skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Berikut Tips Pencegahan Penyakit Hepatitis B!

Berikut Tips Pencegahan Penyakit Hepatitis B!

Hepatitis B adalah penyakit hati yang sangat serius. Hepatitis B adalah infeksi hati yang paling umum di dunia. Di seluruh dunia sekitar 350 juta orang menderita virus hepatitis B, di antaranya, lebih dari 250.000 meninggal karena penyakit terkait hati setiap tahun. hati dapat menjadi meradang akibat infeksi.

Hepatitis B disebabkan oleh infeksi dengan virus hepatitis B virus hepatitis B. Hepatitis berhenti tepat bekerja dari hati Anda dan juga membuat hati Anda membengkak. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka menderita Hepatitis B karena tidak memiliki gejala khusus.

Gejala umum dari Hepatitis B adalah muntah, sakit kuning, dehidrasi, sakit kepala, urin berwarna kuning gelap, mata kekuningan dan kulit, sakit perut dll.

Penyebab Hepatitis B

Virus Penyebab Hepatitis B stabil dalam darah, plasma dan serum serta dapat bertahan lama di luar tubuh manusia dalam berbagai tingkat kelembapan udara dan temperatur yang tinggi. Virus hepatitis B sangat menular bahkan 100 kali lebih mudah menular dibandingkan dengan virus HIV.

Saat ini di Indonesia, penyakit hepatitis B termasuk dalam kelompok 10 besar penyakit penyebab kematian. Angka kejadian penyakit hepatitis B di Indonesia merupakan yang tertinggi di antara jenis hepatitis lainnya. Hal ini disebabkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi penyakit hepatitis B masih rendah.

Menurut Ketua Pokja Hepatitis, Prof. dr. Ali Sulaiman, virus hepatitis B diperkirakan telah menginfeksi sekitar 11,6 juta orang penduduk Indonesia. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat ketiga setelah China dan India dengan jumlah penduduk terbanyak yang terinfeksi hepatitis B.

Sebagian besar infeksi Virus Penyebab Hepatitis B yang menetap timbul sebagai akibat infeksi pada waktu bayi atau anak-anak. Infeksi pada bayi terjadi pada saat persalinan dari yang mengidap HBsag. Infeksi hepatitis B berkembang menjadi kronis berbanding terbalik dengan usia.

Pencegahan Penyakit Hepatitis B

Pencegahan Umum:

– Hindari kontak seksual dengan penderita Hepatitis B, termasuk kontak dengan cairan tubuh seperti ludah dan cairan sperma.

– Hindari pemakainan alat suntik tidak steril, alat tindik, tatto, pemakaian narkoba suntik, berganti – ganti pasangan.

– Skrining ibu hamil pada awal dan pada trimester ke-3 kehamilan.

Pencegahan Khusus:

Imunisasi Aktif

Tujuannya adalah memotong jalur transmisi melalui program imunisasi bayi baru lahir dan kelompok resiko tinggi tertular Hepatitis B.

Sasarannya adalah:

– Bayi baru lahir dalam 12 jam pertama

– Pasien Hemodialisa

– Penyalah guna obat

– Anak dan remaja yang belum pernah diimunisasi

– Individu berisiko terpapar HBV berdasarkan profesi kerja

– Tenaga Medis

– Homoseksual, PSK, Heteroseksual dengan penderita HBV

– Kontak serumah dan kontak seksual dengan penderita HBV

– Individu yang berpergian ke area endemis HBV

– Kandidat Transplatasi.

Untuk mencapai tingkat serokonversi yang tinggi dan konsentrasi anti HBs protektif (>10 U/ml), imunisasi diberikan dengan jadwal 0,1,6 bulan.

Efektifitas vaksin dalam mencegah HBV adalah 90-95%. Dalam keadaan normal, memori system imun dapat menetap sampai 12 tahun.

Pada kelompok non responder, diberi vaksinasi tambahan 1-3 kali, bila sesudah 3x vaksinasi tambahan tidak terjadi serokonversi (tidak timbul antibody), tidak perlu imunisasi tambahan lagi.

Pemeriksaan serologi (anti HBs) pasca vaksinasi tidak rutin dilakukan, kecuali pada:

– Tenaga kesehatan seperti dokter, perawat

– Bayi yang lahir dari ibu dengan HbsAG (+)

– Pada penderita yang rutin menjalani hemodialisa, penderita AIDS (Immunocompromised person)

– Pasangan suami / istri penderita Hepatitis B.

Apa Itu Livercare?

Livercare marupakan Formula Organik produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT.AICI) yang di produksi khusus dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology dan Formula Organik Livercare yang diproduksi adalah hasil terbaik dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh Tim Formulator kami selama bertahun-tahun dengan melibatkan berbagai bahan-bahan Organik dengan kualitas terbaik.

Kandungan-kandungan alami yang terkandung dalam Formula Organik Livercare dapat berperan sebagai anti virus yang menyerang Liver seperti Hepatitis A dan Hepatitis B, Anti peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas virus, Memperbaiki fungsi organ Liver serta kelenjar Empedu yang berperan sebagai sintesa lemak dalam darah, Mencegah dan mengurangi timbulnya plak dalam pembuluh darah.