skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Langkah Untuk Mendiagnosis Penyakit Vertigo!

Langkah Untuk Mendiagnosis Penyakit Vertigo!

Penyakit vertigo merupakan keadaan dimana seseorang merasa dirinya atau ruangan disekitarnya seolah berputar. Perasaan ini disebabkan oleh virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan dan alkohol, migrain, dan beberapa kasusu epilepsi.

Vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala penyakit yang penyebabnya bervariasi. Kata vertigo berasal dari bahsa yunani Vetere yang artinya berputar.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan bilangan hari. Vertigo bisa terjadi pada saat melakukan perjalanan jauh, naik kendaraan dijalan yang berliku. Namun terkadang vertigo hanya disebabkan oleh stres. Sebagian besar kasus vertigo tidak diketahui penyebabnya, sehingga terapi lebih banyak bersifat simtomatik dan rehabilitatif.

Gejala Penyakit Vertigo

Di bawah ini adalah gejal penyakit vertigo yang perlu diketahui:

– Gangguan pendengaran.

– Kehilangan keseimbangan.

– Merasakan seolah-olah benda di sekitar bergerak atau berputar.

– Pusing.

– Suhu badan tinggi.

– Sering berkeringat.

– Kepala serasa berputar.

– Pingsan.

– Mual dan muntah.

Sampai saat ini masyarakat yang awam akan kesehatan masih menganggap bahwa vertigo merupakan jenis sakit kepala biasa, sehingga hanya diobati dengan obati biasa. Namun yang harus diwaspadai adalah vertigo meruapakan pemicu timbulnya berbagai macam penyakit ganas seperti tumor yang dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Penyakit Vertigo

Penyebab dari penyakit vertigo adalah:

  1. Migrain

Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala tetapi juga mempengaruhi penglihatan. Vertigo yang disebabkan karena migrain dapat berlangsung dalam beberapa menit hingga beberapa hari.

  1. Posisi tidur

Bantal kepala yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa mempengaruhi munculnya vertigo dan apalagi jika baru bangun tidur langsung bangun dengan cepat.

  1. Gangguan telinga bagian dalam

Sebagian besar vertigo terjadi ketika seseorang tersebut dengan secara tiba-tiba mengubah posisi kepala, misalnya ketika bangun tidur atau berdiri dengan cepat. Pusing yang terjadi akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Vertigo jenis ini terjadi akibat masalah yang pada telinga bagian dalam dan dikenal sebagai Benign Paroxysmal Positional Vertigo.

  1. Gangguan penglihatan

Mata selain untuk melihat juga dapat membantu dalam fungsi keseimbangan tubuh. Sehingga masalah yang terjadi pada penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo.

  1. Penyakit meniere

Penyakit meniere terjadi akbiat peningkatan volume endolimfe yang juga berhubungan dengan distensi seluruh sistem endolimfatik (hidrops endolymphatic). Penyakit meniere yang mengakibatkan telinga bagian dalam mempunyai banyak cairan yang pada akhirnya mempengaruhi keseimbangan tubuh. Rasa pusing yang terjadi dapat berlangsung selama setengah jam atau lebih lama lagi.

  1. Tumor sudut cerebellar-pontine

Tumor yang satu ini tumbuh lambat, yang memungkinkan sistem vestibular untuk terus mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga pada akhirnya manifestasi klinis yang dihasilkan berupa sensasi samar ketidakseimbangan dan bukan vertigo akut.

Pemeriksaan Penderita Vertigo

Berikut adalah pemeriksaan untuk penderita penyakit vertigo:

  1. Pemeriksaan pemindaian di kepala

Untuk mengetahui ada nya penyakit lain yang dapat memicu penyakit vertigo akut maka akan di lakukan CT scan atau MRI scan pada kepala anda. Hingga bisa mengetahui jika ada tumor atau tidak yang tumbuh di kepala.

  1. Pengujian kalorik untuk organ keseimbangan

Untuk mengetahui keseimbangan telinga anda maka akan di lakukan tes yang akan menggunakan air hangat dan air dingin yang akan di tuangkan pada telinga anda. Sehingga dokter akan tahu keseimbangan telinga anda.

  1. Mengunjungi spesialis THT

Karena penyakit vertigo akut bisa di karenkaan gangguan pada telinga dalam, maka anda harus mengunjungi spesialis telinga, hidung, tenggorokan. Agar bagian dalam telinga anda dapat di lihat sehingga dokter akan tahu penyakit vertigo akut anda di obati dengan cara seperti apa. Jika telinga anda berdenging maka akan di lakukan pemeriksaan yang di sebut dengan tes garpu atau audiometri.

  1. Pemeriksaan nistagmus

Jika mengalami penyakit vertigo akut juga akan mempengaruhi keseimbangan anda. oleh karena itu anda harus memeriksakan organ organ tubuh anda untuk di ketahui keseimbangannya. Biasa nya akan di lakukan tes mata dengan menggunakan alat kacamata yang akan melihat keseimbangan gerak mata, dengan alat videonistagmografi. Dan untuk anggota tubuh yang lain menggunakan elektronistagmografi.

Mencegah Penyakit Vertigo

Dalam upaya mencegah terjadinya serangan vertigo, Anda bisa mengikuti saran-saran praktis di bawah ini:

– Gerakkan kepala dengan hati-hati dan perlahan selama melakukan aktivitas sehari-hari.

– Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dengan menggunakan bantal.

– Ketika hendak bangun dari kasur, bangunlah secara perlahan dan duduk selama beberapa menit di pinggir kasur sebelum berdiri.

– Jangan membungkuk ketika mengangkat benda.

– Hindari mendongakkan kepala ke atas, misalnya ketika mengambil barang di atas lemari.