skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pencegahan Penyakit Ginjal Polikistik Dan Komplikasinya

Pencegahan Penyakit Ginjal Polikistik Dan Komplikasinya

Penyakit ginjal polikistik adalah penyakit keturunan dimana sekelompok kista muncul di dalam ginjal. Pengertian kista sendiri adalah benjolan nonkanker yang berisi cairan menyerupai air. Jika kista mengumpulkan banyak cairan, maka ukurannya juga akan membesar.

Penyebab Penyakit Ginjal Polisistik

PKD disebabkan oleh kelainan gen yang dapat diturunkan dari orangtua ke anak. Namun, pada kasus yang jarang terjadi di mana tidak ada riwayat keluarga memiliki PKD, gangguan ini disebabkan oleh mutasi genetik.

Jika tidak ditangani, PKD dapat menyebabkan berbagai komplikasi, beberapa diantaranya dapat mengancam jiwa. Beberapa kompikasi yang paling umum adalah tekanan darah tinggi, kista pada hati, berkurangnya atau hilangnya fungsi ginjal keseluruhan, masalah usus besar, sakit kronis, aneurisma otak, dan kelainan katup jantung.

Umum bagi ibu hamil untuk memperlihatkan gejala selama masa kehamilan karena kebanyakan orang dengan PKD telah memiliki gangguan tersebut sejak kecil. Meski sebagian besar kehamilan dengan PKD tidak memperlihatkan gejala, ada kemungkinan bagi ibu hamil tersebut terserang suatu kondisi yang disebut preeklampsia.

Gejala Utama Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit Ginjal Polikistik adalah gangguan ginjal, namun gangguan ini juga mempengaruhi organ lain, yang umumnya menjadi alasan mengapa gangguan ini memperlihatkan berbagai gejala. Beberapa gejala yang paling umum adalah hipertensi, darah pada urin, infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, gagal ginjal, peningkatan ukuran perut, nyeri punggung, sakit kepala, dan sering buang air kecil.

Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan orang dengan PKD tidak memperlihatkan gejala hingga tua. Banyak pasien PKD bahkan tidak tahu bahwa mereka memiliki gangguan tersebut. Sayangnya, tidak adanya gejala tidak berarti bahwa gangguan tersebut belum menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Penting untuk Anda berkonsultasi dengan dokter jika Anda menemukan salah satu gejala di atas. Jika Anda tidak memilik gejala apapun, tetapi PKD terdapat dalam riwayat keluarga Anda atau jika dimiliki oleh keluarga tingkat pertama, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebagai tindakan pencegahan.

Komplikasi Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik merupakan salah satu penyebab terjadinya gagal ginjal. Penyakit ini juga dapat menyebar ke organ selain ginjal, seperti hati atau pankreas. Selain gagal ginjal, komplikasi yang dapat dialami oleh penderita penyakit ginjal polikistik adalah:

– Anemia.

– Berkembangnya aneurisma pada otak. Penderita akan memiliki risiko munculnya benjolan seperti balon pada pembuluh darah otaknya.

– Gangguan fungsi usus besar. Munculnya kantung-kantung cairan pada dinding usus besar serta melemahnya dinding usus besar.

– Tekanan darah tinggi. Jika tidak ditangani tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal, serta meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

– Katarak atau kebutaan.

– Nyeri kronis, yang umumnya muncul pada bagian samping dan belakang tubuh penderita.

– Tumbuhnya kista pada organ hati, pankreas dan testis.

– Ketidaknormalan katup jantung, dimana katup tidak dapat menutup secara sempurna.

– Komplikasi saat kehamilan, karena dapat terjadi preeklamsia.

Pencegahan Penyakit Ginjal Polikistik

Salah satu cara terpenting untuk melindungi ginjal adalah dengan mengontrol tekanan darah. Beberapa langkah yang dapat dilakukan penderita penyakit ginjal polikistik untuk mencegah agar tekanan darah tidak meningkat adalah:

– Selalu mengonsumsi obat tekanan darah sesuai resep dan anjuran dokter.

– Membiasakan diri mengonsumsi makanan-makanan rendah garam, dan memperbanyak konsumsi buah, sayur, serta biji-bijian.

– Menjaga berat badan.

– Berolahraga secara rutin.

– Berhenti merokok.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.