skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
4 Obat Buat Penyakit Sirosis Hati Paling Aman Dikonsumsi!

4 Obat Buat Penyakit Sirosis Hati Paling Aman Dikonsumsi!

Sirosis merupakan komplikasi dari penyakit hati yang melibatkan hilangnya sel hati dan jaringan parut ireversibel hati. Menurut National Institutes of Health (NIH), sirosis hati merupakan penyebab 12 kematian akibat penyakit di Amerika Serikat.

Perkembangan penyakit yang perlahan-lahan mengakibatkan jaringan sehat pada hati digantikan oleh jaringan rusak. Dan pada akhirnya, hati tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Jaringan yang rusak akan menghambat aliran darah yang melewati hati.

Kerusakan pada hati yang disebabkan oleh sirosis tidak bisa diperbaiki dan bahkan bisa menyebar lebih luas hingga akhirnya hati tidak bisa berfungsi dengan benar. Kondisi inilah yang sering disebut dengan istilah gagal hati.

Dalam kebanyakan kasus, sirosis hati diklasifikasikan sebagai satu proses akhir dari perjalanan penyakit hepatitis kronis. Disamping itu, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan adanya penyakit sirosis hati seperti, virus, hepatitis B, virus hepatitis C, mengonsumsi minuman keras berlebihan ( alkohol ), fatty liver ( lemak di hati ), dan kondisi lainnya yang bisa merusak jaringan hati.

Gejala Penyakit Sirosis Hati

  1. Anemia

Sirosis hati yang sampai menimbulkan pendarahan bisa menyebabkan penderitanya terkena anemia. Hal itu disebabkan penderita sirosis hati mengalami banyak zat besi yang keluar bersama dengan pendarahan yang dialaminya.

  1. Pendarahan Gusi

Untuk stadium lanjut, sirosis kronis bisa menyebabkan pendarahan di gusi. Hal itu dikarenakan pembekuan darah pada penderita sirosis mengalami gangguan, pembuluh darah di bagian gusi juga mengalami gangguan.

  1. Menstruasi Ekstrem

Pada wanita yang mengalami sirosis akan mengalami menstruasi yang ektrem. Hal itu dikarenakan pembekuan darah menjadi terganggu dan menstruasi yang dialami penderita sirosis itu mengalami pendarahan di dalam rahimnya.

  1. Ascites

Sirosis hati kronis juga akan menimbulkan gejala ascites, distensi perut dan dinding perut menjadi tegang.

  1. Esofagus Varises

Gejala yang paling mengerikan dari penyakit sirosis ini adalah adanya esofagus varises. Esofagus itu adalah gejala pecahnya dinding pembuluh darah pada penderita sirosis kronis sehingga penderita tersebut mengalami pendarahan gastrointestinal.

  1. Muntah Darah

Penderita sirosis hati akan mengalami muntah darah berupa darah merah segar bersamaan dengan gumpalan-gumpalan darah merah.

Hal itu disebabkan oleh pendarahan dan gangguan pencernaan yang dialami oleh penderita sirosis hati. Muntah darah tersebut juga merupakan akibat dari kandungan asam pada darah.

  1. Feses Hitam

Perubahan feses pun akan dialami oleh penderita sirosis. Penyebabnya adalah feses dari penderita sirosis bercampur dengan bakteri. Bakteri itulah yang mengubah warna berubah menjadi hitam.

Obat Buat Penyakit Sirosis Hati

  1. Herbal Licorice

Tak banyak yang tahu, tapi herbal licorice merupakan salah satu jenis obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kerusakan hati dan bahkan mencegahnya. Dipercaya juga herbal licorice ini mampu mengobati infeksi hepatitis C, jadi tak salah bila Anda memilih obat ini dan mulai menggunakannya.

Ada herbal licorice yang datang dalam bentuk suplemen, tapi ada pula yang bisa dibuat menjadi teh herbal.

Kegunaan keduanya adalah sama saja, yakni untuk meningkatkan fungsi hati yang sudah terancam kehilangan fungsinya karena rusak. Hanya saja, untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi obat ini justri perlu dihindari dan tidak begitu dianjurkan.

  1. Obat Kortikosteroid

Bila ingin mengatasi pemicu dasar dari organ hati yang rusak, biasanya kalau Anda ke dokter, maka obat steroid adalah yang diresepkan secara umum. Obat ini memiliki istilah lain, yakni kortikosteroid atau imunosupresan di mana pemberian obat ini hanyalah ketika pasien mengidap hepatitis autoimun.

  1. Obat Antivirus

Obat antivirus biasanya juga adalah yang bakal diberikan atau diresepkan oleh dokter bagi pasien dengan gejala sirosis hati.

Pemberian obat ini hanyalah untuk pasien dengan kondisi hepatitis virus. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, Anda bisa menanyakan pula kepada dokter tentang apa saja kemungkinan efek samping dari konsumsi obat ini.

  1. Katuki

Dikenal juga dengan istilah garam katuki di mana memang katuki ini adalah sebuah obat herbal yang dipercaya mampu mengatasi sirosis hati secara efektif.

Yang paling mujarab adalah bagian akarnya, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memanfaatkan akar dari herbal ini. Tak hanya untuk kesehatan hati, segala bentuk gangguan pencernaan pun bisa diatasi.