skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Gejala Dan Obat Penyakit Disentri

Gejala Dan Obat Penyakit Disentri

Penyakit Disentri adalah infeksi pada saluran pencernaan, dan menyebabkan diare yang berlendir dan berdarah. Diare yang dimaksud adalah perubahan konsistensi tinja menjadi cair, disertai peningkatan frekuensi buang air besar lebih dari 3x dalam satu hari. Infeksi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, toksin yang dilepaskan bakteri, atau protozoa.

Diare berdarah ini sering ditemukan di negara berkembang, terutama pada daerah yang padat penduduk dengan sanitasi yang kurang baik. Hal ini berkaitan dengan penyebaran dari agen penyebabnya disentri. Secara umum disentri menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi, tetapi penyebaran antar-individu melalui feses masih memungkinkan.

Gejala Penyakit Disentri

Inilah gejala-gejala disentri yang sering muncul, sebagai berikut:

  • Mual, muntah-muntah bisanya disertai dengan demam
  • Tubuh menjadi sangar lemas dan mata membentuk cekungan karena banyaknya cairan tubuh yang keluar
  • Penderita selalu merasa haus dan badan lemas karena dehidrasi ( kekurangan cairan )
  • Begitu anda mendapati gejala-gejala penyakit disentri pada tubuh anda, jangan salah dalam mengambil tindakan.
  • Sering buang air besar berupa cairan yang bercampur dengan darah dan lendir
  • Perut terasa mulas, kembung, dan kejang.

Penyebab Penyakit Disentri

Penyebab disentri dibagi menjadi dua kategori, yaitu bakteri dan amoeba. Disentri akibat bakteri Bakteri shigella 4 jenis yaitu Shigella sonnei, Shigella flexneri, Shigella boydii, dan Shigella dysenteriae. Shigella sonnei merupakan penyebab disentri yang paling umum, sementara Shigella dysenteriae adalah penyebab disentri yang paling parah.

Bakteri shigella yang ditemukan dalam tinja pengidap dapat menyebar melalui banyak cara, terutama akibat kebersihan yang tidak terjaga, misalnya:

  • Karena pengidap tidak mencuci tangan setelah buang air besar
  • Jika kita mengonsumsi minuman atau makanan yang terkontaminasi
  • Apabila kita menyentuh benda atau bagian tubuh yang terkontaminasi bakteri karena disentuh penderita yang tidak mencuci tangan.

Obat Penyakit Disentri

  1. Metronidazole

Termasuk dalam kategori obat generik, metronidazole ini juga bisa diyakini sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi disentri. Di dalam obat ini terdapat zat aktif yang keefektifannya begitu tinggi dalam membasmi segala bakteri dan bentuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri tersebut di dalam tubuh penderitanya.

Namun obat ini tak bisa didapat secara bebas karena alangkah jauh lebih baik dan aman apabila Anda membelinya atas dasar resep dokter. Takarannya pun sebaiknya ditentukan dokter karena Anda tak boleh sembarangan meminumnya, khususnya tanpa sama sekali resep dokter. Waspadai efek sampingnya apabila dosis yang dikonsumsi secara sembarangan atau berlebihan tak menurut aturannya.

  1. Air Putih

Mengapa air putih? Air putih adalah obat alami yang memang sangat diperlukan tubuh ketika mengalami disentri. Selain bahaya dehidrasi, tubuh yang tak memperoleh cukup cairan bakal melemah yang menjadi pemicu cepat lelah. Karena diare yang terus-menerus, akibatnya bisa fatal bila tak banyak diminumi air putih selama sakit.

Tak usah langsung banyak-banyak atau segelas langsung habis sekali minum karena Anda dapat minum air putih sedikit-sedikit tapi sering. Lakukan sesering mungkin walau akhirnya mungkin mual dan harus muntah. Minum sedikit-sedikit dan sesering mungkin jauh lebih baik ketimbang tak diminumi sama sekali, tapi jangan coba-coba minum jus buah atau diare akan lebih buruk.

  1. Oralit

Oralit bakal sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita disentri apabila memang keadaan tubuhnya sudah terbilang rentan terhadap dehidrasi. Biasanya yang lebih rentan adalah mereka yang usianya sudah 60 tahun ke atas. Atau, oralit bisa diberikan bagi penderita yang masih anak-anak yang memang terancam atau telah menderita dehidrasi.

Tanpa resep dokter, oralit ini bisa didapat dan dikonsumsi oleh para penderita disentri. Ini dikarenakan cairan ini bertugas sebagai pengganti garam, mineral, glukosa dan nutrisi penting lainnya yang sudah keluar dari tubuh. Namun perlu diingat kalau oralit bukan obat diare, perannya hanyalah mencegah dehidrasi dan mengobatinya saja.

  1. Paromomycin Sulfate

Ada obat lain lagi yang dapat Anda andalkan ketika penyakit disentri menyerang tubuh Anda. Obat ini adalah aminoglycoside antibiotic dengan kandungan senyawa tertentu yang dapat menjadi solusi infeksi yang memicu penyakit disentri. Nama obat ini boleh dibilang tidak begitu familiar, tapi efektivitasnya tak usah diragukan karena sama ampuhnya dengan paracetamol.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.