skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Lp Penyakit Hemoroid!

Lp Penyakit Hemoroid!

  1. Pengertian

Hemoroid atau wasir adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.

Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai “wasir” dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab wasir yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.

Perawatan awal untuk penyakit yang ringan hingga sedang meliputi peningkatan konsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, NSAID untuk membantu mengatasi nyeri, dan istirahat. Beberapa prosedur kecil dapat dilakukan jika gejalanya parah atau tidak membaik dengan penanganan konservatif.

Pembedahan dibatasi hanya untuk pasien yang tidak membaik setelah berbagai tindakan tersebut dilakukan. Setengah dari seluruh populasi dapat mengalami wasir suatu saat di dalam hidupnya. Hasil akhirnya biasanya baik.

  1. Etiologi

Sekitar 30%-40% dari orang menderita wasir, dan biasanya terjadi antara usia 20–50 tahun. Para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan wasir. Dinding vena yang lemah, sehingga mengarah ke wasir dan kelainan varises lainnya dapat diwariskan dari genetik orangtua.

Peningkatan tekanan perut yang ekstrim juga dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak dan menjadi rentan terhadap iritasi.

Tekanan dapat disebabkan oleh obesitas, kehamilan, berdiri atau duduk untuk waktu yang lama, mengejan saat buang air besar, batuk, bersin, muntah, dan menahan napas saat berusaha untuk melakukan kerja fisik seperti mengangkat beban berat setiap hari.

Diet memiliki peran penting dalam menyebabkan dan mencegah wasir. Orang-orang yang secara konsisten makan diet tinggi serat cenderung terhindar dari wasir.

Diet rendah serat atau asupan cairan yang tidak memadai dapat menyebabkan konstipasi, yang dapat berkontribusi untuk menjadi hemoroid dalam dua cara: Hal ini memicu tindakan mengejan saat buang air besar dan juga memperburuk wasir dengan memproduksi tinja yang keras sehingga mengiritasi vena yang membengkak.

  1. Gejala

Wasir bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah.

Tetapi jumlah darah biasanya sedikit dan wasir jarang menyebabkan kehilangan darah yang berat atau anemia. Wasir yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya.

Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuk bekuan darah.

Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bukan gejala dari wasir. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.

  1. Komplikasi

Walaupun seringkali ringan, namun hemoroid dapat menimbulkan komplikasi, diantaranya:

  1. Anemia

Terjadi karena perdarahan yang terus menerus sehingga tubuh kekurangan darah merah, akibatnya akan menimbulkan kelelahan dan kelemahan.

  1. Trombosis.

Trombosis adalah pembekuan darah yang terjadi dalam hemoroid.

  1. Strangulasi Hemorrhoid

Jika suplai darah ke wasir interna terputus, karena terjepit, akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan ( gangren ).

  1. Pencegahan

Disarankan sejumlah langkah pencegahan termasuk menghindari mengejan ketika buang air besar, menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat, dan cukup berolahraga.

Disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar, menghindari membaca ketika di toilet, juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan menghindari mengangkat beban berat.

  1. Pengobatan

Untuk mengatasi hemoroid yang lebih parah, bisa digunakan beberapa jenis pengobatan. Salah satunya adalah dengan pengikatan wasir. Ini adalah proses tanpa operasi. Tali yang elastis diikatkan pada bagian bawah hemoroid secara kuat. Ini bertujuan untuk memotong aliran darah.

Hemoroid akan terjatuh sekitar satu minggu. Operasi dengan pembiusan umum kadang dilakukan. Operasi hemoroid ini bertujuan untuk mengangkat atau menyusutkan hemoroid yang besar atau jenis eksternal.

 

Apa Itu DAMAGECARE?

DAMAGECARE adalah antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.