skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Penyakit Gastritis!

Pengertian Penyakit Gastritis!

Gastritis atau yang umum dikenal dengan sebutan Maag adalah penyakit yang sering terjadi di masyarakat, namun begitu penyakit ini sering diremehkan dan disepelekan oleh penderitanya. Pada kenyataannya, penyakit gastritis tidak bisa diremehkan. Gastritis adalah penyakit pencernaan pada lambung yang dikarenakan oleh produksi asam lambung yang berlebihan.

Hal ini mengakibatkan imflamasi atau peradangan dari mukosa lambung. Penderitanya merasa akan merasa perutnya perih dan mulas di daerah sekitar ulu hati. Jika hal ini dibiarkan dan diabaikan berlarut-larut maka akan memicu erosi mukosa lambung. Dalam beberapa kasus gastritis dapat menyebabkan bisul (ulkus) pada lambung dan peningkatan kanker perut.

Jenis – Jenis Penyakit Gastritis

Berdasarkan Garis Besarnya

  1. Maag Akut

Disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang menyebabkan panas, bengkak, nyeri , dan gangguan fungsi organ tubuh atau bahasa kedokterannya adalah inflamasi

  1. Maag Kronis

Disebabkan oleh Inflamasi seperti maag akut tetapi lebih kronis yang menyebabkan adanya gastritis yang berbeda ( Gastritis Kronisa )

Berdasarkan Tingkatannya

  1. Maag Ringan

Pada tahap ini mulai adanya asam lambung berlebih di bagian dinding lambung ( Sebagian Orang Sudah Pernah Mengalaminya)

  1. Maag Sedang

Pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan ( Pada Tahap Ini Dianjurkan Untuk Konsultasi dengan Dokter )

  1. Maag Kronis

Pada tahap ini maag yang dialami sudah sangat parah terjadi inflmasi yang menyakitkan. Pada tahap ini saya yakin kebanyakan penderitanya sudah berkonsultasi dengan dokter karena tidak tahan dengan sakitnya maag tersebut.

  1. Kanker Lambung

Pada tahap ini muncul mikroorgnasime yang emrugikasn yaitu Helycobacter pylori yang menyebabkan kanker pada lambung.

Tanda penyakit disentri

Jika perut bagian atas anda terasa sakit dan terbakar bisa jadi itu adalah tanda dan gejala gastritis yang anda derita. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan peradangan pada lapisan lambung. Penyebab paling umum dari gastritis atau radang lambung adalah infeksi dengan bakteri helicobacter pylori (bakteri yang sama yang menyebabkan sebagian besar sakit maag).

Helicobacter pylori (h. Pylori) hidup di perut dan dapat menyebabkan infeksi baik akut maupun kronis. Penyebab lain gastritis termasuk cedera, penggunaan rutin penghilang rasa sakit tertentu atau minum kelebihan alkohol. Semua ini dapat mengiritasi mukosa lambung dan berkontribusi untuk penyakit gastritis atau radang lambung.

Ketika gejala terjadi tiba-tiba, itu dikenal sebagai gastritis akut. Dalam gastritis kronis, gejala terjadi perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Tanda dan gejala gastritis dapat bervariasi dari satu orang ke orang lain, dan pada banyak orang mungkin tidak ada gejala.

Diagnosa Penyakit Gastritis

Untuk mendeteksi adanya penyakit gastritis dapat dilakukan metode sebagi berikut:

– Evaluasi dimulai dengan sejarah medis dan pemeriksaan fisik.

– Tes darah dapat membantu, terutama jika diduga ada anemia.

– Tes terbaik untuk mendiagnosis gastritis dan ulkus peptikum adalah endoskopi lambung. Pada tes ini, tabung tipis dengan kamera di ujungnya perlahan-lahan maju melalui mulut dan tenggorokan dan masuk ke perut. Cara ini memungkinkan untuk visualisasi langsung lapisan perut dan untuk biopsi untuk mengevaluasi infeksi H. pylori dan kanker.

– Sinar X juga dapat digunakan, tetapi ini kurang akurat dibandingkan endoskopi.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Maag (Gastritis)

Cara terbaik untuk mengatasi maag (gastritis) adalah dengan melakukan pencegahan penyakit maag itu sendiri. Pencegahan dilakukan dengan memerhati­kan pola makan dan zat-zat makanan yang dikonsumsi.

Gastritis ini merupakan penyakit pencernaan sehingga pengaturan terhadap zat makanan yang masuk merupa­kan faktor utama untuk menghindari gastritis. Seperti ti­dak menggunakan obat-obat yang mengiritasi lambung, makan teratur atau tidak terlalu cepat, mengurangi makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak, hindari merokok dan banyak minum kopi/alkohol, kurangi stres.

Stres merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit ini. Oleh karena itu, penting istirahat yang cukup dan re­laksasi pikiran untuk memulihkan keadaan yang stres fisik maupun stres mental.

Mengurangi makan makanan yang merangsang pe­ngeluaran asam lambung, seperti makanan berbumbu pe­das, cuka, dan lada yang berlebihan. Beberapa jenis makanan yang telah diketahui mernberikan rangsangan yang kurang enak terhadap perut juga harus dihindari. Namun, yang patut diketahui, keadaan ini sangat berbeda pada setiap orang.

Setiap orang harus mengetahui makanan apa yang dapat menimbulkan rasa tidak enak ini. Tinggallah di lingkungan yang tidak padat penduduknya dan juga bersih karena hal itu akan memper kecil kemungkinan terkena infeksi bakteri. Hal ini akan memperkecil kemungkinan infeksi bakteri penyebab gastritis kronik.

Apa Itu ElderlyCare?

Elderlycare adalah Produk PT. Autoimun Care Indonesia yang merupakan Formula Organik yang diciptakan khusus untuk membantu menyembuhkan penyakit Maag, membantu mengatasi Gangguan pada Sistem Pencernaan, dan membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Elderlycare ini di Produksi dengan teknologi canggih Nanotechnology yang dapat menjaga kesehatan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan tubuh serta membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.