skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Mudah Mencegah Penyakit TBC!

Cara Mudah Mencegah Penyakit TBC!

Tuberkulosis (TBC/TB) adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya infeksi akut atau kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Tuberkulosis menyebabkan reaksi jaringan yang aneh di dalam paru-paru, yang meliputi penyerbuan daerah terinfeksi oleh makrofag dan pembentukan dinding di sekitar lesi oleh jaringan fibrosa yang membentuk apa yang disebut tuberkel.

Proses pembentukan dinding ini membantu membatasi penyebaran bakteri tuberkulosis kemudian di dalam paru-paru.

Faktor Risiko Tuberkulosis

Penyebab tuberkulosis adalah Mycobacterium tuberculosis. Basil tersebut menyebar di udara melalui semburan titik-titik air liur dari batuk pengidap TB aktif.

Terdapat sejumlah orang yang memiliki risiko penularan TB yang lebih tinggi. Kelompok-kelompok tersebut meliputi:

– Orang yang sering berhubungan dengan pengidap TB aktif, misalnya petugas medis atau keluarga pengidap.

– Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pengidap HIV/AIDS, diabetes, atau orang yang sedang menjalani kemoterapi.

– Orang yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi.

– Perokok.

– Pecandu narkoba.

Gejala Dari Penyakit TBC

Pemeriksaan tes darah atau kulit perlu dilakukan untuk mengetahui jika terinfeksi TB laten, ini dikarenan TB laten tidak memiliki gejala apapun.

Berbeda dengan TB laten, TBC aktif biasanya memiliki gejala-gejala seperti berikut:

– Batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu

– Batuk darah

– Merasa lelah sepanjang waktu

– Sakit dada

– Demam

– Kehilangan selera makan

– Berkeringat malam

– Panas dingin

– Penurunan berat badan.

TBC biasanya menyerang paru-paru, tapi juga bisa mempengaruhi bagian tubuh lainnya. TBC dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui aliran darah. Saat TBC menyerang bagian tubuh lain, gejalanya bervariasi.

– TBC yang menulari tulang bisa menyebabkan sakit tulang belakang dan kerusakan sendi.

– TBC yang menginfeksi otak bisa menyebabkan meningitis.

– TBC yang menginfeksi hati dan ginjal dapat mengganggu fungsi filtrasi limbahnya dan menyebabkan darah dalam urin.

– TBC yang menginfeksi jantung dapat mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah, mengakibatkan suatu kondisi yang disebut tamponade jantung yang bisa berakibat fatal.

Mencegah Penyakit TBC

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terkena penyakit TBC yaitu:

  1. Vaksinasi BCG

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan selanjutnya adlaha dengan memperoleh vaksin TBC atau yang juga dikenal dengan istilah BCG (Bacilli Calmette-Guerin). Cara pencegahan ini memang lebih ketat dan sangat perlu dilakukan apabila kontak dengan para penderita Tuberkulosis diketahui cukup tinggi frekuensinya.

Di negara-negara yang mempunyai risiko tinggi, vaksin ini sangat diutamakan, tapi sayangnya vaksin BCG ini tidaklah seefektif penerapannya pada bayi ketika digunakan atau diberikan pada orang dewasa.

  1. Memiliki Pola Hidup Sehat

Untuk mencegah berbagai jenis penyakit, pola hidup sehat itu sangatlah penting. Untuk perlindungan diri, Anda bisa mulai menjalani gaya hidup sehat di mana setiap harinya makanan yang dikonsumsi adalah yang sehat dengan nutrisi seimbang. Tak lupa juga, supaya pola hidup berimbang, lakukan olahraga secara rutin dan banyak-banyaklah istirahat.

Pola hidup yang sehat tak hanya meliputi apa saja makanan yang dikonsumsi, seberapa sering kita berolahraga dan seberapa lama kita tidur. Kebersihan diri juga perlu untuk dijaga dengan baik dengan mandi teratur. Tak hanya itu, penting juga untuk menghindari konsumsi narkoba dan alkohol apalagi merokok.

  1. Menjaga Jarak dengan Penderita TBC

Hal ini sudah jelas dan pasti karena kita perlu melindungi diri dan menjaga kesehatan dengan baik. Menjauhkan diri sementara waktu dari penderita TBC adalah keputusan tepat dan lebih baik tidaklah berada pada jarak dekat dengan individu-individu yang terkena infeksi.

  1. Mengenakan Masker dan Sarung Tangan

Bila pencegahan ingin dilakukan secara lebih maksimal, Anda bisa mencoba untuk mengenakan sarung tangan serta masker demi mencegah terkena paparan bakteri lewat udara maupun cairan. Pastikan bahwa masker serta sarung tangan yang digunakan pun sangat bersih dan terjaga kesterilannya supaya risiko penularan TBC bisa diminimalisir.

Apa Itu Pulmohealer?

Pulmohealer adalah formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit Tuberkulosis,Asma, Bronkitis, legionnaire, Paru-Paru Basah, Pneomonia Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama 15 tahun membuat Pulmohealer banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Pulmohealer memiliki kandungan antibiotik alami yang mampu membersihkan racun dalam darah, memperbaiki sel-sel yang rusak (regenerasi sel), bersifat antipiretik, analgesic, dan diuretic. Sangat berkhasiat dan signifikan menurunkan gula darah.