skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Ada 4 Macam Pengobatan Herbal Penyakit Sirosis Hati Yang Direkomendasikan Oleh Para Ahli Kesehatan!

Ada 4 Macam Pengobatan Herbal Penyakit Sirosis Hati Yang Direkomendasikan Oleh Para Ahli Kesehatan!

Sirosis hati merupakan penyakit hati kronis yang ditandai dengan kerusakan sel-sel hati oleh jaringan-jaringan ikat, diikuti dengan parut serta sering diiringi pembentukan ratusan nodelus (benjolan).

Penyakit ini mengubah struktur hati dari jaringan hati normal menjadi bejolan-benjolan keras yang abnormal dan mengubah pembuluh darah.

Jaringan parut menghambat aliran darah ke hati dan menambah tekanan darah di perut. hati yang mengalami sirosis kelihatan berbenjol-benjol, penuh parut, berlemak dan berwarna kuning jingga. Kemungkinan lainnya hati menjadi mengecil, berkerut dan keras.

Sirosis hati adalah proses akhir dari perjalanan penyakit hepatitis kronis. Penyakit ini dapat menimbulkan berbagai penyakit gangguan metabolis, seperti ikterus, edema, koagulopati, hipertensi portal, splenomegali, varises gastroesofagus, ensefalopati hepatis, dan asietes. Prognosis penyakit sirosis hati akhirnya meninggal akibat perdarahan varises masif atau ensefalopati hati.

Klasifikasi berbagai jenis sirosis yang sering dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Sirosis pascahepatits yang dapat terjadi akibat infeksi virus hepatitis B, hepatitis C atau hepatitis kronis aktif tipe autoimun
  • Sirosis alkoholik yang dapat terjadi akibat minum alkohol berlebihan. Penghentian minum alkohol dapat memulihkan penyakit ini
  • Sirosis biliaris primer, ditandai oleh peradangan kronis dan obliterasi fibros saluran empedu intrahepatik yang diperkirakan bersifat autoimun.

Gejala Penyakit Sirosis Hati

Sirosis pada tahap awal hanya memunculkan sedikit gejala, tapi ketika fungsi hati sudah berkurang secara signifikan akan muncul gejala-gejala seperti:

  • Kulit dan putih mata berwarna kuning atau sakit kuning (jaundice)
  • Mual dan muntah
  • Muntah darah
  • Perubahan warna pada urine dan tinja (kadang disertai darah)
  • Kulit mengalami gatal-gatal
  • Kehilangan selera makan
  • Keletihan, kekurangan energi, dan mudah mengantuk
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut atau edema
  • Penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba
  • Demam dan menggigil
  • Sesak napas.

Penyebab Penyakit Sirosis Hati

Selain disebabkan oleh sirosis hebatitis baik B ataupun C yang terlampau kronis, sirosis hati juga dapat menyerang organ hati manusia dengan cara sebagai berikut:

  1. Minuman Keras

Terlalu sering mengkonsumsi minuman keras juga dapat memicu timbulnya penyakit ini. Kandungan alkohol pada minuman keras akan merusak serta melukai sel-sel yang ada pada hati.

Ada banyak kasus dimana orang yang mengkonsumsi alkohol akan menjadi ketergantungan. Kebiasaan itulah yang nanti akan membuat sistem fungsi hati menjadi rusak dan tidak berfungsi lagi.

  1. Penyakit Hati Autoimun

Penyakit hati Autoimun sendiri adalah dimana sistem imun manusia menyerang jaringan serta organ tubuh yang sehat, salah satunya akan menyerang organ hati.

Penderita sirosis hati juga bisa mendapatkan penyakit ini lewat keturunan. Hal ini disebabkan karena sirosis yang berasal dari hepatitis dapat menular melalui darah ataupun cairan sperma.

Pengobatan Herbal Penyakit Sirosis Hati

  1. Kunyit

Umbi yang menjadi bahan utama pembuat opor ayam ini juga mampu mengobati sirosis hati. Kunyit sendiri mengandung zat ajaib yang disebut sebagai kurkumin yang mana mampu memberikan efek dingin untuk peradangan serta antioksidan untuk racun yang merusak organ hati.

  1. Temulawak

Selain untuk menambah nafsu makan bagi anak-anak, temulawak yang dicampur dengan daun ungu serta meniran ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati sirosis.

Caranya cukup mudah yaitu dengan merebus ketiga bahan tersebut dengan 5 gelas air kemudian meminum air rebusannya dengan teratur.

  1. Ginseng

Ginseng merupakan tanaman mujarab yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Tak heran jika tanaman yang satu ini menjadi obat tradisional andalah bagi masyarakat Korea dan juga Cina. Selain itu, ginseng juga ternyata dapat digunakan untuk mengobati penyakit sirosis hati dengan dikonsumsi secara teratur.

  1. Teh Hijau

Sirosis hati juga dapat disembuhkan dengan sering mengkonsumsi teh hijau. Bahan yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dibandingkan dengan teh pada umumnya. Minuman ini mampu melindungi serta menghilangkan racun yang ada di dalam organ hati.

Karena mengandung glycyrrhiza yang bersifat anti virus dan anti inflamasi maka licorice juga mampu mengobati penyakit sirosis hati. Namun untuk penggunaannya sebagai obat sendiri harus berdasarkan pengawasan dari seorang ahli obat tradisional atau dokter.