skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Makanan Sehat Penyakit Vertigo Apa?

Makanan Sehat Penyakit Vertigo Apa?

Vertigo bukanlah penyakit asing dan sering menimpa orang dewasa dikarenakan pola hidup yang tidak teratur. Misalnya dikarenakan aktivitas yang terlalu padat dengan waktu istirahat yang sedikit. Ataupun karena sering bersentuhan dengan makanan-makanan yang dapat merubah kondisi kesehatan telinga dan juga adanya gangguan dalam telinga. Sehingga keseimbangan terganggu.

Vertigo biasanya memberi gejala pusing yang berat, pandangan berputar-putar, hingga mual dan tidak dapat menyeimbangkan tubuh. Untuk membantu mengurangi penyakit ini butuh asupan makanan yang menunjang penyembuhan vertigo. Inilah makanan untuk penderita penyakit vertigo:

Sayuran dan Lauk Pauk

Berikut adalah beberapa sayuran dan lauk pauk yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit vertigo:

  1. Ikan air tawar

Penderita penyakit vertigo juga disarankan untuk menghindari konsumsi daging-dagingan. Jadi untuk memberi asupan protein, silahkan konsumsi ikan air tawar setiap hari. Ikan air tawar baik untuk membantu mengurangi kambuhnya vertigo. Selain itu ikan air tawar juga tidak banyak mengandung garam.

  1. Putih telur

Putih telur adalah makanan yang mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh, jika anda vertigo cobalah untuk mengkonsumsi telur.

  1. Bayam

Sayuran seperti bayam yang juga mengandung Vitamin B6 juga baik untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk mengobati penyakit vertigo. Penderita penyakit vertigo memang memang membutuhkan banyak asupan Vitamin B6 yang dapat memberi tambahan nutrisi cukup baik. Masaklah bayam dengan benar, tipsnya.

Jangan konsumsi bayam ketika sudah dimasak lebih dari 4 jam. Anda juga dapat mengkonsumsi bayam karena sayur bayam merupakan makanan penurun darah tinggi super cepat dan makanan peninggi badan secara alami.

  1. Paprika

Memasukan paprika dalam masakan menu sehari – hari juga disarankan karena sayuran ini juga mengandung Vitamin B6. Karena harganya yang tidak murah tidak banyak penderita penyakit vertigo mengkonsumsi paprika.

Tetapi bila memang ingin melakukan usaha untuk penyembuhan coba saja mengkonsumsinya setiap hari tanpa biji tentunya. Paprika merupakan salah satu makanan terbaik untuk penderita penyakit ginjal.

Buah Untuk Vertigo

Berikut adalah beberapa buah-buahan yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit vertigo:

  1. Buah Citrus

Aneka buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, dan anggur kaya akan Vitamin C yang berlimpah. Buah-buahan jenis ini cocok dimakan oleh penderita penyakit vertigo karena dapat menjadi anti-oksidan sehingga mengurangi kambuhnya penyakit vertigo yang bisa datang kapanpun.

Misalnya konsumsi lemon dengan bentuk sari lebih baik. Tetapi bila tidak kuat dengan rasa asamnya, bisa saja diolah menjadi jus.

  1. Alpukat

Buah alpukat juga sama seperti buah-buahan sebelumnya. Alpukat mengandung banyak Vitamin B6 juga lemak tak jenuh sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit vertigo. Dapat dikonsumsi dalam bentuk jus ataupun dicampurkan dengan hidangan seperti salad, pasta, atau langsung dimakan langsung. Alpukan juga dapat dijadikan salah satu makanan untuk penderita tipes.

  1. Mengkudu

Mengkudu mengandung nutrisi yang baik untuk membantu meringankan penyakit vertigo. Tidak perlu memakan langsung buah mengkudu yang pahit namun dapat meminum dalam bentuk pil yang sudah banyak dijual di toko obat atau biasa disebut ekstrak. Buah mengkudu juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak mudah letih.

  1. Pisang

Buah pisang juga baik untuk dikonsumsi. Selain menambah energi agar tetap bertenaga, buah pisang bagi penderita penyakit vertigo baik untuk mengembalikan sistem imun dalam tubuh. Pisang juga merupakan buah yang memilii harga terjangkau dan mudah ditemukan di Indonesia.

Makanan Untuk Vertigo Lainnya

Makanan untuk vertigo lainnya adalah:

  1. Selai kacang

Olahan kacang seperti selai kacang juga mengandung Vitamin B6. Mengkonsumsi selai kacang satu sendok makanan setiap hari bagi penderita penyakit vertigo dapat membantu menambah metabolisme dan menangkal radikal bebas agar tidak memperparah penyakit vertigo.

  1. Jahe

Air rebusan jahe yang ditambahkan sedikit gula juga bagus diminum secara rutin oleh penderita penyakit vertigo. Jahe dapat menghilangkan rasa mual pada perut dan menghangatkan tubuh. Hal ini juga dapat memberi efek relax atau penenangan pada tubuh penderita penyakit vertigo. Selain untuk vertigo, jahe juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan amandel yang cukup ampuh.

  1. Bawang putih

Makanan yang cocok lainnya adalah bawang putih. Bawang putih mengandung Vitamin B6 di mana dapat menjadi obat alami mengurangi penyakit vertigo. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung ataupun dicampurkan dalam masakan menu sehari-hari.

Tips Menghindari Vertigo

Beberapa tips untuk menghindari penyakit vertigo adalah:

– Sangat disarankan untuk segera tidur maksimal jam 10 malam.

– Asupan makanan sehat untuk penderita vertigo di atas yang cocok dan obat-obatan dari dokter.

– Bangun pagi sekitar jam 5 atau 6 pagi. Ini juga menghindari keletihan secara tiba-tiba dan dapat membuat penderita akan merasa sangat pusing hingga terjatuh.

– Sebenarnya penyakit vertigo juga dapat diobati dengan perbaikan pola hidup khususnya melakukan istirahat yang cukup setiap hari dan secara rutin.

Menu makanan untuk penderita vertigo wajib anda konsumsi agar dapat menurunkan gejala vertigo secara alami tanpa efek samping.