skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Obat Penyakit Cacingan Secara Medis

Obat Penyakit Cacingan Secara Medis

Obat Penyakit Cacingan Secara Medis – Cacingan merupakan gangguan kesehatan, sebab ada cacing di dalam tubuh yang bisa mengganggu proses pencernaan makanan. Cacingan tidak sedikit orang yang mengalaminya, sebab ada banyak orang pernah mengalami cacingan khususnya dari kalangan anak anak. Sama seperti gangguan kesehatan lainnya, cacingan pun memiliki istilah medis yang dikenal dengan Ascariasis.

Penyakit cacingan ini dikarenakan oleh cacing yang masuk ke dalam tubuh, cacing yang ukurannya sangat kecil sehingga bisa masuk ke dalam tubuh dengan mudah, selain itu telur cacing pun juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui berbagai macam media sehingga cacing bisa menetas di dalam tubuh.

Penyakit cacingan bisa terjadi karena faktor kebersihan yang kurang dijaga dengan baik sehingga kondisi ini lebih berpotensi pada anak anak yang memang pada dasarnya belum mengerti betul akan kebersihan dirinya dan lingkungan.

Gejala serangan ringan cacingan antara lain terdapat gangguan pencernaan ringan, seperti sakit perut, mual dan nafsu makan berkurang. Larva berkeliaran di paru-paru dapat menimbulkan rekasi alergi, antara lain batuk, demam, dan serangan asma.

Cacing merupakan parasit atau organisme yang hidup pada oeganisme lain. Cacing yang ada dalam tubuh manusia akan merampas zat makanan dari tubuh yang dijadikan tempat tinggalnya. Jika penyakit cacingan pada manusia terjadi pada anak-anak akan mengganggu pertumbuhan dan menurunkan daya tahan tubuh, Umumnya cacing masuk ke dalam tubuh manusia melalui tanah.

Anak-anak yang masuh belum mengerti tentang kebersihan diri, sering bermain di tempat-tempat kotor seperti bermain di got atau bermain pasir, sehingga mudah terserangt penyakit cacingan. Jenis cacingan yang biasa menjadi parasit dalam tubuh manusia adalah cacing gelang, kermi, cambuk, dan tambang.

Obat Penyakit Cacingan

Sebagai gambaran, ada berbagai jenis atau golongan obat cacing, masing-masing memiliki mekanisme kerjanya sendiri dan biasanya efektif untuk jenis cacing tertentu. Berikut daftar nama obat cacing (antihelmintik) yang terbukti efektif dan digunakan hingga saat ini.

  1. Piperazin

Obat penyakit cacingan piperazin. Piperazine mengandung cincin heterosiklik yang tidak memiliki gugus karboksil. Cara kerjanya adalah melumpuhkan otot-otot cacing sehingga lumpuh dan terbuang bersama kotoran.

Piperazine digunakan untuk mengobati A. lumbricoides (Cacing gelang) dan E. vermicularis (cacing kremi), meskipun mebendazole merupakan obat cacing kremi pilihan untuk saat ini.

Obat ini tidak boleh digunakan pada ibu hamil, menyusui, gangguan fungsi hati, gangguan fungsi ginjal, dan epilepsi. Efek samping yang dapat ditimbulkannya antara lain masalah pencernaan, urtikaria, dan pusing. Tidak boleh digunakan pada Ibu hamil.

  1. Pirantel Pamoat

Obat penyakit cacingan pirantel pamoat. Ini merupakan obat cacing yang paling banyak digunakan saat ini. Mekanisme kerjanya melumpuhkan cacing sehingga cacing mati dan dikeluarkan lewat feses.

Lebih banyak jenis cacing yang dapat dibasmi oleh obat cacing pirantel pamoat dibanding piperazin, diantaranya: cacing kremi, cacing gelang (ascaris), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale, hookworm), Cacing tambang (Necator americanus, hookworm), Trichostrongilus colubriformis dan Trichostrongilus orientalis.

Sebaiknya hindari penggunaan pada wanita hamil, anak usia di bawah 2 tahun, dan gangguan fungsi hati. Efek samping dapat berupa hilangnya nafsu makan, mual, muntah, kejang perut, diare, rasa mengantuk, sakit kepala, pusing, dan merah-merah pada kulit.

  1. Albendazol

Obat penyakit cacingan Albendazol sangat efektif untuk membasmi cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing kremi (Enterobius vermicularis), cacing cambuk (Trichuris trichiura), cacing tambang (Ancylostoma duodenale dan Necator americanus), cacing pita (Taenia sp.) dan Strongyloides stercoralis.

Albendazol mempunyai khasiat membunuh cacing, menghancurkan telur dan larva cacing. Efek samping dapat berupa mulut kering, gatal-gatal, gangguang pencernaan, pusing dan lain-lain. Tidak boleh diberikan pada ibu hamil dan ibu menyusui. Penggunaan obat ini harus ada resep dari dokter.

  1. Mebendazol

Obat penyakit cacingan ini digunakan untuk membasmi cacing kremi, cacing tambang, cacing gelang, dan cacing cambuk. Sebaiknya jangan digunakan pada wanita hamil dan ibu menyusui.

Sangat sedikit diserap oleh saluran cerna sehingga bisa efektif membunuh cacing dalam rongga usus. Efek samping sangat jarang, berupa sakit perut, diare, kejang (pada bayi) dan ruam.

Baca juga artikel menarik lainnya disini