skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Penyakit Ginjal Dan Pengobatannya

Pengertian Penyakit Ginjal Dan Pengobatannya

Penyakit ginjal atau gagal ginjal adalah keadaan organ ginjal yang kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh dalam keadaan normal. Gagal ginjal dibagi menjadi dua kategori yaitu gagal ginjal kronik dan gagal ginjal akut.

Pada gagal ginjal akut terjadi penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu dan ditandai dengan hasil pemeriksaan fungsi ginjal (ureum dan kreatinin darah) dan kadar urea nitrogen dalam darah yang meningkat.

Sedangkan pada gagal ginjal kronis, penurunan fungsi ginjal terjadi secara perlahan-lahan. Sehingga biasanya diketahui setelah jatuh dalam kondisi parah. Gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan. Pada penderita gagal ginjal kronik, kemungkinan terjadinya kematian sebesar 85%.

Penyebab Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab penyakit ginjal yaitu:

  1. Diabetes

Kandungan gula yang terlalu banyak dalam aliran darah membuat alirannya sedikit terhambat. Aliran darah yang tidak optimal akan menghambat kinerja organ ginjal.

  1. Kekurangan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang tidak kebal akan mudah terserang berbagai jenis penyakit. Ketika ada suatu masalah sepele pada ginjal Anda, namun tubuh Anda tidak mampu mengatasinya, maka kondisinya akan semakin memburuk.

  1. Pengaruh Obat

Obat memang penting dikonsumsi ketika Anda mengalam suatu gangguan kesehatan, namun, tahukah Anda jika obat-obatan yang Anda konsumsi dalam waktu lama justru akan membuat kerusakan pada sel-sel ginjal.

  1. Penurunan Suplai Darah

Penyebab Penyakit ginjal yang pertama adalah menurunnya pasokan darah menuju organ ginjal akibat faktor tertentu. Ketika suplai darah tidak mencukupi, ginjal tidak bisa berfungsi secara optimal seperti seharusnya.

Tanda Tanda Penyakit Ginjal

Beberapa tanda gejala penderita yang mengalami penyakit ginjal sebagai berikut:

  1. Demam

Orang yang terkena infeksi ginjal, bisa mengalami demam ringan. Demam sebenarnya merupakan gejala suatu penyakit.

Orang yang sakit ginjal bisa ditandai dengan gejala demam, dan seringnya demam tidak kunjung sembuh, atau lama sekali sembuhnya (tidak wajar) walaupun sudah diberikan obat khusus penurun demam.

  1. Kelelahan

Ginjal bekerja keras sepanjang hari, tidak hanya memproduksi urine, tetapi juga membuat erythropoietin, yang merupakan hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal rusak, maka produksi erythropoietin bisa turun dan sebagai akibatnya bisa terjadi anemia.

Untungnya, anemia dapat diobati dengan penanganan yang tepat, bagaimanapun, anemia ini bukan satu-satunya alasan mengapa orang-orang yang menderita penyakit ginjal dan gagal ginjal tamak begitu lelah atau lemas.

Alasan lain yaitu ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat menyebabkan kelemahan otot. Sayangnya, mereka yang menderita gagal ginjal akhirnya merasa lemah dan lelah, bahkan setelah istirahat cukup.

Kelelahan ini akan mengganggu rutinitas sehari-hari secara signifikan, di mana pasien begitu lelah, mereka tidak dapat pergi bekerja, atau bahkan melakukan tugas sederhana seperti membersihkan rumah, berpakaian, atau bahkan menyiapkan makanan.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Radang ginjal bisa mengakibatkan timbulnya terkena darah tinggi. Apabla sebelumnya seseorang belum pernah memiliki riwayat darah tinggi, tetapi kemudian tiba-tiba terkena tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi potensi gejala sakit ginjal.

Gejala berupa tekanan darah tinggi terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah pada penderita ginjal, yang juga memiliki komplikasi penyakit diabetes.

Tanda gejala lainnya seperti:

– Dehidrasi

– Kebingungan

– Mual dan muntah

– Sakit perut dan sedikit nyeri pinggang belakang.

Pengobatan Penyakit Ginjal

Pengobatan untuk penyakit ginjal adalah:

  1. Mengubah Gaya Hidup

Bagi yang sudah terkena penyakit ginjal, mengubah gaya hidup secara perlahan-lahan bisa mengurangi keparahan penyakit ginjal yang diderita. Bagi yang belum terkena penyakit ginjal mengubah gaya hidup bisa bermanfaat untuk menghindarkan diri dari penyakit ginjal.

  1. Memperbanyak Zat Besi

Orang yang anemia karena gangguan ginjal bisa diobati dengan memperbanyak konsumsi zat besi. Zat besi itu bisa digunakan untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

  1. Obat Antibiotik

Pihak medis akan menyuntikkan antibiotik kepada pasien penyakit ginjal yang disebabkan oleh infeksi, antibiotik itu juga digunakan untuk mencegah peradangan pada ginjal.

  1. Obat Penormal Tensi

Untuk menghindari komplikasi yang lebih serius pasien akan diberikan obat penurun tensi sehingga tensinya bisa menjadi normal kembali.

  1. Menyeimbangkan Fosfat

Ginjal bisa digunakan untuk menyaring fosfat. Penumpukan fosfat bisa berpengaruh buruk pada ginjal. Menyeimbangkan fosfat bisa dengan cara mengurangi konsumsi fosfat yang kebanyakan ada pada daging merah, produk olahan dari daging sapi, ikan dan juga telur.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.