skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengertian Penyakit Vertigo Dan Gejala!

Pengertian Penyakit Vertigo Dan Gejala!

Pusing kepala merupakan gangguan kesehatan yang sangat wajar untuk dialami bahkan hampir semua orang pernah mengalami pusing kepala. Tetapi pusing kepala yang dialami oleh banyak orang merupakan pusing kepala biasa, karena ada jenis pusing kepala yang akan sangat sakit dan akan menyebabkan tubuh terasa seperti berputar, hal itu di kenal juga dengan nama penyakit vertigo.

Penyakit vertigo bukanlah jenis pusing biasa yang hampir setiap orang pernah mengalaminya, tetapi penyakit vertigo merupakan tingkatan jenis pusing yang lebih parah keadaannya. Setiap orang bisa mengalami vertigo, tetapi belum tentu semua orang mengalami vertigo walaupun penyakit vertigo juga dapat menyerang anak anak, remaja dan juga orang dewasa.

Serangan vertigo yang secara mendadak atau tiba tiba akan mengakibatkan bagian tubuh akan merasakan sangat pusing yang dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan pada tubuh juga.

Jenis Penyakit Vertigo

Berikut adalah jenis dari penyakit vertigo:

  1. Vertigo perifer

Ini adalah jenis vertigo yang paling umum. Vertigo perifer dipicu oleh gangguan pada mekanisme keseimbangan yang terletak pada telinga bagian dalam. Gangguan tersebut meliputi labirinitis, vestibular neuronitis, vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV), dan penyakit Meniere.

  1. Vertigo sentral

Gangguan atau masalah pada serebelum (otak kecil) yang terletak di bawah otak besar atau batang otak (bagian bawah otak yang terhubung dengan saraf tulang belakang) berpotensi menyebabkan vertigo ini.

Penyebab vertigo sentral yang lain meliputi migrain, sklerosis multipel, stroke dan transient ischaemic attack (TIA), akibat obat-obatan tertentu, serta tumor otak yang terletak di otak kecil ataupun tumor jinak pada saraf pendengaran (neuroma akustik).

BPPV juga dapat menyerang tanpa sebab jelas. Atau bisa juga terjadi setelah penderita mengalami infeksi telinga, operasi telinga, cedera kepala, serta lama terbaring.

Kasus-kasusnya ditandai dengan serangan vertigo yang singkat, intens, dan berulang (biasanya berlangsung selama beberapa detik atau beberapa menit). Gejala-gejala yang menyertainya juga bisa berupa mual, muntah, pusing, limbung, serta nistagmus (gerakan bola mata yang tidak terkendali) yang berlangsung secara singkat sehingga Anda tidak bisa fokus.

Gejala Penyakit Vertigo

Vertigo sering dipicu oleh perubahan posisi kepala Anda.

Gejala lain yang mungkin menyertai vertigo antara lain:

– Sering berkeringat.

– Telinga berdering atau gangguan pendengaran.

– Terasa mual.

– Gerakan mata yang abnormal atau menyentak (nystagmus).

– Kepala terasa sakit.

– Pusing seperti berputar-putar.

Cara Mencegah Penyakit Vertigo

Lalu mengenai cara mencegah penyakit vertigo bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Tidak sulit untuk menerapkan gaya hidup yang sehat dan anda bisa memulainya dengan memperhatikan betul makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah-buahan dan sumber protein seperti daging dan ikan-ikanan, anda juga mesti menghindari mengkonsumsi makanan yang kurang baik bila dikonsumsi secara berlebih contohnya makanan dengan kandungan kalori yang tinggi dan makanan yang mengandung bahan pengawet.

Cara mencegah penyakit vertigo yang kedua yaitu dengan menjaga kondisi fisik agar tetap fit. Apabila kondisi tubuh anda tidak fit maka anda akan mudah terkena infeksi virus seperti flu dan ini bisa membuat anda mengalami vertigo. Untuk cara mencegah penyakit vertigo yang ketiga tidak lain adalah dengan menjaga pikiran agar tidak stres.

Salah satu alasan mengapa banyak dari kalangan pekerja yang menderita vertigo karena mereka mengalami stres akibat tekanan pekerjaan. Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah vertigo. Terakhir kami juga menyarankan kepada anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika merasa memiliki tanda dan gejala awal terserang vertigo.