skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Larangan Makanan Untuk Penyakit Usus Buntu

Larangan Makanan Untuk Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu atau apendisitis bisa terjadi ketika usus buntu meradang, pecah, dan mengalami infeksi. Peradangan terjadi akibat kotoran yang menumpuk dan mengeras didalam usus sehingga membuat usus terluka.

Karena isi dari usus itu sisa sisa makanan atau kotoran sehingga usus yang terluka sangat rawan terkena bakteri sisa sisa makanan sehingga mengakibatkan infeksi dan peradangan didalam usus. Maka dengan itu jika sudah mulai terasa geajala gejala penyakit usus buntu, harus sesegera mungkin melakukan pengobatan usus buntu.

Penyebab usus buntu sendiri adalah dikarenakan adanya suatu sumbatan yang terjadi pada usus buntu yang akhirnya dapat menyebabkan peradangan dan inflamasi pada usus buntu. Jika anda terus membiarkan hal seperti maka yang berbahaya adalah ketika usus buntu ini pecah harusnya jika telah membengkak saja harus dilakukan operasi untuk segera menyembuhkannya.

Bahkan sebenarnya usus buntu sendiri bisa disebabkan karena ada benda asing yang menyumbat usus buntu jadi tidak hanya dikarenakan adanya penyumbatan karena proses pencernaan. Untuk itulah anda harus waspada dalam mengkonsumsi makanan.

Pantangan makanan usus buntu sangat perlu sekali untuk anda ketahui, karena penyakit usus buntu ini sangat berbahaya sekali bagi penderitanya, untuk itu jangan sampai anda mengkonsumsi jenis makanan yang harus di hindari penyakit usus buntu.

Agar anda senatiasa sehat dari penyakit usus buntu ini, dan bagi anda yang mengalami penyakit usus buntu ini anda perlu menghindarinya, agar penyakit yang saat ini anda derita tidak berlanjut lebih parah. Adapun beberapa makanan yang harus di hindari penyakit usus busuk anda ialah sebagai berikut:

  1. Mengandung kafein

Kandungan kafein akan membuat organ dalam tubuh bekerja lebih keras. Ini juga akan membangkitkan kelenjar limfoid yang tersimpan di usus buntu. Padahal, usus buntu sedang mengalami peradangan. Karenanya, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi, permen kopi atau jenis minuman berkafein lainnya.

  1. Buah nanas dan semangka

Selama menjalani perawatan untuk radang usus buntu, sebaiknya menghindari buah nanas dan semangka.

Ini karena buah-buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu lebih cepat melancarakan laju sisa makanan sehingga dikhawatirkan akan mendesak usus besar yang sedang terkena radang. Buah-buah ini memang baik untuk mencegah usus buntu, tetapi tidak baik saat dalam masa proses penyembuhan.

  1. Mengandung minyak

Makanan berminyak akan membuat timbunan sisa makanan semakin banyak dan membuat perut Anda semakin bengkak. Karenanya, hindari makanan berminyak dan mengandung margarin lainnya. Jangan sekali pun makan makanan yang digoreng atau roti isi.

  1. Makanan yang pedas

Makanan yang pedas akan menimbulkan rasa panas pada perut bagian dalam. Jika sedang terjadi peradangan pada usus buntu, ini bisa berdampak kurang baik dan justru bisa membahayakan. Makanan pedas seperti sambal, saus, gorengan pedas, cabe, atau keripik pedas sebaiknya dihindari.

Jika Anda tidak ingin radang usus buntu Anda semakin parah, jangan mengonsumsi makanan pedas. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang ringan, seperti nasi yang masih hangat, bubur, sup, atau makanan yang direbus.

  1. Makanan yang terlalu dingin (es)

Makanan atau minuman yang dingin (es) juga sebaiknya dihindari saat menderita usus buntu maupun setelah melakukan operasi, tidak kebali terjadi usus buntunya. Makanan yang dingin akan memberi efek yang mengagetkan pada usus. Suhu di dalam perut perlu dijaga keseimbangannya untuk menghindari komplikasi yang berbahaya.

Ada beberapa hal yang dapat mencegah penyakit usus buntu, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan sistem imun

Jika sistem kekebalan tubuh Anda kuat, maka Anda tidak akan mudah terkena berbagai macam penyakit termasuk usus buntu. Cukupi asupan nutrisi Anda dengan gizi lengkap dan seimbang, terutama pada kebutuhan vitamin C.

  1. Perbanyak serat

Serat mampu membantu membersihkan usus dan saluran pencerrnaan. Tentu untuk mencegah terjadinya infeksi usus buntu, Anda harus rutin mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur.

  1. Mengurangi jajan sembarangan

Jangan tergiur dengan harganya yang murah. Jajanan pinggir jalan belum terjamin kebersihan dan kehigenisannya. Jajanan yang tidak bersih kaya akan kuman dan bakteri yang mungkin bisa berakibat pada radang usus halus.