skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
11 Tindakan Yang Dipercaya Dapat Menyembuhkan Fistula

11 Tindakan Yang Dipercaya Dapat Menyembuhkan Fistula

Istilah “fistula” merujuk pada koneksi abnormal yang terbentuk di antara dua permukaan biologis, seperti organ, pembuluh, atau usus. Hubungan abnormal ini terbentuk dalam bentuk saluran dan dapat ditemukan di banyak lokasi dan dalam berbagai variasi, meskipun yang paling umum adalah fistula anoretktal.

11 Cara Yang Dipercaya Dapat Menyembuhkan Fistula

1. Makan makanan seimbang

Menjaga pola makan Anda akan mencegah terjadinya gejala-gejala penyakit perut dan pencernaan. Hanya dengan menghindari makanan pedas, cepat saji, dan berlemak akan membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih sehat serta lebih tahan terhadap penyakit. Pilihlah makanan serealia utuh, sayur-sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan daging tanpa lemak.

  • Menambahkan makanan berserat dan serealia ke dalam pola makan Anda akan membantu memperlunak feses dan memperlancar buang air besar.
  • Cobalah memperhatikan jenis-jenis makanan yang membuat Anda alergi atau yang membuat perut Anda sakit. Ingatlah bahwa ini bukan aturan pasti — setiap orang berbeda-beda.
  • Buangan berlemak dapat meningkatkan kemungkinan tersumbatnya saluran dan itu dapat menyebabkan pembentukan abses perianal, penyebab utama rasa sakit pada orang-orang penderita.

2. Minum lebih banyak air

Dianjurkan untuk meminum 1,5 L air setiap hari kecuali dokter Anda mengatakan yang sebaliknya. Berhenti minum alkohol dan soda; melainkan, minumlah banyak air putih dan jus buah. Ini akan membantu mencegah terjadinya konstipasi yang memberi tekanan pada fistula Anda.

  • Air berlebih akan membuat feses menjadi lebih lunak dan membantu membersihkan usus; itulah mengapa jika Anda minum banyak air, Anda merasa perlu ke toilet lebih sering.
  • Air juga mencegah usus tersumbat terutama pada pasien-pasien penderita penyakit pencernaan seperti penyakit Crohn, megakolon toksik, dll. Pada pasien fistula, air akan membuat nanahs lebih encer sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya abses.

3. Gunakan bantal

Jika pekerjaan menuntut Anda duduk selama berjam-jam, hindari memberikan tekanan ekstra pada punggung, pantat, dan kaki, terutama jika Anda mempunyai fistula anal. Ini dapat dilakukan dengan cara duduk di atas bantal, atau “bantal donat,” daripada hanya di kursi biasa.

  • Gunakan mentalitas ini untuk segala hal, kenyamanan Anda adalah yang utama. Usahakan untuk menghindari situasi-situasi di mana Anda dapat menduga bahwa Anda akan menjadi tidak nyaman atau bawalah bantal atau bantuan lainnya.

4. Minum obat anti sakit

Ibuprofen, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), adalah obat anti sakit terpilih yang digunakan untuk merawat rasa sakit yang disebabkan oleh fistula. Fistula anorektal sering kali disertai rasa sakit yang konstan, berdenyut, dan menjadi sangat parah saat duduk. Untuk mengatasi hal ini, bicarakan dengan dokter Anda tentang dosis obat anti sakit yang tepat untuk Anda.

  • Secara patologis, rasa sakit merupakan komplikasi sumbatan saluran fistula. Saluran yang tersumbat akan terisi pus, dan nanah tidak dapat terdrainase keluar — sebuah proses yang pada akhirnya akan menyebabkan pembentukan abses, atau kantong nanah di dekat permukaan kulit.
  • Rasa sakit juga dapat disertai dengan rasa iritasi kulit perianal yang disebabkan oleh buangan nanah.

5. Periksa ke dokter

Diagnosis dilakukan dengan pemeriksaan visual. Sigmoidoskopi harus selalu dilakukan setelah pemeriksaan visual untuk memastikan itu bukan penyakit Crohn. Namun, untuk mengetahui kasus Anda secara keseluruhan, dokter Anda juga akan melakukan satu atau lebih tes-tes di bawah ini:

6. Computerized Tomography (CT scan)

Terutama pada pasien-pasien penyakit Crohn, hasil CT scan dapat mengindikasikan tahap inflamasi sebelum pembentukan fistula yang mungkin terjadi, selain juga menunjukkan rongga-rongga abses untuk menentukan apakah operasi bedah diperlukan.

7. Magnetic Resonance Imaging (MRI)

Ini adalah metode yang sangat membantu untuk mendiagnosis fistula enterik dengan menunjukkan perubahan-perubahan inflamasi yang ada atau akumulasi cairan dalam saluran fistula.

8. Fistulografi

Ini adalah metode sinar X di mana media kontras diinjeksikan pada area eksternal fistula untuk mengklarifikasi lajur fistula dan seberapa dalam fistula tersebut menembus jaringan, yang akan membantu dalam memilih perawatan yang tepat.

9. Ultrasonografi

Metode ini, dikombinasikan dengan pemeriksaan fisik, dapat digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan abses atau akumulasi cairan yang mungkin terjadi di dalam saluran fistula.

10. Cystoscopy

Ini berguna untuk “fistula enterovesikal” yang menghubungkan usus dengan kandung kemih.

11. Tes mikrobiologis

Untuk mengindikasikan tanda-tanda infeksi, terutama pada keberadaan abses, kultur urine mungkin diperlukan kalau-kalau ada fistula kolovesikal.

Apa Itu DAMAGECARE?

Obat Penyakit Kulit Dan Kelamin DAMAGECARE adalah antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.