skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Makanan Penyakit Perlemakan Hati

Makanan Penyakit Perlemakan Hati

Perlemakan hati adalah suatu kondisi medis dimana ada penumpukan lemak hingga 10 persen di organ hati. Perlemakan hati ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti peradangan, yang pada gilirannya bisa memicu jaringan parut permanen (sirosis).

Sirosis adalah komplikasi serius yang dapat mengakibatkan kegagalan fungsi hati dan kematian. Perlemakan hati sering diakibatkan oleh minum minuman beralkohol, serta kondisi lain seperti obesitas, trigliserid tinggi dan diabetes.

Namun, dalam beberapa kasus perlemakan hati diakibatkan oleh sesuatu yang tidak jelas. Perlemakan hati umumnya tidak memiliki gejala pasti, dan orang baru mengetahuinya ketika mengalami komplikasi penyakit lain.

Menurut American Liver Foundation, perlemakan hati terjadi ketika ada 10 persen atau lebih lemak pada organ hati. Perlemakan hati ini bisa mengakibatkan hati menjadi meradang. Jika perlemakah tati dipicu karena konsumsi alkohol, peradangan akan menyebabkan steatohepatitis.

Sedangkan jika disebabkan faktor lain (nonalkohol), kondisi ini disebut NASH (steatohepatitis alkohol). Seiring waktu, kondisi ini akan membuat hati menjadi bekas luka dan mungkin mengeras.

Ketika hal ini terjadi, maka akan berkembang menjadi sirosis, masalah kesehatan yang sangat serius yang dapat menyebabkan gagal hati. Untuk membantu merekja dengan perlemakan hati, berikut daftar makanannya:

  1. Buah dan sayur segar

Saat seseorang mengalami perlemakan hati maka mereka harus mengubah gaya hidup termasuk memilih makanan sehat seperti buah dan sayur. Makanan ini sangat penting untuk mengurangi kondisi perlemakan hati. Buah dan sayur umumnya mengandung tinggi mineral dan vitamin yang bisa membersihkan organ hati dari racun termasuk juga lemak yang tidak diinginkan.

Amerika Liver Foundation menyarankan seseorang untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur untuk mengurangi tingkat perlemakan hati. Selain mengandung tinggi vitamin, buah dan sayur juga menyediakan serat yang mampu mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang mungkin berkontribusi besar terhadap perlemakan hati.

Belum lagi, buah dan sayur juga rendah lemak sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Beberapa buah dan sayur yang bisa menjadi pilihan diantranya: Buah jeruk, strawberry, anggur, raspberry, alpukat, brokoli, bayam dan asparagus.

  1. Makanan tinggi lemak tak jenuh

Lemak tak jenuh, terutama omega-3 seperti yang terdapat dalam berbagai jenis kacang-kacangan, ikan salmon, biji-bijian dan minyak nabati, dapat memelihara kesehatan jantung, dan mengurangi perlemakan hati bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Sebaliknya makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, yang sering ditemukan dalam makanan seperti gorengan, daging merah dan produk susu tinggi lemak, meningkatkan kadar kolesterol sekaligus menempatkan anda pada risiko besar mengalami perlemakan hati.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa Jenis kacang merupakan makanan sehat yang mengandung tinggi lemak baik. Mengkonsumsi lemak baik seperti lemak tak jenuh ganda dan tunggal adalah cara paling ampuh dalam mencegah penyakit jantung.

Lemak baik seperti HDL dapat membantu mengurangi LDL (kolesterol buruk) yang menjadi penyebab serangan jantung dan kondisi lain seperti stroke dan perlemakan hati. Para ahli menyarankan agar kita mengganti sumber karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks yang banyak ditemukan dalam makanan seperti kacang-kacangan.

Serat di dalam berbagai jenis kacang juga bekerja membersihkan limbah di saluran pencernaan sekaligus mengurangi kolesterol jahat. Untuk membantu mengurangi perlemakan hati, anda bisa mencoba beberapa jenis kacang seperti Almond, pinto dan mete. Untuk kacang tanah sebaiknya anda jangan terlalu banyak karena di sisi lain juga mengandung tinggi lemak.

  1. Makanan tinggi serat

Serat memainkan banyak peran penting untuk kesehatan, terutama pencernaan. Di dalam tubuh serat berfungsi mengurangi kolesterol jahat, membantu pengeluaran limbah dan memelihara kesehatan pencernaan.

Prinsipnya dalam mengurangi perlemakan hati adalah dengan menjaga tingkat kolesterol dan lemak di dalam tubuh. Makanan yang mengandung tinggi serat seperti gandum. Kentang, beras merah, sayuran hijau dan buah merupakan makanan ideal untuk menurunkan perlemakan hati.

  1. Makanan/minuman yang harus dihindari orang dengan perlemakan hati

Bagi orang dengan perlemakan hati, entah itu karena alkohol ataupun nonalkohol, harus benar-benar menghindari minuman beralkohol. Orang yang rutin mengkonsumsi minuman beralkohol sangat rentan terhadap penyakit hati termasuk sirosis hati dan kanker hati.

Selain alkohol, makanan/minuman yang harus dihindari orang dengan perlemakan hati adalah makanan tinggi lemak seperti jeroan, gorengan, es krim, keju tinggi lemak, kulit ayam dan makanan sejenis lainnya termasuk sate kambing.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.