam tubuh ketika fungsi ginjal menurun. Hal ini akan menyebabkan Anda pada suatu kondisi yang bernama anemia.

Mencegah Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit ginjal yaitu:

  1. Jangan menahan buang air kecil

Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin.

  1. Perhatikan beberapa penyakit yang berkaitan dengan ginjal

Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal.

Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal.

  1. Mengurangi garam dalam makanan

Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

  1. Minum banyak air setiap hari

Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.