skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Cara Mudah Dalam Penanganan Penyakit Malnutrisi!

Cara Mudah Dalam Penanganan Penyakit Malnutrisi!

Malnutrisi adalah kondisi medis serius pada seseorang akibat tidak mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Atau dengan kata lain mengalami gizi buruk. Seseorang bisa kekurangan gizi meski mengonsumsi banyak makanan.

Karena makanan yang dikonsumsi tidak mengandung mikronutrien (vitamin dan mineral) yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Selain itu, malnutrisi juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tubuh yang tidak dapat menyerap nutrisi, masalah pada kesehatan mental, dan kecanduan narkotika dan alkohol. Malnutrisi membuat orang sulit tumbuh besar, susah melakukan pekerjaan fisik, kemampuan belajar kurang, dan mudah terserang penyakit.

Penyebab Penyakit Malnutrisi

Malnutrisi merupakan masalah yang menjadi perhatian internasional serta memiliki berbagai sebab yang saling berkaitan. Penyebab malnutrisi menurut kerangka konseptual UNICEF dapat dibedakan menjadi penyebab langsung (immediate cause), penyebab tidak langsung (underlying cause) dan penyebab dasar (basic cause).

Kurangnya asupan makanan dan adanya penyakit merupakan penyebab langsung malnutrisi yang paling penting. Penyakit, terutama penyakit infeksi, mempengaruhi jumlah asupan makanan dan penggunaan nutrien oleh tubuh.

Kurangnya asupan makanan sendiri dapat disebabkan oleh kurangnya jumlah makanan yang diberikan, kurangnya kualitas makanan yang diberikan dan cara pemberian makanan yang salah.

Gejala Penyakit Malnutrisi

Gejala umum dari malnutrisi diantaranya adalah:

  • Kehilangan lemak (jaringan adipose)
  • Risiko tinggi terhadap komplikasi setelah operasi
  • Kesulitan bernapas, risiko tinggi terhadap kegagalan pernapasan
  • Depresi
  • Risiko tinggi terhadap hipotermia, suhu tubuh yang sangat rendah
  • Jumlah total dari beberapa jenis sel darah putih menurun, sistem imun melemah, meningkatkan risiko infeksi
  • Gairah seks yang menurun
  • Gangguan kesuburan
  • Rentan terhadap rasa dingin
  • Pemulihan luka yang lama
  • Pemulihan dari infeksi yang lebih lama
  • Pemulihan dari penyakit yang lebih lama
  • Kelelahan atau apathy
  • Massa otot yang menurun
  • Massa jaringan yang menurun
  • Mudah marah.

Pada kasus yang lebih serius, malnutrisi menimbulkan beberapa gejala yaitu:

  • Dengan berkurangnya lemak di wajah, pipi dan mata terlihat cekung
  • Kulit dapat menjadi lebih tipis, kering, inelastis, pucat dan dingin
  • Rambut menjadi kering dan membotak, mudah rontok.

Kadang, malnutrisi parah dapat menyebabkan tidak adanya respon. Jika defisiensi kalori berlanjut cukup lama, kemungkinan dapat terjadi gagal jantung, hati dan pernapasan. Total kelaparan termasuk fatal dalam 8 hingga 12 minggu (tanpa konsumsi kalori sama sekali)

Penanganan Penyakit Malnutrisi

Jika Anda memiliki anak yang diduga mengalami malnutrisi atau kurang gizi ada baiknya untuk segera membawanya ke rumah sakit sebagai pertolongan pertama. Hal ini sesuai dengan saran yang diutarakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dengan demikian, dokter dapat memeriksa keadaan anak dengan seksama dan dapat mengobati dehidrasi maupun infeksi yang terjadi.

Pada fase awal pengobatan, seorang anak akan diberikan asupan gizi yang disalurkan melalui hidung ini berlangsung hingga 1 minggu. Jika keadaan sang anak sudah terlihat membaik dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu rehabilitasi. Pada tahap ini sang anak dapat diberi ASI. Seringkali anak membutuhkan dukungan secara emosi ataupun fisik, sehingga nafsu makannya dapat bertambah.

Perhatian dan pemberian kasih sayang merupakan cara yang paling ampuh dalam mengobati sang anak. Beberapa dokter dan ahli gizi bisa jadi membantu para ibu dengan memberikan tips praktis dalam merawat anak atau dalam memilih menu makanan yang bergizi agar terhindar dari kekambuhan.

Setelah kondisi anak benar-benar pulih, ia dapat dirawat di rumah dan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala baik itu di rumah sakit atau klinik anak untuk mendapatkan perawatan lanjutan yang memadai.

Apa Itu Staminacare!?

Staminacare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Nanotechnology Organik yang di produksi khusus untuk mengatasi masalah Anda, yaitu Menjaga Stamina tubuh dan Memperkuat atau Meningkatkan Daya Tahan tubuh. Formula Organik Staminacare adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang Tim Formulator kami lakukan.

Formula Organik Staminacare mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk regenerasi sel. Berbagai protein esensial yang terkandung dalam Formula ini mudah untuk diserap oleh tubuh dan memberikan energi yang cukup untuk proses metabolisme tubuh..