skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Inilah Pantangan Makanan Penyakit Gastritis!

Inilah Pantangan Makanan Penyakit Gastritis!

Seperti penyakit lambung lainnya, penyakit gastritis menggambarkan suatu kondisi dimana adanya gangguan pada lambung yang terjadi sebagai akibat peradangan atau iritasi pada lapisan lambung.

Kelemahan dalam penghalang lendir berlapis yang melindungi dinding lambung Anda memungkinkan cairan pencernaan untuk merusak dan membakar lapisan perut yang kemudian pada akhirnya menyebabkan peradangan. Gangguan

Faktor Resiko Gastritis

Berikut beberapa faktor resiko terkena gastritis:

– Bertambahnya usia: Tukak biasanya terjadi pada individu lebih dari 40 tahun.

– Infeksi Helicobacter pylori: Satu dari enam orang yang terkena bakteri ini akan terkena tukak atau maag.

– Obat anti peradangan non-streoid (contoh ibuprofen)

– Merokok: Nikotin meningkatkan produksi asam dan mengurangi lapisan lendir pelindung lambung

– Mengkonsumsi alkohol: Alkohol dapat menyebabkan gastritis dengan meningkatkan sekresi asam dan merusak selaput lendir lambung

– Pembedahan besar atau penyakit berat

– Riwayat keluarga: Lebih dari 25 persen pasien ulkus peptikum memiliki riwayat keluarga yang menderita tukak lambung, dibandingkan dengan 5 persen dari non-ulkus pasien.

Adapun seseorang yang mengidap penyakit gastritis yaitu:

– Nyeri pada tulang dada

– Cepat kenyang saat makan

– Sulit menelan makanan

– Kembung dan sering bersendawa

– Perut terasa mulas atau sakit

– Merasa lelah.

Penyembuhan Gastritis

Untuk menyembuhkan penyakit gastritis hal yang dapat digunakan yaitu:

  1. Paracetamol

Paracetamol adalah salah satu obat yang masuk ke dalam golongan analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun demam). Obat ini dipakai untuk meredakan rasa sakit ringan hingga menengah, serta menurunkan demam. Untuk orang dewasa, dianjurkan untuk mengonsumsi paracetamol 1-2 tablet sebanyak 500 miligram hingga 1 gram tiap 4-6 jam sekali dalam 24 jam.

Paracetamol mengurangi rasa sakit dengan cara menurunkan produksi zat dalam tubuh yang disebut prostaglandin. Prostaglandin adalah unsur yang dilepaskan tubuh sebagai reaksi terhadap kerusakan jaringan atau infeksi, yang memicu terjadinya peradangan, demam, dan rasa nyeri. Paracetamol menghalangi produksi prostaglandin, sehingga rasa sakit dan demam berkurang.

  1. Antibiotik

Antibiotik sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan atas inisiatif pribadi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa depan. Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis pengobatan untuk infeksi yang anda alami. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik yang aman selalu memerlukan petunjuk dari dokter yang telah terlatih secara medis untuk bertahun-tahun.

Sebelum meresepkan antibiotik kepada seorang pasien, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa infeksi itu disebabkan oleh bakteri atau parasit yang memang bisa dimusnahkan oleh antibiotik. Jika infeksi disebabkan oleh virus, maka mengonsumsi antibiotik bukan hanya langkah yang salah dan tidak efektif tapi bisa merugikan tubuh kita.

Salah satu alasan mengapa antibiotik termasuk dalam golongan obat resep dan bukan obat bebas adalah karena hanya dokter yang bisa membedakan infeksi akibat bakteri dari infeksi lain yang tidak bisa ditangani oleh antibiotik.

  1. Omeprazole

Omeprazole adalah obat yang mampu menurunkan kadar asam yang diproduksi di dalam lambung. Obat golongan pompa proton ini digunakan untuk mengobati beberapa kondisi, yaitu nyeri ulu hati, gastroesophageal reflux disease (GERD), dan tukak lambung akibat infeksi bakteri H. pylori. Selain itu, omeprazole juga dapat digunakan untuk mengobati sindrom Zollinger-Ellison.

Pantangan Makanan Penyakit Gastritis

Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari untuk mencegah gastritis, karena makanan ini dapat mengiritasi dan memperburuk lambung, sehingga mengakibatkan seseorang lebih rentan menderita gastritis:

– Paprika

– Bubuk bawang putih

– Daging, sosis, bacon, salami yang diberi bumbu pedas

– Alkohol

– Kopi dan teh

– Susu murni (termasuk cokelat)

– Buah dan jus jeruk, (lemon, limau, jeruk bali)

– Tomat dan produk yang mengandung tomat.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.