skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Dan Diagnosis Penyakit Ginjal

Pengertian Dan Diagnosis Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah hilangnya fungsi ginjal. Apabila hanya 10% dari ginjal yang berfungsi, pasien dikatakan sudah sampai pada ERSD atau Penyakit ginjal tahap akhir. Penyakit ini mungkin akut yaitu berkembang sangat cepat dalam beberapa jam atau dalam beberapa hari.

Penyakit ginjal dapat juga kornik yaitu terjadi perlahan dan berkembang perlahan, mungkin dalam beberapa tahun. Karena ginjal memiliki peran vital dalam mempertahankan homeostasis, Penyakit ginjal menyebabkan efek sistemik multipel.

Penyebab Penyakit Ginjal

Beberapa hal yang mungkin menyebabkan penyakit ginjal terjadi yaitu:

– Pre-renal karena berkurangnya asupan darah ke ginjal misalnya: dehidrasi, pendarahan hebat, gagal jantung dsb.

– Renal atau kerusakan yang langsung emngenai ginjal itu sendiri misalnya: karena obat-obatan atau zat kontras tertentu yang bersifat merusak ginjal, infeksi dan sebagainya.

– Post-renal dimana ditemukan sumbatan disepanjang saluran kemih. “Lebih sering disebabkan oleh batu saluran kemih yang menyumbat, Kamungkinan lainnya adalah sumbatan saluran kemih oleh tumor, dan mungkin juga disebabkan oleh kelainan anatomis didaerah saluran kemih yang memicu sumbatan”.

Gejala Penyakit Ginjal

Beberapa orang yang mengalami penyakit ginjal biasanya merasakan gejala berikut:

  1. Gangguan Memori

Ketika anda beranjak tua, Anda cenderung menjadi lebih pelupa; Namun, itu bukan jenis kehilangan memori yang disebabkan oleh Penyakit ginjal.

Gangguan memori akibat Penyakit ginjal terjadi akibat kurangnya konsentrasi yang diikuti oleh pusing yang disebabkan oleh peningkatan kadar racun dalam darah karena kerusakan ginjal. Kondisi ini tidak berdiri sendiri, jadi harus diperhatikan adanya ciri-ciri Penyakit ginjal yang lainnya.

  1. Kulit gatal

Ginjal juga mengambil partikel limbah dari darah, sehingga ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik pada individu, hasilnya limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Akibatnya kulit dapat terasa gatal.

Beberapa gejala lain yang dapat timbul seperti:

– Mual dan muntah.

– Nafsu makan menurun.

– Napas pendek atau munculnya rasa lelah yang terus menerus.

– Terjadinya kram otot. Khususnya kram otot bagian kaki.

– Urine sedikit.

– Bau napas tidak sedap dan tercium seperti bau urine.

– Bengkak di beberapa bagian tubuh. Seperti mata dan pergelangan kaki.

– Kulit pucat.

– Mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

Diagnosis Penyakit Ginjal

  1. Biopsi ginjal

Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel kecil dari jaringan ginjal. Deteksi kerusakan ginjal kemudian dilakukan dengan memeriksa sel-sel ini dengan mikroskop.

  1. LFG

Laju filtrasi glomerulus/LFG (glomerular filtration rate/GFR) adalah pengukuran terhadap seberapa baik ginjal Anda bekerja berdasarkan jumlah kotoran yang berhasil disaring ginjal dari darah. Hasil perkiraan laju filtrasi glomerulus atau eGFR normal adalah 90 ml cairan kotoran per menit. Kisaran angka ini menunjukkan bahwa ginjal masih berfungsi dengan baik.

Penghitungan eGFR menggunakan sebuah formula khusus. Metodenya adalah dengan menghitung kadar kreatinin dalam sampel darah, kemudian dihitung berdasarkan umur, jenis kelamin, dan etnis Anda. Hasil GFR ini merupakan estimasi persentase fungsi normal ginjal Anda. Misalnya: hasil estimasi GFR 60ml/menit sama artinya dengan 60% fungsi ginjal masih berjalan.

  1. Pemindaian

Dalam kasus gagal ginjal stadium lanjut, ginjal dapat mengerut dan berbentuk tidak utuh. Sebelum perubahan bentuk ginjal tersebut terjadi, pemindaian digunakan untuk mengetahui apakah terjadi penyumbatan tidak normal dalam aliran urin Anda. Proses ini dilakukan dengan alat-alat seperti USG, computerised tomography (CT) scan, atau pemindaian magnetic resonance imaging (MRI).

Mengatasi Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal tidak hanya bisa menyerang orang tua dan dewasa saja melainkan anak-anak juga bisa terserang penyakit yang satu ini.

Tentunya hal ini mengartikan bahwa setiap orang memiliki resiko untuk terserang penyakit ini. Ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk mengatasi penyakit ginjal baik secara alami ataupun mengunakan metode pengobatan. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

– Olahraga rutin

– Jangan menahan keinginan untuk kencing

– Perbanyak minum air putih

– Mengurangi asupan garam

– Meminum minuman sehat

– Konsumsi sayuran dan buah

– Memperbanyak konsumsi buah manggis

– Menghindari alkohol dan merokok

– Tidak mengkonsumsi sembarang obat tanpa resep dokter

– Hindari konsumsi produk herbal atau jamu berlebih

– Perbanyak komsumsi buah beri

– Lakukan manajemen peda penyakit diabetes, hipertensi dan jantung.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal Obat Penyakit Ginjal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.