skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Penyakit Ginjal Dan Cara Mencegahnya

Gejala Penyakit Ginjal Dan Cara Mencegahnya

Penyakit ginjal atau gagal ginjal adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan gagalnya fungsi ginjal untuk tubuh. Kondisi Penyakit ginjal bisa terjadi pada orang yang sudah menderita penyakit tertentu dan Penyakit ginjal menjadi resiko atau bahaya dari Penyakit ginjal tersebut. Adapun resiko seseorang terkait penyakit ginjal ini yaitu:

  1. Berjenis kelamin wanita

Pada wanita, jarak anus dengan saluran uretra sangat dekat sehingga mempermudah bakteri menyebar ke uretra. Selain itu, saluran uretra di dalam tubuh wanita juga lebih pendek dari pria.

  1. Kondisi bawaan lahir

Seseorang yang terlahir dengan kelainan pada saluran kemihnya memiliki risiko tinggi untuk terkena infeksi ginjal.

  1. Obstruksi saluran kemih

Obstruksi seperti batu ginjal dan pembengkakan kelenjar prostat.

Penyebab Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab penyakit ginjal yaitu:

  1. Tingkat gula darah tetap tinggi dapat merusak pembuluh darah di ginjal

Seiring waktu, kerusakan ginjal dapat berkembang, dan ginjal mungkin berhenti bekerja sama sekali.

  1. Penyakit hipertensi

Selain gula darah yang tinggi, tekanan darah tinggi juga dapat menjadi penyebab sakit gagal ginjal. Penyakit hipertensi akibat dari terlalu banyak penggunaan kadar garam di dalam tubuh juga akan membuat beban pada ginjal. Sehingga jika tekanan darah tinggi terlalu sering terjadi dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga sakit gagal ginjal.

  1. Minuman energi

Minum minuman yang mengandung energi atau mengembalikan energi tubuh yang telah banyak di jual di pasaran dengan bebas. penggunaan minuman energi yang terlalu sering bisa merusak fungsi ginjal karena kandungan yang terdapat di dalam nya tidak baik untuk kesehatan ginjal. Dan telah banyak yang mengalami sakit ginjal akibat dari penggunaan minuman yang berbahaya seperti ini.

Gejala Penyakit Ginjal

Beberapa orang yang mengalami penyakit ginjal biasanya merasakan gejala berikut:

  1. Gangguan Memori

Ketika anda beranjak tua, Anda cenderung menjadi lebih pelupa; Namun, itu bukan jenis kehilangan memori yang disebabkan oleh Penyakit ginjal.

Gangguan memori akibat Penyakit ginjal terjadi akibat kurangnya konsentrasi yang diikuti oleh pusing yang disebabkan oleh peningkatan kadar racun dalam darah karena kerusakan ginjal. Kondisi ini tidak berdiri sendiri, jadi harus diperhatikan adanya ciri-ciri Penyakit ginjal yang lainnya.

  1. Kulit gatal

Ginjal juga mengambil partikel limbah dari darah, sehingga ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik pada individu, hasilnya limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Akibatnya kulit dapat terasa gatal.

  1. Busa di air kencing

Anda perlu curiga apabila ada busa pada air kencing. Bisa jadi itu merupakan gejala penyakit radang ginjal. Nefron ginjal yang rusak menyebabkan kencing menjadi berbusa.

  1. Susah buang air kecil

Penderita batu ginjal beresiko mengalami kesusahan saat buang air kecil. Batu ginjal yang berukuran besar dapat menghambat saluran kecing, hal ini membuat penderita kesulitan saat berkemih (buang air kecil).

Beberapa gejala lain yang dapat timbul seperti:

– Kulit pucat.

– Urine sedikit.

– Bau napas tidak sedap dan tercium seperti bau urine.

– Bengkak di beberapa bagian tubuh. Seperti mata dan pergelangan kaki.

– Mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

– Mual dan muntah.

– Nafsu makan menurun.

– Napas pendek atau munculnya rasa lelah yang terus menerus.

– Terjadinya kram otot. Khususnya kram otot bagian kaki.

Mencegah Penyakit Ginjal

Bagi anda yang belum terkena sebaiknya melakukan tindakan pencegahan penyakit ini dengan cara:

  1. Menghindari Minuman Bersoda

Sepertinya sudah diketahui umum bahwa minuman bersoda sangat tidak baik untuk kesehatan ginjal, maka sudah pasti minuman bersoda dimasukkan ke dalam daftar pantangan makanan dan minuman Anda.

Kebanyakan kasus gagal ginjal kronis awalnya adalah dari munculnya infeksi ginjal di mana penderita terlalu sering dan banyak mengonsumsi minuman ringan bersoda yang berbahan pengawet dan kimia.

Dalam jangka waktu lama terus-terusan mengonsumsi jenis minuman ini, fungsi ginjal lama-kelamaan akan rusak, apalagi jika penderita tidak mengimbangi konsumsi minuman soda dengan air putih yang cukup.

  1. Mengonsumsi sayur kubis

Bahan makanan yang juga ramah terhadap ginjal, apalagi yang tengah melakukan pengobatan gagal ginjal adalah kubis dengan kandungan fitokimianya yang tinggi. Senyawa ini ada juga di sayuran serta buah lainnya di mana tugasnya adalah untuk melindungi tubuh dari segala bentuk radikal bebas sehingga akan membantu mencegah adanya kerusakan organ.

Tak hanya baik untuk merawat ginjal, kesehatan jantung pun akan terjaga dengan baik, bahkan kanker pun akan dilawan juga oleh zat fitokimia.

Kubis adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan beragam nutrisi, termasuk asam folat, vitamin B6, serat, vitamin C serta vitamin K. Walau kubis bisa dibeli dengan harga murah yang juga diketahui memiliki kadar kalium rendah, kubis bisa diandalkan oleh para penderita gagal ginjal, sakit jantung dan kanker untuk mendukung proses penyembuhan menjadi lebih sempurna melalui diet.

  1. Cukupi asupan air dengan banyak minum air putih

Banyak minum air putih sudah terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh, termasuk bagian ginjal.

Dengan terapi air putih setidaknya 2 liter per hari, walau kemungkinan mengobatinya hingga sembuh sangat kecil, tubuh akan senantiasa terhidrasi dan air yang masuk ke dalam tubuh juga akan membantu agar ginjal dapat membuang racun-racun yang ada pada tubuh Anda.

Air jugalah yang memiliki peran penting dalam mempertahankan konsentrasi serta volume darah, melancarkan pencernaan, dan mengendalikan suhu tubuh sehingga perawatan ginjal akan lancar.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.