skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengobatan Penyakit Batu Empedu Yang Sangat Beragam

Pengobatan Penyakit Batu Empedu Yang Sangat Beragam

Batu empedu atau gallstones memang dimiliki oleh setiap orang dan secara teori ini di anggap sebagai hal yang normal. Tapi, yang membedakannya antara tiap orang adalah banyak dan tidaknya batu dalam kantong empedu.

Jika batu yang terdapat dalam kantong empedu ini terlalu banyak maka dalam kondisi tertentu ini bisa saja menjadi masalah serius buat kesehatan, hingga kadang butuh operasi kantong empedu.

Dua jenis utama dari penyakit ini:

  1. Kolesterol batu: Biasanya kuning-hijau dalam warna, sekitar 80% dari penyakit ini adalah batu kolesterol.
  2. Batu pigmen: Batu-batu ini lebih kecil dan lebih gelap dan terbuat dari bilirubin.

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Beberapa faktor pemicu penyakit batu empedu parah adalah:

  1. Pengaruh berat badan

Resiko akan lebih tinggi lagi jika seseorang mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan.

  1. Usia

Resiko dari penyakit batu empedu parah biasanya akan bertambah seiring dengan usia yang semakin bertambah. Penyakit batu empedu parah ini biasanya sering terjadi pada mereka yang usianya diatas 40 tahunan.

  1. Jenis kelamin

Resiko dari wanita untuk bisa terkena penyakit batu empedu parah biasanya 2 kali lebih tinggi daripada resiko pria.

  1. Efek dari melahirkan

Wanita yang sudah pernah melahirkan biasanya mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit batu empedu parah. Kemungkinan penyebabnya adalah karena kadar kolesterol yang mengalami peningkatan sebagai salah satu bentuk perubahan hormon yang terjadi pada wanita selama mereka sedang hamil.

Gejala Penyakit Batu Empedu

– Terjadi rasa mual dan disertai muntah.

– Mengalami rasa nyeri di perut, bawah rusuk lalu menjalar ke punggung, tulang belikat dan di bawah bahu kanan.

– Kulit kuning (jaundice).

– Mirip gejala flu ( meriang, keluar keringat dingin, suhu tubuh meningkat yang disertai dengan nyeri perut.

– Akan mengalami sakit parah dalam beberapa jam setelah mengkomsumsi makanan berkadar lemak tinggi.

– Gangguan pencernaan, gas usus, fase yang berwarna seperti dempul.

Bahaya Penyakit Batu Empedu

Keberadaan batu empedu di dalam kandung empedu, baik yang berukuran besar maupun ukuran kecil, sering tidak menimbulkan gejala sama sekali. Tetapi, jika batu itu keluar dari kandung empedu dan menimbulkan penyumbatan pada saluran empedu, saluran hati, dan saluran pancreas, pada akhirnya keberadaan batu tersebut bisa menimbulkan berbagai komplikasi serius.

Salah satu komplikasi yang dapat terjadi adalah timbulnya peradangan pada kandung empedu. Jika terjadi hal demikian, penderita bisa merasakan sakit yang hebat di perut kanan atas. Jika mendapat tekanan atau perut ditepuk, maka sakitnya akan jauh lebih hebat lagi.

Akibatnya, penderita tak bisa banyak bergerak. Selanjutnya, penderita bisa terkena demam. Untuk mengatasinya, dokter boleh jadi memberikan penderita antibiotik dan obat penghilang rasa nyeri yang bisa berfungsi selama beberapa hari.

Pengobatan Batu Empedu

Batu empedu yang tidak menyebabkan gejala tidak membutuhkan terapi, namun membutuhkan monitor yang ketat. Jika muncul gejala, pilihan terapi yang dapat dilakukan berupa:

  1. Pembedahan. Pembedahan sangat dianjurkan jika batu empedu terus kembali terbentuk. Jika kantong empedu Anda diambil, cairan empedu akan mengalir langsung dari hati ke usus kecil Anda.
  2. Terapi obat-obatan. Terdapat beberapa obat yang dapat memecah batu empedu namun membutuhkan waktu yang cukup panjang. Terapi ini biasanya diberikan jika pembedahan tidak dapat dilakukan.

Setiap kondisi dapat berbeda. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk terapi yang tepat bagi Anda.

Apa Itu RENALCARE?

Obat Penyakit Ginjal RenalCare, Produk PT. Autoimun Care Indonesia (PT. AICI) merupakan Formula Herbal yang diciptakan dengan teknologi canggih yaitu Autofermentasi Nanotechnology yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan Organ Ginjal.
Formula Herbal RenalCare yang kami produksi ini terbuat dari bahan 100% Herbal Alami dengan kualitas terbaik dan kami pastikan 0% bahan kimia, sehingga tidak ada efek samping jika Anda mengkonsumsinya.