skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Obat Penyakit Vertigo Herbal Adalah …

Obat Penyakit Vertigo Herbal Adalah …

Penderita penyakit vertigo akan terasa tidak nyaman jika mengalami kondisi seperti ini, sebab tidak dapat berjalan dengan normal karena keseimbangan tubuh terganggu, jadi tidak dapat melakukan aktivitas yang merupakan rutinitas.

Penyakit vertigo bisa dialami oleh siapa pun, meskipun begitu lebih banyak ditemui penderitanya dari kalangan usia dewasa. kondisi penyakit vertigo bisa ringan dan juga parah, jika vertigo ringan bisa hanya sesaat saja, tetapi apabila vertigo parah bisa berlangsung lama.

Faktor Resiko Penyakit Vertigo

Adapun berikut faktor yang mungkin menjadikan seseorang terkena vertigo:

  1. Penyakit meniere

Penyebab vertigo yang selanjutnya adalah adanya penyakit meniere. Berbeda dengan vertigo posisi paroksismal jinak, meniere menjadi penyebab yang lebih berbahaya bagi penderita vertigo karena jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, risiko kehilangan pendengaran menjadi lebih besar.

Meniere merupakan penyakit yang menjangkit telinga bagian dalam dengan memenuhi telinga dengan cairan yang bisa menimbulkan rasa pusing dan mengganggu pendengaran. Meniere disebabkan oleh peningkatan aktivitas endolimfe yang berhubungan langsung dengan sistem endolinfatik.

Penderita vertigo yang disebabkan Meniere akan mengalami pusing secara mendadak hingga mual dan muntah selama beberapa jam atau beberapa hari. Jika Anda mengalami hal ini, jangan pernah menunda untuk berkonsultasi ke dokter.

  1. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan seperti mabuk perjalanan, tempat tinggal yang padat dan penuh polusi, pola hidup yang buruk seperti mabuk-mabukan, narkoba, dan lain-lain ternyata juga bisa menjadi penyebab vertigo pada usia lanjut. Terlalu sering mengonsumsi obat-obatan saat sakit juga bisa menyebabkan penyakit ini berkembang karena efek samping bahan kimianya.

Tanda Penyakit Vertigo

Tanda gejala dari penyakit vertigo adalah sensasi berputar saat berbaring, berdiri, atau memutar kepala dengan cepat. Ada gangguan keseimbangan tubuh, mual dan muntah, telinga berdengung, dan ada gerakan pada bola mata.

Penderita vertigo disarankan untuk menghindari gerakan, posisi, atau beberapa substansi yang dapat menyebabkan vertigo. Saat ada tanda-tanda serangan akan terjadi, pusatkan perhatian pada sesuatu hal yang dapat mengurangi rasa pusing dan mual. Obati dengan obat antimuntah atau antivertigo.

Bagi penderita migrain maupun vertigo, sebaiknya rajinlah berolahraga dan melakukan olah pernapasan. Tariklah napas yang dalam sebanyak-banyaknya setiap pagi saat udara masih bersih. Cara ini bisa menimbulkan perasaan tenang dan menghadirkan oksigen lebih banyak ke paru-paru.

Dengan demikian tubuh menjadi lebih nyaman. Dalam waktu tertentu upaya ini akan menambah kebugaran sehingga kepala tak mudah lagi mengalami gangguan.

Obat Penyakit Vertigo Herbal

Berikut pilihan obat herbal untuk penderita penyakit vertigo:

  1. Bawang Putih

Makanan yang cocok lainnya adalah bawang putih. Bawang putih mengandung Vitamin B6 di mana dapat menjadi obat alami mengurangi penyakit vertigo. Bawang putih dapat dikonsumsi langsung ataupun dicampurkan dalam masakan menu sehari – hari.

  1. Mengkudu

Mengkudu mengandung nutrisi yang baik untuk membantu meringankan penyakit vertigo. Tidak perlu memakan langsung buah mengkudu yang pahit namun dapat meminum dalam bentuk pil yang sudah banyak dijual di toko obat atau biasa disebut ekstrak. Buah mengkudu juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak mudah letih.

  1. Lada dan lemon

Yang kedua adalah dengan menggunakan lada dan lemon. Bagi Anda yang memiliki riwayat vertigo, tak ada salahnya membuat obat alami untuk mencegah vertigo datang kembali. Yaitu dengan cara mencampurkan garam atau merica ke dalam jus lemon hangat. Minumlah ramuan tersebut secara teratur untuk mencegah dan mengatasi penyakit vertigo.

  1. Almond

Obat vertigo tradisional selanjutnya adalah almond. Seperti yang kita ketahui almond kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak esensial yang dapat membantu tubuh untuk mengatasi serangan vertigo. Tak hanya itu saja manfaat kacang almond, kacang almond juga berguna untuk mengatasi sakit kepala dan kelelahan akibat bekerja ataupun olahraga yang terlalu berat. Caranya pun sangat mudah yaitu Anda bisa mencampur bubuk almond dalam susu dan minumlah setiap pagi.