skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Mengatasi Penyakit Vertigo Gimana?

Mengatasi Penyakit Vertigo Gimana?

Vertigo merupakan gejala suatu penyakit. Sederet penyebab dapat disebutkan antara lain adanya benturan akibat kecelakaan, stres, gangguan pada telinga bagian dalam, obat-obatan, terlalu sedikit atau terlalu banyak aliran darah ke otak, dll. Vertigo juga berdampak rasa terhuyung jika berdiri di ketinggian atau bingung berada di tempat yang ramai dan asing.

Terhuyung atau sempoyongan biasanya dihubungkan dengan gangguan pada sistem keseimbangan. Gangguan keseimbangan ini beragam sehingga penderita sulit mengemukakan keluhannya secara rinci dan tepat.

Gangguan keseimbangan pada vertigo ada yang muncul saat berbaring pada posisi tertentu, saat tengadah, atau perpindahan gerak dari posisi satu ke posisi yang lain. Setelah mengalami selama beberapa hari, terhuyung dapat mereda. Namun, kadang penderita masih diganggu oleh rasa tidak stabil seperti berada di atas kapal yang diombang-ambingkan ombak.

Vertigo dapat muncul setiap kali berada di keramaian atau saat berada di tengah lapangan luas yang kurang penerangan. Vertigo juga banyak dialami oleh para penyelam yang belum berpengalaman. Mereka umumnya kehilangan orientasi sehingga merasa cemas bercampur bingung.

Mengatasi Penyakit Vertigo

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Cukupkan asupan gizi dan nutrisi tubuh anda sehingga nutrisi dan gizi yang dibutuhkan otak terpenuhi, hal ini dapat mengurangi resiko kambuhnya vertgio. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi vertigo:

– Selain minuman beralkohol, minuman lainnya yang harus anda hindari adalah minuman berkafein.

– Bagi perokok aktif berhenti merokok sekarang juga, bagi anda yang belum merokok pertahankan dan jangan sekali sekali mencobanya. Efek zat kimia berbahaya pada rokok dapat memicu vertigo anda kambuh dan dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya.

– Ketika bangun tidur jangan langsung bangun, karena efek vertigo terdahsyat dapat terjadi ketika baru bangun tidur dan itu terjadi secara mendadak.

– Hindari cahaya yang terlalu terang yang dapat menyilaukan mata atau lindungi kepala anda agar tidak langsung terkena paparan sinar matahari.

– Konsumsi air secukupnya jangan biarkan tubuh anda dehidrasi. Dehidrasi dapat memicu vertigo anda kambuh.

– Hindari minuman beralkohol, jika anda pecandu minuman beralkohol maka berhenti lah sekarang juga atau anda tidak akan pernah terlepas dari penyakit vertigo yang anda derita ini.

– Jika anda mulai merasakan kepala pusing, berat dan seperti akan berputar putar segeralah duduk dimana pun anda berada, itu dapat mengurangi tekanan yang terjadi pada otak anda.

– Sebisa mungkin hindari tempat tempat pusat keramaian dan yang dapat membuat dada anda menjadi sesak, hal tersebut dapat membuat vertigo anda kambuh.

– Kurangi penggunaan barang barang elektronik, karena radiasi yang diberikan mengganggu fungsi otak anda.

– Hindari penggunaan musik dengan volume yang terlalu besar, karena saraf pendengaran berhubungan dengan saraf otak.

Perawatan Tradisional Penyakit Vertigo

Berikut adalah beberapa perawatan tradisional untuk mengatasi penyakit vertigo:

  1. Stroberi dan yogurt

Stroberi dan yogurt bisa menjadi tambahan kebutuhan nutrisi yang sangat baik untuk penderita vertigo. Anda bisa mencoba dengan mengambil beberapa buah stroberi yang masih segar kemudian campur dengan yogurt. Konsumsi campuran yogurt dan stroberi selama dua kali dalam seminggu dan rasakan khasiatnya.

  1. Teh dan jahe

Jahe menjadi salah satu obat yang sangat ampuh untuk mengatasi kepala sering pusing, vertigo, serta mual dan muntah karena sakit kepala berlebihan. Anda bisa mencoba untuk membuat teh panas dengan gula sedikit kemudian tambahkan beberapa potong jahe mentah yang sudah bersih.

Minuman ini akan membuat sakit kepala menjadi berkurang, mengurangi rasa mual dan muntah serta mengatasi masalah tekanan darah.

  1. Madu dan ketumbar

Anda bisa mencoba untuk membuat ramuan madu dan ketumbar dengan cara menyeduh biji ketumbar. Rendam dalam air selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga bisa menghangatkan airnya kemudian mencampurnya dengan madu serta minum selagi masih hangat. Bisa juga ditambahkan perasan air jeruk lemon agar minuman terasa lebih segar.