skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Penyakit Bronkitis

Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis adalah salah satu penyakit peradangan tenggorokan atau bronchus yang dapat di saluran udara ke dalam paru paru. Sehingga penyakit bronkitis ini sangat bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna dengan adanya penderita yang sudah memiliki penyakit menahun misalnya seperti penyakit jantung, penyakit paru paru, penyakit asma, penyakit daya tahan buruk (HIV, Aids, Bronkitis) maka semuanya dapat di rasakan dan dapat di campurkan dengan salah satu penyebab penyakit bronkitis.

Penyebab Terjadinya Penyakit Bronkitis

Pada umumnya, bronkitis akut disebabkan oleh virus dan sebagian besar di antaranya disebabkan oleh virus juga menyebabkan pilek dan flu. Virus bisa terhirup saat tertahan di udara. Virus ini terkandung dalam jutaan tetes kecil yang keluar dari hidung atau mulut saat kita batuk atau bersin.

Virus ini juga bisa bertahan di permukaan benda apa pun selama satu hari. Seseorang bisa terinfeksi dengan menyentuh benda yang terkontaminasi, lalu meletakkan tangannya di dekat mulut atau hidung. Selain virus, infeksi bronkitis juga bisa disebabkan oleh bakteri.

Pemicu bronkitis kronis yang paling utama adalah kebiasaan merokok. Orang yang merokok atau tinggal dengan perokok aktif lebih berisiko terkena bronkitis.

Bronkitis kronis juga bisa dipicu oleh lingkungan kerja yang tidak sehat. Kondisi ini lebih sering disebut sebagai bronkitis okupasi. Istilah bronkitis okupasi dipakai ketika penderita mengalami bronkitis akibat unsur iritasi di tempat kerja seperti serat kain, amonia, serpihan debu, dan klorin.

Gejala Penyakit Bronkitis

  • Sesak napas
  • Batuk berlendir dengan warna lendir yang kehijauan
  • Tampak lelah
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Menggigil
  • Nyeri badan
  • Pilek/hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit dada
  • Jika sudah parah kadang batuk bersama lendir campur darah
  • Cepat mengantuk.

Inilah Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Bronkitis, Sebagai Berikut:

  1. Makanan Pedas Berkandungan Vitamin C

Berbahagialah bagi pengidap bronkitis yang menyukai makanan pedas karena ini justru baik untuk penyembuhan.

Namun jangan terlalu senang dulu, karena hanya makanan pedas dengan kandungan vitamin C tinggi saja yang dianjurkan. Kesehatan saluran pernapasan dan paru-paru dapat terjaga baik oleh vitamin C yang ada pada cabai pedas.

Ingat juga bahwa vitamin C pun kita tahu di dalamnya ada sifat anti inflamasi serta antioksidan yang bisa membersihkan lendir. Baik itu asma atau alergi yang menjadi pemicu, selain dari makanan pedas ada juga sumber makanan lain akan vitamin C di bawah ini baik untuk dikonsumsi:

  • Sayuran hijau berwarna gelap.
  • Stroberi
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Brokoli
  • Paprika
  • Jambu
  • Kembang kol.
  1. Makanan Berkandungan Vitamin D

Contoh makanan yang mengandung vitamin D dan aman bila dikonsumsi oleh penderita bronkitis adalah telur dan susu. Ini karena kebanyakan kasus orang yang memiliki keluhan akan bronkitis biasanya kurang asupan vitamin D. Ikan, makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, juga memiliki kadar tinggi akan vitamin D.

  1. Jahe

Jahe pun bagus sebagai makanan penolong di kala menderita bronkitis. Sebagai obat batuk tradisional, jahe terkenal sangat efektif terlepas dari efek samping jahe yang juga perlu diwaspadai. Menambahkan jahe pada masakan sup Anda akan membantu melegakan paru-paru dan memulihkan bronkitis secara bertahap dan alami.

  1. Alfalfa

Mungkin banyak dari kita tak begitu tahu apa itu alfalfa dan masih asing akan namanya. Sebetulnya, ini adalah sejenis kecambah dan kita menyebutnya dengan istilah kecambah alfalfa. Di dalam kecambah ini terkandung klorofil yang bagus dalam memperlancar peredaran darah yang menuju paru-paru.

Dengan makanan inilah Anda dapat mengurangi waktu yang normalnya dibutuhkan untuk masa penyembuhan dan pemulihan dari bronkitis. Selain klorofil, kandungan vitamin C di dalamnya pun termasuk tinggi sehingga tak salah lagi sangat bagus untuk daya tahan tubuh.

Ketika bronkitis menyerang, itu tandanya tubuh Anda tengah memiliki daya tahan tubuh rendah. Kecambah ini kemudian dapat dimanfaatkan sebagai penambah serta penguat sistem imun tubuh secara alami.

  1. Ikan

Seorang penderita bronkitis membutuhkan makanan yang mengandung omega-3. Tentu contoh makanan terbaik yang dapat dikonsumsi secara harian adalah ikan dan minyak ikan.

Masalah bronkitis dapat diatasi dan dikendalikan dengan mengonsumsi ikan yang kaya omega-3. Kesehatan paru dan seluruh tubuh sungguh bergantung juga pada zat nutrisi satu ini, jadi tak ada salahnya mengonsumsi.

Telah terbukti juga melalui sebuah studi bahwa ikan dan juga minyak ikan dengan tingginya kadar omega-3 mampu menurunkan risiko penyempitan saluran pernapasan. Bronkitis bakal dapat dicegah dan juga diatasi dengan konsumsi nutrisi satu ini. Asalkan mengonsumsi rutin setiap hari dijamin akan ada hasil memuaskan dan efektif.

  1. Peppermint

Cobalah untuk mengonsumsi peppermint, yakni sebuah permen dengan kandungan mentol. Makanan ini baik untuk pengidap bronkitis sebab mempunyai sifat dekongestan.

Perlu diketahui pula kalau mentol bisa berfungsi sebagai pengencer lendir pada paru-paru. Dengan demikian, penumpukan cairan di bagian paru dapat hilang sedikit-sedikit melalui batuk produktif.

  1. Jamur

Jenis-jenis jamur seperti maitake, reishi, dan bahkan shiitake sangat berguna untuk penderita bronkitis. Semua jenis jamur tersebut dapat dikonsumsi untuk pencegahan rusaknya jaringan dan memulihkan bronkitis.

Ada juga kandungan lentian pada jamur sehingga mengonsumsi jamur adalah salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Jamur jugalah makanan sehat yang menolong Anda untuk membasmi seluruh sel-sel virus yang mencoba menyerang.

Senyawa lentian tadi itu pun masih tergolong antioksidan sehingga mampu mendukung pencegahan jaringan paru-paru. Kerusakan jaringan tersebut biasanya dipicu oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Apa Itu Pulmohealer?

Obat Penyakit Paru-Paru Pulmohealer adalah produk dari PT. Autoimuncare Indonesia ( PT. AICI ) yang khusus mengatasi berbagai penyakit paru-paru. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer bereaksi cepat, dijamin aman, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi Tubuh Anda.