skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pencegahan Penyakit Ginjal Dan Gejalanya

Pencegahan Penyakit Ginjal Dan Gejalanya

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang berbahaya, terutama oleh para orang tua. Ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring semua bahan sisa dan kotoran dari dalam darah Anda yang akan dikeluarkan dalam bentuk urin. Ketika Penyakit ginjal kronis mencapai tahap lanjut, maka kadar dari cairan, elektrolit, dan bahan sisa yang berbahaya bisa menumpuk di dalam tubuh Anda.

Manusia memiliki 2 buah ginjal yaitu ginjal kanan dan kiri. Apabila satu ginjal mengalami kerusakan, manusia masih dapat bertahan hidup walaupun aktivitasnya sehari-hari harus dikurangi karena orang yang memiliki satu ginjal tidak boleh terlalu lelah.

Namun bila kedua buah ginjal rusak maka manusia tidak akan bertahan hidup dan biasanya penderitanya harus menjalani cuci darah seumur hidupnya atau menjalani transplantasi ginjal.

Penyebab Penyakit Ginjal

Hal yang menjadi faktor penyakit ginjal pada seseorang yaitu:

  1. Hipertensi

Sesuatu yang berlebihan tidak akan memberi kebaikan, apalagi menyangkut tekanan darah. Tekanan darah yang terlampau melebihi batas normal menjadi salah satu penyebab gagal ginjal.

  1. Kelainan Genetika

Tidak ada manusia yang ingin terlahir dengan suatu kelainan pada genetika maupun fisiknya. Namun, ketika hal ini terjadi pada Anda, ada kemungkinan bagi Anda untuk menderita suatu kelainan maupun penyakit, salah satunya adalah gagal ginjal.

  1. Racun Dalam Tubuh

Racun dan bahan kimia yang terlalu banyak di dalam tubuh akan memperberat kinerja ginjal dalam membuangnya. Mengkonsumsi terlalu banyak bahan kimia dalam waktu yang lama bisa mengantarkan Anda pada kondisi ini.

  1. Pola Makan Yang Salah

Anda adalah gambaran tentang apa yang Anda makan. Peribahasa itu 100% benar karena apa yang Anda konsumsi setiap hari akan nyata nampak pada diri Anda. Ketika makanan yang dikonsumsi seimbang secara nutrisi dan banyaknya, maka tubuh akan sehat, begitupun sebaliknya.

  1. Bakteri dan Virus

Mungkin Anda sudah menjaga spola hidup Anda secara sehat, namun ketika ada bakteri atau virus yang masuk lalu menyerang organ ginjal, bisa menjadi ancaman yang serius bagi kesehatan ginjal Anda. Untuk itu, memperkuat sistem imun adalah sesuatu yang harus diterapkan.

Gejala Penyakit Ginjal

Berikut beberapa gejala penyakit ginjal:

  1. Mulut terasa seperti logam

Ketika seseorang menderita masalah ginjal, dia juga bisa mengalami uremia; salah satu tahap akhir Penyakit ginjal. Pada kondisi ini partikel limbah menumpuk berlebihan di dalam tubuh seseorang, salah satu gejala yang dirasakan adalah mulut terasa tak enak seperti ada rasa logam di mulut.

Oleh karena itu, makanan akan terasa berbeda, dan sering beberapa penderita Penyakit ginjal melaporkan mereka tidak lagi bisa mengkonsumsi beberapa makanan favorit, seperti daging, atau roti karena rasa busuk di mulut.

Kemudian, terjadilah efek domino akibat kehilangan selera makan ini, dengan tidak adanya vitamin dan mineral yang memasuki tubuh, maka akan meningkatkan rasa lelah dan lemah yang sudah ada.

  1. Kulit gatal

Ginjal juga mengambil partikel limbah dari darah, sehingga ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik pada individu, hasilnya limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Dengan demikian, maka terjadilah gejala Penyakit ginjal berupa kulit kering, bercak kulit gatal di seluruh tubuh yang sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, dan dada.

Gatal parah ini bisa sangat tidak nyaman, dan dapat mengalihkan perhatian pasien dari kegiatan sehari-hari. Obat gatal berupa krim tidak bisa meredakan gatal ini, dan memeriksakan diri ke dokter merupakan suatu keharusan.

  1. Sering Kram

Penderita ginjal dapat mengalami gejala berupa kram otot. Hal ini karena terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh, yang kemudian mengakibatkan otot-otot atau syaraf di dalam tubuh bereaksiyang salah satunya berupa rasa kram pada bagian tubuh, bahkan bisa terasa cukup parah.

  1. Sulit Bernafas

Penyebab penderita ginjal sulit bernafas karena terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal berfungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsi ginjal terganggu, cairan hasil sisa metabolisme menjadi tidak keluar seluruhnya, hal ini membuat cairan tersebut menumpuk di dalam tubuh.

Penumpukan cairan di paru-paru mengakibatkan penderita Penyakit ginjal sulit bernafas. Dimana organ paru-paru yang seharusnya berisi udara, tetapi pada penderita ginjal justru paru-paru sebagiannya berisi cairan sisa metabolisme.

Pencegahan Penyakit Ginjal

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Dan ketika Anda bisa merawat ginjal Anda sejak dari awal, maka resiko penyakit ginjal atau penyakit ginjal lainnya bisa ditekan. Berikut adalaha cara mencegah penyakit ginjal:

  1. Minum banyak air setiap hari

Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

  1. Memagajemen diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dengan baik

Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal.

  1. Mengurangi asupan garam

Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

  1. Jangan menahan buang air kecil

Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang.

Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin. Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.