skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Mengobati Penyakit Cacingan Pada Orang Dewasa

Mengobati Penyakit Cacingan Pada Orang Dewasa

Penyakit Cacingan menjadi salah satu gangguan yang biasanya banyak menyerang anak kecil atau anak-anak yang sedang masuk dalam masa pertumbuhan. Namun orang dewasapun juga dapat terkena penyakit ini. Penyakit pencernaan ini sangat banyak dialami dan terjadi disetiap tahunnya.

Jika anda anda susah sekali untuk makan anda harus waspada siapa tahu anak anda mengidap sakit cacingan. Jangan mengaggap remeh penyakit cacingan dan gejalanya karena jika anda biarkan saja penyakit cacingan bisa menjadi berbahaya untuk anak-anak yang terkena cacingan, Macam-macam cacing yang bisa menyerang manusia adalah cacing kremi.

Jenis-jenis penyakit cacing yang banyak terdapat pada manusia, seperti:

  1. Taeniasis

Penyakit ini disebabkan oleh cacing pita (Taenia slolium yang umumnya hiudp pada binantang babi dan Taenia sagianata yang hidup hidup pada sapi). Penularananya terjadi karena makan daging sapi atau babi yang belum masak betul dan masih mengandung telur-telur cacing tersebut.

Penyakit ini sering menyebabkan anema, maka pada pengobatn penyakti tersebut selain diberikan obat cacing juga diberikan preparat besi untuk mengobati anemianya.

  1. Oxyuriasis

Penyakit ini disebabkan oleh cacing kremi (Oxyuris vermicularis ). Ciri-ciri penyakit ini adalah gatal-gatal di sekitar dubur (anus) dan kejang-kejang hebat pada anak-anak, adakalanya dapat menyebabkan radang pada umbai usus buntu yang akut (appendicitis).

  1. Ascariasis

Penyakit ini disebabkan oleh cacing gelang atau ascaris lumbricoides. Penyakit ini sangat berbahay karena dapat menjalar ke luar usus dan masuk ke organ-organ jika tidak cepat diobati.

Gejala Penyakit Cacingan

Berikut beberapa gejala penyakit cacingan:

  1. Kepucatan

Pucat yang di alami pada bagian wajah seperti mayat yang berhenti aliran darahnya. Bukan hanya muka saja yang dapat terjadi tapi seluruh anggota tubuh pun dapat mengalaminya. Kepucatan ini bisa terjadi sama siapa saja yang tidak di batasi oleh usia atau umur sekalipun.

Lakukan istirahat dengan cukup, karena hal yang dapat kalian lakukan untuk pengobatannya. Istirahat ini di lakukan sebanyak 7 jam dalam perharinya. Tanda Tanda Penyakit Cacingan pun akan mengalami hal seperti ini di mana pada anggota tubuh dari atas hingga bawah mengalami kepucatan.

  1. Tubuh kurus

Badan atau tubuh akan tetap kurus, walaupun sudah makan banyak, itu bisa di anggap bahwa orang tersebut mengalami yang namanya cacingan. Karena Tanda Tanda Penyakit Cacingan adalah tubuh yang kurus.

Hal inilah harus segera di tangani dengan cepat, agar tidak menimbulkan sesuatu hal yang tidak diinginkan. Cacingan ini dapat berdampak buruk bagi tubuh dan tidak sehat pada badan pun terjadi. Kesehatan itu penting sekali untuk kita, agar semua jenis penyakit yang datang tidak dapat di alami oleh diri kalian dengan mudah.

  1. Sakit perut

Perut yang sakit adalah penyakit kerap terjadi pada laki laki dan perempuan. Dan paling banyak di obati dengan menggunakan minyak kayu putih yang berasal dari kayu putih dan sudah di olah dengan alat canggih.

Dan nanti kesakitan ini akan terasa hilang. Tapi jika terjadi dalam waktu yang lama dan sering terus terusan mengalaminya merupakan Tanda Tanda Penyakit Cacingan. Maka dari itu kalian harus lebih berhati hati lagi akan hal ini, yang bisa membuat penyakit ini semakin parah bila mengalaminya. Berusahalah untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihannya.

  1. Lemas

Lemas pada tubuh itu sudah menjadi hal biasa untuk semua orang. Banyak faktor yang terjadi bila gejala ini datang. Aktivitas yang padat serta memiliki penyakit lain yang terjadi olehnya.

Ciri ciri penyakit cacingan salah satunya akan mengalami lemas, letih, lesung, lunglai, cape dan lelah. Semua ini mempunyai arti yang sama. Jadi jika sudah mengalami hal seperti ini tanpa sebab lakukanlah pengecekkan terhadap diri kalian.

  1. Pucat

Wajah yang pucat atau bahkan seluruh tubuh mengalami warna yang berbeda seperti sebelumnya, bisa dijadikan sebagai ciri ciri penyakit cacingan bila terjadi. Kepucatan itu seperti mayat yang jika dialami pada wajah, bibir akan berubah menjadi putih pucat beserta mukanya.

Mengobati Penyakit Cacingan Pada Orang Dewasa

Untuk mengobati penyakit cacingan pada orang dewasa beberapa obat yang dapat digunakan yaitu:

  1. Mebendazole

Biasa digunakan untuk mengobati infeksi cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi atau cacing kerawit, cacing cambuk, dan infeksi cacing lainnya. Obat cacing ini bekerja dengan mencegah cacing menyerap gula (glukosa) tubuh.

Hasilnya, cacing akan kehilangan energi lalu mati. Harap berhati-hati ketika ingin mengonsumsi obat ini bagi orang yang menderita penyakit Crohn, penyakit liver, dan kolitis ulseratif.

  1. Praziquantel

Praziquantel digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh cacing pipih yang berada di hati atau aliran darah. Praziquantel bekerja dengan membuat otot cacing kejang parah dan lumpuh. Setelah obat diminum, cacing kemudian dibuang melalui tinja.

Praziquantel memiliki efek samping seperti muncul tanda-tanda alergi, merasa lelah, keringat berlebihan, sakit kepala atau pusing, mual, sakit perut, demam ringan, atau ada ruam kulit ringan.

Pastikan dokter diberi tahu jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama penyakit jantung atau masalah detak jantung, riwayat kejang atau memiliki kista di mata dan otak, dan penyakit ginjal atau hati.

Baca juga artikel menarik lainnya disini