skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Batu Empedu

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Batu Empedu

Penyakit Batu empedu ialah timbunan kristal di dalam kandung empedu dan saluran empedu. Batu yang ditemukan di dalam kandung empedu disebut kolelitiasis, sementara batu di dalam saluran empedu disebut koledokolitiasis. Komponen utama penyebab dari batu empedu adalah kadar kolesterol, sebagian kecil lainnya terbentuk dari garam kalsium.

Cairan empedu mengandung sejumlah besar kolesterol yang biasanya tetap berbentuk cairan. Jika cairan empedu menjadi jenuh karena kolesterol, maka kolesterol tersebut bisa menjadi tidak larut dan membentuk endapan di luar empedu. sehingga terjadilah penyakit batu empedu.

Makanan yang perlu dihindari oleh penderita penyakit batu empedu adalah:

  1. Daging Berlemak

Makan daging yang berlemak dapat mengiritasi batu empedu dan memperparah keluhan. Untuk menyiasatinya, anda bisa mengganti menu makanan.

Yang tadinya dari daging berlemak dengan sumber prorein daging tanpa lemak seperti ikan air dingin, ayam atau kalkun. Saat mempersiapkan unggas, selalu buang kulit dan lemak untuk menghindari iritasi batu empedu.

  1. Makanan yang Digoreng

Gorengan juga jadi pantangan bagi orang dengan batu empedu, karena terkenal dengan kandungan tinggi lemak jenuh.

Lemak jenuh dapat memperburuk rasa sakit batu empedu dan ketidaknyamanan. Hal ini karena gorengan dimasak dengan menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan lebih dari satu kali, dan itu sangat tidak baik untuk penderita batu empedu.

Hindari memasak dengan minyak sayur padat, margarin dan lemak hewani. Gunakan minyak zaitun atau canola sebagai alternatif sehat untuk menggoreng.

  1. Makanan Olahan

Asam lemak trans biasanya banyak terdapat pada makanan kemasan dan olahan, yang cenderung dapat menginduksi gejala-gejala batu empedu, menurut University of Maryland Medical Center.

  1. Makanan Berbahan Halus

Pasien dengan penyakit batu empedu harus menahan diri dari makan makanan yang mengandung bahan halus. Mungkin ada sedikit kebingungan bagi anda yang belum mengetahui apa yang dinamakan dengan makanan berbahan halus.

Beberapa jenis makanan yang termasuk ke dalam jenis makanan berbahan halus adalah seperti: roti putih, pasta tepung halus, beras putih dan gula rafinasi yang dikonversi ke dalam lemak yang tersimpan.

Yang mungkin menyebabkan peningkatan kolesterol dalam empedu. Tetaplah pada makanan yang tidak dimurnikan seperti roti gandum, pasta gandum dan beras merah.

  1. Produk Susu Tinggi Lemak

Seluruh produk susu lemak menimbulkan risiko bagi orang yang didiagnosis dengan batu empedu. Susu, keju, yoghurt, es krim, krim kental dan asam krim mengandung kadar tinggi lemak hewani, yang berhubungan untuk komplikasi kantong empedu.

Jika anda memiliki keluhan penyakit batu empedu, akan lebih baik jika and menghindarinya, karena hal ini akan berkaitan langsung dengan proses penyembuhan yang sedang dijalani.

  1. Telur

Mengapa telur termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit batu empedu, bukannya telur adalah salah satu makanan yang tergolong ke dalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna.

Telur ternyata memiliki dampak yang buruk jika dikonsumsi oleh penderita batu empedu, karena tingkat tinggi kolesterol dan kemungkinan hubungan antara kondisi kantong empedu dan alergi makanan.

Konsumsi telur memicu serangan kantong empedu dalam persentase yang tinggi pada kelompok orang yang memiliki alergi.

Cara Mencegah Penyakit Batu Empedu

  1. Konsumsi Makanan Sumber Lemak Sehat

Meskipun konsumsi lemak bisa menyebabkan batu empedu, namun jenis lemak sehat sangat diperlukan.

Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, dan makanan yang mengandung omega 3 tinggi. Semua makanan ini sangat sehat dan menurunkan kolesterol.

  1. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Padat

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan padat harus dikurangi jika ingin menjaga kesehatan kantung empedu dan hati.

  1. Kurangi Alkohol

Alkohol memang memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan efek dari batu empedu.

Kandungan alkohol bisa merusak sistem kesehatan umum seperti merusak kerja hati. Ketika hati bermasalah maka cairan empedu yang dihasilkan juga akan menurun. Hal ini bisa menyebabkan masalah untuk empedu.

  1. Menjaga Berat Badan

Untuk mencegah terjadinya batu empedu maka usahakan untuk menjaga berat badan. Jika Anda melakukan diet maka usahakan agar berat badan tidak turun dalam waktu yang cepat dan singkat, tapi secara perlahan.

Penurunkan berat badan yang terlalu cepat bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan masalah kantung empedu. Lakukan cara menurunkan berat badan dengan sehat dan bukan obat atau pil diet.

  1. Hindari Makanan Lemak Hewani

Bagi orang yang sudah menderita gejala batu empedu sebaiknya harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak hewani.

Lemak hewani sangat buruk untuk kesehatan karena cenderung mengandung kolesterol dalam jumlah yang tinggi. Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi lemak hewani juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi paling sehat sangat penting untuk mencegah batu empedu.

Berbagai jenis sayuran dan buah yang mengandung serat akan membantu menurunkan berat badan dan pencernaan yang sehat.

Kedua proses ini bisa membantu mencegah terbentuknya kristal kolesterol yang menyebabkan terbentuknya batu empedu.

  1. Konsumsi Makanan Sumber Protein Tinggi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein super tinggi sangat penting untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena protein akan membantu tubuh dalam mempertahankan rasa kenyang.

Sehingga Anda tidak mudah terpancing untuk makan kolesterol. Selain itu makanan yang mengandung protein tinggi penting untuk menurunkan berat badan.

  1. Kurangi Konsumsi Gula

Berbagai jenis makanan, minuman dan camilan yang mengandung gula tinggi harus dihindari atau dikurangi.

Makanan yang mengandung gula tinggi bisa menyebabkan masalah untuk kantung empedu dan empedu itu sendiri.

Selain itu biasanya makanan yang manis atau mengandung gula tinggi bisa membantu meningkatkan berat badan.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk mencegah batu empedu. Cara ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral, vitamin dan protein yang tinggi.

Mengatur menu makanan sehat sehari-hari akan membantu tubuh menurunkan resiko penyakit batu empedu.

  1. Olahraga

Olahraga secara teratur tidak hanya membantu menjaga berat badan secara seimbang namun juga membantu menurunkan kolesterol.

Olahraga aktif sangat penting untuk membantu menurunkan lemak dan berat badan berlebihan. Anda bisa mencoba untuk melakukan renang, berlari, senam atau jenis olahraga yang lain.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.