skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Maksud Penyakit Insomnia

Maksud Penyakit Insomnia

Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur.

Cukup banyak orang yang mengalami satu dari ketiga jenis gangguan tidur ini. Dalam suatu penelitian di USA dilaporkan bahwa sekitar 15 persen dari total populasi mengalami gangguan insomnia yang cukup serius. Penderita mengalami kesulitan untuk tertidur atau sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan.

Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari:

– Sering berubah-ubah jam kerja.

– Penggunaan alkohol yang berlebihan.

– Efek samping obat (kadang-kadang).

– Jet lag (terutama jika bepergian dari timur ke barat).

– Bekerja pada malam hari.

– Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).

Penyebab Insomnia antara lain:

  1. Faktor Lingkungan

Lingkungan yang bising seperti lingkungan lintasan pesawat jet, lintasan kereta api, pabrik atau bahkan TV tetangga dapat menjadi faktor penyebab susah tidur.

  1. Gaya Hidup

Alkohol, rokok, kopi, obat penurun berat badan, jam kerja yang tidak teratur, juga dapat menjadi faktor penyebab sulit tidur.

  1. Faktor Psikologi

Stres yang berkepanjangan paling sering menjadi penyabab dari Insomnia jenis kronis, sedangkan berita-berita buruk gagal rencana dapat menjadi penyebab insomnia transient.

  1. Problem Psikiatri

Depresi paling sering ditemukan. Bangun lebih pagi dari biasanya yang tidak anda inginkan, adalah gejala paling umum dari awal depresi, Cemas, Neorosa, dan gangguan psikologi lainnya sering menjadi penyebab dari gangguan tidur.

  1. Sakit Fisik

Sesak nafas pada orang yang terserang asma, sinus, flu sehingga hidung yang tersumbat dapat merupakan penyebab gangguan tidur. Selama penyebab fisik atau sakit fisik tersebut belum dapat di tanggulangi dengan baik, gangguan tidur atau sulit tidur akan dapat tetap dapat terjadi.

Gejala dari penyakit insomnia adalah:

– Sering bangun waktu malam.

– Perubahan suasana hati.

– Kantong mata hitam.

– Sering terbangun ketika tidur.

– Sukar untuk memulai tidur.

Tips Alami Mengatasi Insomnia

Tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit insomnia adalah:

– Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.

– Mengatasi Insomnia bisa juga dengan mengatasi masalah yang anda hadapi. Sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur anda, karena akan selalu terbawa dipikiran anda ketika ingin tidur.

– Konsultasikan dengan dokter anda. Jika anda tidur terus-menerus terganggu, kadang-kadang mungkin merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi sakit, bernapas masalah atau masalah jantung.

– Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

– Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

– Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami, dan malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan anda kembali susah tidur pada malam harinya. cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.

– Anda harus menerima bahwa kita butuh tidur delapan jam dalam sehari, jangan memotong waktu tidur anda, karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur anda.

– Jangan memaksakan untuk tidur, tidur itu alami dan mudah. Jika anda memaksakan untuk tidur, anda akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. Pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.

– Siapkan untuk tidur, anda harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata anda segera merasa mengantuk. Jika anda hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia anda tidak akan teratasi.

– Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik sebagai awal untuk tidur.

– Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

– Tidur sangat baik untuk kesehatan, ini membantu tubuh cepat pulih dari rasa lelah dan capek dari aktivitas sehari-hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur anda senyaman mungkin, hindarkan laptop atau gadget lainnya dari tempat tidur anda, dan usahakan agar kamar anda tenang dan matikan lampu saat tidur.