skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Obat Herbal Untuk Penyakit Sirosis Hati Paling Mujarab!

Obat Herbal Untuk Penyakit Sirosis Hati Paling Mujarab!

Sirosis adalah kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang (kronis). Penyakit ini berkembang secara perlahan dan mengakibatkan jaringan yang sehat digantikan oleh jaringan parut. Jaringan parut akan menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu atau bahkan terhenti.

Kerusakan pada hati yang disebabkan oleh sirosis tidak bisa diperbaiki dan bahkan bisa menyebar lebih luas dan menyebabkan hati tidak bisa berfungsi dengan baik. Kondisi inilah yang sering disebut dengan istilah gagal hati.

Sebelum sirosis menyebabkan gagal hati, perkembangannya berlangsung selama bertahun-tahun. Umumnya, penanganan dilakukan hanya untuk memperlambat perkembangan penyakitnya.

Hati adalah organ padat paling besar yang berada di dalam tubuh manusia. Hati memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh, berikut ini beberapa fungsi hati di dalam tubuh.

  • Menyimpan nutrisi berlebih dan mengembalikan sebagian nutrisi ke dalam aliran darah
  • Memproduksi protein dalam darah untuk membantu penggumpalan, pengiriman oksigen, dan fungsi kekebalan tubuh
  • Membantu menyimpan gula dalam bentuk glikogen
  • Menyingkirkan unsur berbahaya dalam aliran darah, termasuk di antaranya minuman keras dan obat-obatan
  • Menghancurkan lemak jenuh dan menghasilkan kolesterol
  • Memproduksi cairan empedu, yaitu unsur yang dibutuhkan untuk mencerna makanan.

Pada dasarnya, hati adalah organ yang sangat tangguh karena dapat terus bekerja meski dalam keadaan rusak. Hati akan berusaha memperbaiki dirinya sendiri hingga organ ini benar-benar rusak dan tidak bisa berfungsi lagi.

Gejala Penyakit Sirosis Hati

Sirosis di tahap awal tidak menimbulkan gejala apapun. Oleh karena itu, pasien sirosis ringan dan moderat mungkin menderita untuk waktu yang lama tanpa menyadari penyakitnya. Pada tahap ini tes fungsi hati dapat mendeteksi perubahan yang mengarah pada disfungsi hati, seperti:

  • Kegagalan membuat cukup protein seperti albumin yang membantu untuk mengatur komposisi cairan di dalam aliran darah dan tubuh
  • Kegagalan membuat bahan kimia yang cukup diperlukan untuk pembekuan darah
  • Kurang mampu mengolah limbah kimia dalam tubuh seperti bilirubin sehingga menumpuk di dalam tubuh
  • Kurang mampu memproses obat, racun, dan bahan kimia lainnya yang kemudian bisa menumpuk di dalam tubuh

Pada tahap akhir, sirosis hati terkait dengan banyak gejala. Sebagian besar gejalanya adalah akibat dari jaringan hati fungsional yang tersisa terlalu sedikit untuk melakukan tugas-tugas hati. Gejala yang dapat timbul pada fase ini adalah:

  • Kelelahan
  • Kelemahan
  • Cairan yang bocor dari aliran darah dan menumpuk di kaki (edema) dan perut (ascites).
  • Kehilangan nafsu makan, merasa mual dan ingin muntah
  • Kecenderungan lebih mudah berdarah dan memar
  • Penyakit kuning karena penumpukan bilirubin
  • Gatal-gatal karena penumpukan racun

Gangguan kesehatan mental dapat terjadi dalam kasus berat karena pengaruh racun di dalam aliran darah yang memengaruhi otak. Hal ini dapat menyebabkan perubahan kepribadian dan perilaku, kebingungan, pelupa dan sulit berkonsentrasi.

Selain itu, jaringan parut membatasi aliran darah melalui vena portal sehingga terjadi tekanan balik (dikenal sebagai hipertensi portal). Vena portal adalah vena yang membawa darah berisi nutrisi dari usus dan limpa ke hati.

Normalnya, darah dari usus dan limpa dipompa ke hati melalui vena portal. Namun, sirosis menghalangi aliran normal darah melalui hati sehingga darah terpaksa mencari pembuluh baru di sekitar hati.

Pembuluh-pembuluh darah baru yang disebut “varises” ini terutama muncul di tenggorokan (esofagus) dan lambung sehingga membuat usus mudah berdarah. Jika perdarahan usus terjadi, Anda mungkin muntah darah, atau mengeluarkan darah melalui kotoran (feses). Kondisi ini adalah kedaruratan medis yang harus segera ditangani.

Obat Herbal Untuk Penyakit Sirosis Hati

  1. Pengobatan Dengan Teh Hijau

Sirosis hati juga dapat disembuhkan dengan sering mengkonsumsi teh hijau. Bahan yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dibandingkan dengan teh pada umumnya. Minuman ini mampu melindungi serta menghilangkan racun yang ada di dalam organ hati.

Karena mengandung glycyrrhiza yang bersifat anti virus dan anti inflamasi maka licorice juga mampu mengobati penyakit sirosis hati. Namun untuk penggunaannya sebagai obat sendiri harus berdasarkan pengawasan dari seorang ahli obat tradisional atau dokter.

  1. Pengobatan Dengan Ginseng

Ginseng merupakan tanaman mujarab yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Tak heran jika tanaman yang satu ini menjadi obat tradisional andalah bagi masyarakat Korea dan juga Cina. Selain itu, ginseng juga ternyata dapat digunakan untuk mengobati penyakit sirosis hati dengan dikonsumsi secara teratur.

  1. Pengobatan Dengan Kunyit

Umbi yang menjadi bahan utama pembuat opor ayam ini juga mampu mengobati sirosis hati. Kunyit sendiri mengandung zat ajaib yang disebut sebagai kurkumin yang mana mampu memberikan efek dingin untuk peradangan serta antioksidan untuk racun yang merusak organ hati.

  1. Pengobatan Dengan Temulawak

Selain untuk menambah nafsu makan bagi anak-anak, temulawak yang dicampur dengan daun ungu serta meniran ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sirosis.

Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus ketiga bahan tersebut dengan 5 gelas air kemudian meminum air rebusannya dengan teratur.