skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Apa Saja Larangan Penderita Penyakit Diare?

Apa Saja Larangan Penderita Penyakit Diare?

Penyakit Diare atau diarrhea dalam bahasa inggris merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada masyarakat, terutama di Indonesia. Diare adalah kondisi dimana feses menjadi lembek dan encer, dan biasanya frekuensi pembuangan feses menjadi lebih sering, yaitu lebih dari 3 kali dalam sehari atau 24 jam.

Biasanya sebelum mengalami diare, penderitanya mengkonsumsi jenis makanan yang kurang cocok dengan kondisi lambungnya, sehingga menimbulkan iritasi dan luka pada bagian lambung, usus, dan saluran pencernaan lainnya. Hal ini menyebabkan kondisi feses dan frekuensi dari buang air besar yang menjadi tidak normal.

Penyebab Penyakit Diare

Penyakit diare dapat disebabkan beberapa hal seperti:

  1. Infeksi

Dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan parasit. Sumber penyebaran yang paling sering adalah memalui air yang terkontaminasi oleh tinja atau kotoran.

Dengan demikian penyakit ini lebih sering terjadi pada lingkungan dengan sanitasi air bersih yang kurang memadai, baik untuk minum, memasak dan mencuci (terutama peralatan makan). Rotavirus dan Bakteri Escherichia coli merupakan dua agen penyebab diare yang paling sering di negara berkembang.

  1. Malnutrisi

Anak-anak yang kekurangan gizi akan lebih berisiko tinggi terkena penyakit ini, dan diare itu sendiri akan menyebabkan gejala yang lebih buruk bagi mereka. Karena setiap terkena mencret, maka sudah pasti akan membuat mereka kekurangan gizi yang lebih buruk. Maka tak heran bahwa gizi buruk pada anak balita paling sering disebankn oleh diare kronis.

  1. Penyebab Diare lainnya

Mencret juga dapat menular dari orang ke orang, diperburuk oleh kebersihan pribadi yang buruk. Makanan merupakan penyebab utama diare ketika disiapkan atau disimpan dalam kondisi yang tidak higienis. Air dapat mengkontaminasi makanan selama pencucian. Ikan dan seafood dari air yang tercemar juga dapat menyebabkan diare.

Pengobatan Penyakit Diare

Beberapa obat alami yang dapat anda gunakn untk menyembuhkan penyakit diare yaitu:

  1. Cuka Apel

Diare atau mencret juga dapat diatasi dengan meminum Cuka apel. Cuka apel ini bisa menjadi ramuan tradisional untuk mengobati diare. Cara meminumnya adalah dengan meneteskan cuka apel kedalam air putih lalu diminum. Lakukanlah cara ini secara rutin agar diare dapat dihentikan

  1. Kapur Sirih dan Kunyit

tanaman herbal ini terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit dan salah satunya penyakit diare. Cara Mengkonsumsinya dengan mengiris Kunyit dengan tipis, kemudian direbus dalam 1 gelas air sampai ramuan tersisa 1/3 gelas.

Lalu tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih , Aduk Hingga semua merata. Kalau sudah dingin, Air nya lalu disaring sehabis itu boleh minum. Lakukan pengobatan ini untuk mencegah dari akibat penyebab diare yang dilakukan 3 kali sehari.

Larangan Penderita Diare

Waktu diare, ada beragam jenis makanan yg tidak bisa dikonsumsi. Bila dikonsumsi, dapat mengakibatkan diare makin kronis. Di bawah ini daftar makanan yang dapat mengakibatkan diare lebih kronis:

– Olahan susu terkecuali yogurt – Misanya saja keju, susu murni serta kopi susu.

– Makanan berminyak – Gorengan, ayam goreng serta beragam jenis makanan dengan pemrosesan yang di goreng.

– Makanan serta minuman berkafein – Umpamanya saja makanan serta minuman dari olahan kopi serta cokelat.

– Makanan dengan kandungan gula tinggi – Umpamanya saja manisan, permen serta lain sebagainya.

– Makanan asam – Makanan asam tak bisa dikonsumsi oleh pasien diare. Rasa asam pada makanan dapat bikin perut pasien diare makin sakit. Makanan itu umpamanya saja rujak serta beragam jenis asinan serta manisan. Diluar itu makanan asam dapat jadi penyebabnya asam lambung naik.

Anda dapat membaca artikel kita lainnya disini