skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal atau gagal ginjal merupakan penyakit yang ditandai dengan gagalnya fungsi ginjal untuk tubuh. Kondisi Penyakit ginjal bisa terjadi pada orang yang sudah menderita penyakit tertentu dan Penyakit ginjal menjadi resiko atau bahaya dari Penyakit ginjal tersebut.

Namun Penyakit ginjal juga bisa terjadi pada orang yang sebelumnya sehat namun tidak merasakan gejala sehingga terlanjur menyebabkan kerusakan ginjal.

Pada waktu terjadi kegagalan ginjal sebagian nefron (termasuk glomerulus dan tubulus) diduga utuh sedangkan yang lain rusak (hipotesa nefron utuh). Nefron-nefron yang utuh hipertrofi dan memproduksi volume filtrasi yang meningkat disertai reabsorpsi walaupun dalam keadaan penurunan GFR / daya saring.

Metode adaptif ini memungkinkan ginjal untuk berfungsi sampai ¾ dari nefron–nefron rusak. Beban bahan yang harus dilarut menjadi lebih besar daripada yang bisa direabsorpsi berakibat diuresis osmotik disertai poliuri dan haus.

Beberapa penyebab penyakit ginjal yaitu:

  1. Penurunan Suplai Darah

Penyebab Penyakit ginjal yang pertama adalah menurunnya pasokan darah menuju organ ginjal akibat faktor tertentu. Ketika suplai darah tidak mencukupi, ginjal tidak bisa berfungsi secara optimal seperti seharusnya.

  1. Diabetes

Kandungan gula yang terlalu banyak dalam aliran darah membuat alirannya sedikit terhambat. Aliran darah yang tidak optimal akan menghambat kinerja organ ginjal.

  1. Pengaruh Obat

Obat memang penting dikonsumsi ketika Anda mengalam suatu gangguan kesehatan, namun, tahukah Anda jika obat-obatan yang Anda konsumsi dalam waktu lama justru akan membuat kerusakan pada sel-sel ginjal.

  1. Kekurangan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak kebal akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Ketika ada suatu masalah sepele pada ginjal Anda, namun tubuh Anda tidak mampu mengatasinya, maka kondisinya akan semakin memburuk.

Tanda Penyakit Ginjal

Berikut adalah tanda-tanda dari penyakit ginjal:

  1. Sakit di sekitar daerah pinggang

Beberapa orang yang bermasalah dengan ginjal biasanya mengalami sakit pada bagian pinggang. Kondisi ini berkaitan dengan penyakit batu ginjal. Meski terkadang penyakit batu ginjal tidak menunjukkan gejal, namun bisa saja terasa sakit bila batu ginjal terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.

  1. Sesak napas

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan cairan berlebihan menutup paru-paru sehingga penderita merasa sesak napas. Selain itu, kurangnya pasokan oksigen pembawa sel-sel darah merah menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan nafas.

  1. Gatal berlebih

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan karena sering digaruk.

Biasanya rasa gatal ini disertai dengan pembengkakan di bagian tubuh penderita seperti tangan, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan.

  1. Tubuh terasa dingin

Anemia juga bisa menyebabkan tubuh merasa dingin sepanjang waktu. Dalam beberapa kasus, penderita akan merasa sangat dingin dan menggigil saat tengah malam.

  1. Kepala pusing dan sulit berkonsentrasi

Anemia sangat berhubungan dengan penyakit ginjal sehingga otak tidak memperoleh oksigen yang memadai. Kondisi ini menyebabkan kepala pusing dan kesulitan berkonsentrasi. Pusing yang parah akan mengakibatkan tubuh kehilangan keseimbangan saat akan berjalan.

Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita yaitu:

  1. Bunga Kol

Dalam diet Anda untuk mengobati gagal ginjal, bunga kol adalah salah satu sumber makanan yang boleh dinikmati. Selain kaya akan vitamin C, serat dan juga folat adalah zat yang juga berkadar tinggi di dalam bunga kol.

Dengan merebus atau mengukusnya, lalu ditambahkan dengan rempah-rempah aman seperti bubuk kari, kunyit, dan lada, Anda sudah bisa menikmatinya. Tak hanya organ ginjal yang dapat dirawat dengan baik oleh jenis sayuran ini, tapi manfaat bunga kol ini juga mampu mencegah kerusakan membran sel serta DNA oleh zat beracun.

  1. Apel

1 buah apel ukuran sedang beserta kulitnya bisa dikonsumsi setiap hari karena apel tak hanya melindungi Anda dari penyakit kanker, jantung, mencegah konstipasi maupun menurunkan kolesterol tinggi, tapi juga berguna untuk merawat kondisi ginjal yang tidak sehat.

Apel menjadi buah wajib yang ada di menu diet Anda sehari-hari dan akan semakin berkhasiat ketika Anda memakannya mentah. Tapi mengonsumsi apel rebus, apel panggang atau membuat jus apel juga sangat diperbolehkan karena apapun pengolahannya, Anda akan tetap bisa merasakan manfaat besar dari buah ini sebagai cara mencegah Penyakit ginjal.

  1. Kecambah/Touge

Penderita penyakit ginjal tidak boleh sembarang mengkonsumsi sayur. Tapi touge bisa menjadi salah satu sayur yang dapat dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal. Touge atau kecambah dapat membantu membersihkan ginjal dan menghindari pembentukan batu ginjal.

Disarankan untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah dan tidak diolah menjadi apapun. Tenang, rasa touge cukup nikmat bila belum diolah.

  1. Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga baik bagi penderita ginjal. Bawang merah dapat menjadi penghilang racun dalam tubuh dan membersihkan ginjal. Selain itu bawang merah juga dipercaya dapat menjadi obat bagi penderita batu ginjal. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah dengan cara dimakan langsung atau dicampurkan dalam makanan.

  1. Paprika Merah

Para ahli ksehatan banyak yang menyarankan untuk memasukan bahan makanan yang satu ini ke dalam menu makanan kita sehari – hari.

Sebab paprika berwarna merah dapat membatu meringankan penyakit ginjal dan juga mencegah penyakit kanker tumbuh dalam tubuh kita. Paprika merah tidak begitu banyak mengandung kalium seperti parika waarna lainnya. Sayuran ini juga mengandung serat, asam folat, Vitamin A, Vitamin B6, dan Vitamin C.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.