skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pencegahan Penyakit Cacingan Yang Harus Dilakukan

Pencegahan Penyakit Cacingan Yang Harus Dilakukan

Penyakit Cacingan merupakan penyakit yang dimana tubuh manusia memiliki cacing parasit di tubuh, cacing ini memakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga merugikan para pengidapnya. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak maupun pada orang dewasa di mana saja, termasuk di Indonesia. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa 90% anak-anak di Indonesia mengalami penyakit cacingan.

Banyak orang yang menganggap bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang remeh. Padahal, penyakit cacingan dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit lain yang sangat berbahaya jika tidak segera ditangani.

Penyakit cacingan termasuk penyakit yang sering terjadi di Indonesia. Penyakit cacingan umumnya masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang tidak bersih maupun yang makanan yang masih mentah, karena makanan tersebut sebelumnya telah dihinggapi oleh lalat. Makanan seperti inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit cacingan.

Pada umumnya, cacing menyukai tempat yang kotor dan lembab untuk hidup serta berkembang biak. Kecuali cacing yang hidup di dalam tubuh manusia. Seseorang yang sudah menjaga kebersihan dalam hidupnya belum tentu terbebas dari cacingan, karena cacing bisa saja dibawa oleh orang lain.

Kebanyakan orang tua juga tidak mengetahui anaknya menderita penyakit cacing ini. Oleh karena itu, orang tua harus tahu apa saja yang menjadi gejala dan ciri-ciri penyakit cacingan itu sendiri.

Ciri-ciri orang cacingan yang dapat anda lihat secara umum adalah wajah terlihat tampak pucat, kurang semangat atau gairah, badan terasa lesu, perut tampak buncit sedangkan tubuhnya sendiri kurus. Nafsu makan bertambah atau tetap namun berat badan tidak mengalami peningkatan.

Gangguan lambung akan sering terjadi, seperti diare, sering buang air besar (BAB) dan juga sakit perut. Penderita penyakit cacingan akan sering mengalami batuk dan juga sering menggaruk-garuk bagian anus. Bayi yang terkena penyakit ini akan sering gelisah dan menangis pada malam hari bisa dengan melakukan pengobatan penyakit cacingan.

Penyakit cacingan mempunyai beberapa jenis dari cacing yang menginfeksinya. Gejalanya pun berbeda-beda. Untuk penyakit cacingan kremi, gejalanya adalah di bagian vulva atau anus akan terasa gatal, ketika malam hari rasa gatal ini akan semakin parah karena cacing kremi akan keluar pada malam hari untuk menaruh telur.

Cacing kremi biasanya menaruh telur di dekat anus. Bagi anda yang mengalami penyakit cacingan, yakni cacing gelang harus sangat di waspadai karena cacing ini tidak memiliki gejala dan cacing gelang ini mampu berpindah pindah dari organ yang satu ke yang lainnya. Dan untuk penyakit cacingan berupa cacing pita, anda akan merasakan sakit di perut.

Orang yang terkena penyakit cacingan akan sulit untuk dapat dideteksi. Oleh karena itu untuk melakukan pencegahan dari masalah ini maka anda harus rajin dan teratur mengonsumsi obat cacingan. Anda dapat meminum obat cacingan 6 bulan sekali.

Jika anda mengetahui bahwa anda terkena penyakit cacingan sebaiknya segeralah ke dokter agar cepat di tangani dalam pengobatan penyakit cacingan. Yang kedua adalah obat mebendazole, obat ini juga digunakan untuk mengobati penyakit cacingan yang jenisnya belum diketahui. Adapun untuk dosis sesuai takaran yang telah diberikan dalam label obat

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Untuk Pencegahan

Kebersihan menjadi hal paling penting untuk dijaga untuk mencegah penyebaran telur cacing yang bisa menyebabkan cacingan. Langkah untuk menjaga kebersihan ini bisa dilakukan untuk keluarga yang sudah memiliki anak terkena infeksi cacingan maupun yang belum. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan.

Mulai untuk menjaga kebersihan kaki dan tangan sesering mungkin. Cuci tangan Anda setelah memakai fasilitas umum untuk menghindari kontaminasi telur cacing. Mandi setiap hari untuk menjaga kebersihan badan dan jangan lupa untuk mengganti pakaian setelah mandi.

Pengobatan Penyakit Cacingan

Jika sudah menunjukkan beberapa gejala cacingan pada anak-anak dan orang dewasa seperti yang sudah disampaikan, bersegeralah mengambil sebuah tindakan agar cacing parasit tersebut tidak berkembang biak terlalu jauh dalam tubuh penderita.

Salah satu langkah untuk mengantisipasi cacingan dan pengobatannya adalah dengan meminum obat cacing yang dapat dibeli pada apotek terdekat. Namun, perhatikan dosis dan penggunaannya jika mengkonsumsi obat ini.

Disamping itu, obat tradisional mengatasi cacingan untuk anak-anak dan dewasa juga dapat diperoleh dari bahan alami yang mudah didapat seperti ramuan berikut ini:

Wortel dan kelapa: Siapkan saja 1/4 kelapa agak tua dan 1 buah wortel segar. Parut keduanya dan tambahkan 1 gelas air. Peras dan ambil sarinya. Minum air perasan tersebut sebelum tidur, lakukan cara ini hingga 2 minggu lamanya.

Kulit mangga: Ketika kita akan memakan mangga, jangan buang kulitnya yang ampuh membasmi cacing parasit dalam tubuh. Caranya ambil kulit mangga dari 1 buah mangga segar masak. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan tersebut sebelum tidur selama 2 minggu lamanya.

Baca juga artikel menarik lainnya disini