skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Penyakit Abses Dan Contoh Abses Yang Terjadi Pada Tubuh

Pengertian Penyakit Abses Dan Contoh Abses Yang Terjadi Pada Tubuh

Abses adalah penumpukan nanah pada satu daerah tubuh, meskipun juga dapat muncul pada daerah yang berbeda (misalnya, jerawat, karena bakteri dapat menyebar ke seluruh kulit ketika mereka tertusuk). Di sisi lain, nanah adalah cairan yang kaya dengan protein dan mengandung sel darah putih yang telah mati. Nanah dapat berwarna kuning atau putih.

Daerah peradangan dapat beragam. Abses dapat muncul pada permukaan kulit, dalam hal ini disebut sebagai bisul. Namun, abses juga dapat muncul pada jaringan dalam organ, termasuk, bagian vital seperti hati dan usus.

Beberapa jenisakan hilang dengan sendirinya ketika pecah dan nanah mulai mengering. Meskipun, seringkali kondisi ini memerlukan beberapa intervensi, yang dapat berbentuk obat hingga tusukan jarum dan bahkan operasi, terutama pada jenis yang lebih berisiko.

Abses juga dapat menyulitkan. Misalnya, yang terjadi pada gigi akhirnya dapat menyebabkan sinusitis karena bakteri bergerak melalui rongga sinus. Dalam beberapa kasus, bakteri dapat menyebabkan sepsis.

Sepsis seringnya berupa kondisi yang mengancam jiwa karena menandakan tubuh meradang sebagaimana sistem kekebalan tubuh telah menjadi sangat aktif untuk melawan infeksi, yang dapat bergerak melalui aliran darah. Sementara beberapa kasus sepsis disebabkan oleh bakteri tertentu, sepsis juga dapat muncul pada daerah luka.

Ketika sepsis semakin memburuk, pasien berisiko mengalami syok septik, di mana gumpalan darah dapat muncul dalam pembuluh darah, yang akhirnya mengurangi pasokan darah ke organ vital, terutama ke otak.

Kebanyakan dari kita hanya menduga bahwa abses alias konsentrasi nanah hanya bisa terjadi di area luar tubuh atau kulit. Faktanya, nanah juga bisa terbentuk di bagian dalam tubuh.

1. Kulit

Memang kebanyakan abses terbentuk di bawah kulit. Contoh paling umum dari abses jenis ini adalah bisul, yaitu infeksi di akar atau folikel rambut yang kemudian berkembang menjadi abses kecil di area tersebut.

Gejala dari terkonsentrasinya nanah di kulit biasanya berupa pembengkakan. Selain itu, abses bisa juga memunculkan warna kulit di daerah yang terkena infeksi menjadi kemerahan, terasa nyeri, dan terasa panas.

2. Dalam tubuh

Penyakit ini juga bisa terbentuk di dalam tubuh seseorang, baik di dalam organ tubuh maupun di dalam ruang antar organ tubuh. Untuk menentukan terjadinya penyakit ini di dalam tubuh, pemeriksaan bisa dilakukan dengan pemindaian utrasonografi.

 

Contoh abses yang berada dalam tubuh yaitu:

1. Abses hati

Organ dalam lain yang bisa terkena adalah hati atau liver. Yang pertama adalah abses hati ameba. Hal ini biasanya disebabkan oleh bakteri usus Entamoeba histolytica. Jika usus seseorang terinfeksi oleh parasit ini, maka parasit bisa terbawa darah ke hati lalu menyebabkan penyakit ini.

Gejala dari adanya penumpukan nanah di hati antara lain berupa sakit yang terus-menerus dan terasa menusuk-nusuk di perut terutama bagian kanan atau atas. Gejala lainnya adalah batuk, demam, gelisah, hilang selera makan, berkeringat terus, dan berat badan menurun.

2. Abses Bartholin

Jenis ini merupakan konsentrasi nanah di kelenjar Bartholin. Kelenjar ini sendiri ada di tiap sisi pintu masuk vagina. Bila kelenjar ini tertutup, biasanya akan terbentuk kista. Nanah muncul sebagai akibat dari kista yang mengalami infeksi.

Akibat tertumpuknya nanah, timbul rasa sakit di area tersebut. Abses Bartholin dipercaya disebabkan oleh bakteri E. Coli. Selain itu, bakteri yang menyebabkan penyakit menular seksual, seperti klamidia atau gonore, dianggap juga berperan bagi terciptanya abses jenis ini.

3. Abses otak

Meski langka, abses bisa juga terjadi di dalam otak manusia. Hal ini biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala yang tidak tertahankan dan umumnya tidak bisa disembuhkan dengan obat antinyeri. Gejala lain yang mungkin muncul adalah adanya perubahan kondisi mental, kelumpuhan, kejang, dan demam tinggi.

Kondisi berisiko memburuk jika tidak ditangani oleh dokter. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang bersifat fatal, sebaiknya segera hubungi dokter jika terkena penyakit ini terutama di bagian-bagian yang vital.

Apa Itu DAMAGECARE?

Obat Penyakit Kulit Dan Kelamin DAMAGECARE adalah antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.