skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Jenis Penyakit Abses Yang Wajib Diketahui

Jenis Penyakit Abses Yang Wajib Diketahui

Abses adalah suatu penimbunan nanah, biasanya terjadi akibat suatu infeksi bakteri. Jika bakteri menyusup ke dalam jaringan yang sehat, maka akan terjadi infeksi. Sebagian sel mati dan hancur, meninggalkan rongga yang berisi jaringan dan sel-sel yang terinfeksi.

Sel-sel darah putih yang merupakan pertahanan tubuh dalam melawan infeksi, bergerak ke dalam rongga tersebut dan setelah menelan bakteri, sel darah putih akan mati. Sel darah putih yang mati inilah yang membentuk nanah, yang mengisi rongga tersebut.

Akibat penimbunan nanah ini, maka jaringan di sekitarnya akan terdorong. Jaringan pada akhirnya tumbuh di sekeliling abses dan menjadi dinding pembatas, hal ini merupakan mekanisme tubuh untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Jika suatu abses pecah di dalam, maka infeksi bisa menyebar di dalam tubuh maupun dibawah permukaan kulit, tergantung kepada lokasinya.

 

Beberapa jenis abses di bawah ini patut diketahui:

1. Abses hati

Organ dalam lain yang bisa terkena adalah hati atau liver. Yang pertama adalah hati ameba. Hal ini biasanya disebabkan oleh bakteri usus Entamoeba histolytica. Jika usus seseorang terinfeksi oleh parasit ini, maka parasit bisa terbawa darah ke hati lalu menyebabkan terjadinya penyakit ini.

Gejala dari adanya penumpukan nanah di hati antara lain berupa sakit yang terus-menerus dan terasa menusuk-nusuk di perut terutama bagian kanan atau atas. Gejala lainnya adalah batuk, demam, gelisah, hilang selera makan, berkeringat terus, dan berat badan menurun.

Abses hati lain yang bisa terjadi adalah pada hati piogenik yang disebabkan oleh sekumpulan bakteri, antara lain Escherichia coli, Bacteroides, Enterococcus, Klebsiella pneumoniae, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus. Kondisi peradangan kantung empedu adalah yang paling umum menyebabkan abses hati piogenik.

2. Abses anal

Abses anal adalah terjadinya penumpukan nanah di daerah dekat anus seseorang. Jenis ini biasanya terjadi karena adanya infeksi pada kelenjar kecil anus. Kemungkinan penyebab lain adalah adanya kelenjar anus yang terhambat dan oleh adanya infeksi menular seksual. Abses anal juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada fisura anus.

Gejala yang muncul akibat penyakit ini adalah terjadinya pembengkakan yang menyakitkan dan terasa seperti mendidih di dekat anus. Saat disentuh, daerah yang terkena akan terasa hangat dan mungkin memiliki warna kemerahan. Beberapa bisa juga terjadi di jaringan anus yang lebih dalam, meski jarang terjadi.

3. Abses otak

Meski langka, abses bisa juga terjadi di dalam otak manusia. Hal ini biasanya ditandai dengan gejala sakit kepala yang tidak tertahankan dan umumnya tidak bisa disembuhkan dengan obat antinyeri. Gejala lain yang mungkin muncul adalah adanya perubahan kondisi mental, kelumpuhan, kejang, dan demam tinggi.

Pada umumnya, penyebab terjadi pada otak adalah jamur atau bakteri yang masuk ke jaringan otak. Biasanya hal ini datang melalui infeksi yang terkait ke bagian tengkorak, seperti penyakit sinus, abses gigi, atau infeksi telinga. Pneumonia dan trauma otak bisa juga menjadi penyebabnya.

4. Abses gigi

Penyakit ini bisa juga terjadi di gigi yang ditandai dengan gigi terasa berdenyut parah. Rasa sakit yang datang biasanya terjadi secara tiba-tiba dan akan memburuk beberapa jam atau hari kemudian. Abses gigi akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif dan kesulitan mengunyah.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang berkumpul di dalam mulut akibat jarang sikat gigi. Bisa juga diakibatkan oleh terlalu banyak mengonsumsi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat.

5. Abses peritonsilar

Jenis ini juga dikenal sebagai abses Quinsy yang merupakan komplikasi dari tonsilitis atau peradangan di amandel. Penyakit jenis ini sendiri sebenarnya jarang terjadi dan bisa berpotensi serius jika sampai terjadi.

Beberapa gejala yang mengiringi penyakit ini adalah pembengkakan di dalam mulut dan tenggorokan, sulit membuka mulut, nyeri saat menelan, dan sulit bicara. Selain itu, gejala lainnya yang mungkin timbul adalah bau mulut, sakit telinga khusus di bagian yang terinfeksi, sakit kepala, dan sulit bernapas.

Apa Itu DAMAGECARE?

Obat Penyakit Kulit Dan Kelamin DAMAGECARE adalah antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.