skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Mudah Menghindari Penyakit Diare

Cara Mudah Menghindari Penyakit Diare

Penyakit Diare adalah sebuah kondisi tidak normal yang terjadi pada bagian usus terutama usus halus. Kondisi ini digambarkan dengan banyaknya air yang berada pada usus halus. Hal ini akan menyebabkan orang yang terkena diare bisa buang air besar dalam waktu yang lebih sering dan terkadang hanya mengeluarkan cairan.

Selain itu biasanya diare juga disertai dengan berbagai kondisi badan yang lebih lemah, sakit perut, demam dan muntah. Penyebab diare akut dan kronis tidak selalu dapat diidentifikasi. Jika diare hilang dalam beberapa hari, biasanya tidak perlu bagi kita untuk mencari tahu penyebabnya.

Diare akut dapat berkembang menjadi diare kronis jika diperlakukan tidak benar. Oleh karena itu, jika diare datang dan tak kunjung sembuh atau Anda mengalami dehidrasi maka segeralah mencari pertolongan medis.

Makanan Penyebab Penyakit Diare

Tak hanya virus dan bakteri yang dapat menyebabkan diare, beberapa makanan juga dapat menyebabkan seseorang terkena diare, berikut penjabarannya:

  1. Kacang kacangan

Kacang kacangan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, tetapi kacang kacangan juga memiliki efek yang buruk, yang merupakan jenis makanan penyebab diare. Oleh sebab itu jika berlebihan makan kacang bisa mengakibatkan buang air besar melebihi tiga kali atau diare.

  1. Sawi

Sawi merupakan sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, tetapi sawi jika di makan terlalu banyak juga dapat menjadi makanan penyebab diare. Oleh sebab itu jika makan sawi sebaik nya secukup nya saja.

  1. Jeruk

Jeruk sama hal nya dengan cabai yang memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi. sehingga jika di makan dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan diare. Makanan penyebab diare seperti jeruk sebaik nya tidak di makan lebih dari dua dalam satu hari jika tidak ingin diare, terlebih jika rasa nya asam.

Pengobatan Penyakit Diare

Adapun cara pengobatan untuk diare yaitu:

– Konsumsi makanan kaya akan serat, seperti pisang, oatmeal, nasi

– Hindari produk susu dan makanan yang kaya akan magnesium.

– Minum jus buah tanpa gula

– Batasi makanan dengan krim, gorengan, dan makanan manis, yang dapat memperburuk diare

– Hindari kafein, teh, dan minuman ringan

– Konsumsi makanan kaya akan potassium, seperti pisang, kentang

– Konsumsi makanan dan minuman kaya akan sodium, seperti air kaldu, sup, minuman energi, dan biskuit asin.

Menghindari Penyakit Diare

Untuk menghindari infeksi penyakit diare, berikut hal yang dapat anda lakukan

  1. Konsumsi air yang matang

Air merupakan sumber kehidupan bagi kita. Air mempunyai manfaat sangat banyak untuk kehidupan dan tubuh kita. Tetapi hati-hati dalam menggunakan air karena jika kita tidak jeli didalam air banyak terdapat kuman atau bakteri jika air tidak dimasak, dipanaskan dengan sinar matahari ataupun dengan proses kloronasi.

Jika kita akan mengkonsumsi air baik itu untuk diminum atau dicampurkan kedalam makanan yang akan kita konsumsi maka pakailah air yang sudah matang. Ketika air dimasak sampai suhu 100 derajat maka akan mendidih, tetapi yang lebih penting bukan proses mendidihnya melainkan kuman yang terdapat pada air mati jika dimasak dalam suhu yang tinggi.

  1. Olahraga secara teratur

Tubuh kita perlu melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Manfaat olahraga akan menjadikan sistem organ-organ didalam tubuh kembali bekerja normal. Lakukan olahraga secara teratur seminggu sekali agar kesehatan anda tetap terjaga. Dengan berolahraga racun-racun yang ada didalam tubuh dapat keluar melalui keringat.

Olahraga juga dapat menjaga keseimbangan pada tubuh sehingga tubuh dapat bekerja dengan normal. Olahraga tidak harus dengan melakukan aktivitas berat tetapi lakukanlah olahraga yang ringan saja seperti joging ini akan sangat membantu tubuh anda untuk menyeimbangkan kerja organ-organ didalam tubuh.

  1. Jangan memasak dengan mencampur makanan matang dan mentah

Memasak atau memotong makanan yang sudah matang dengan yang masih mentah dengan bersama dan memakai alat yang sama ini dapat membahayakan karena dapat menyebabkan kontaminasi silang. Maka masaklah secara sendiri-sendiri dan dengan menggunakan alat masak yang berbeda.

Kontominasi silang ini dapat memicu terjadinya diare. Jika ingin mencampur maka makanan yang mentah masaklah hingga matang baru dihangatkan kembali bersama makanan yang telah masak.

  1. Perhatikan tanggal kadaluwarsa pada makanan

Jika kita membeli makanan kemasan, kita harus teliti dan jeli. Perhatikan tanggal kadaluarsa yang ada di bungkus makanan. Makanan yang kadaluarsa dapat menyebabkan pencernaan kita terganggu sehingga diare. Makanan yang kadaluarsa mengandung racun-racun karena sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Anda dapat membaca artikel kita lainnya disini