skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Pengobatan Penyakit Insomnia

Pengobatan Penyakit Insomnia

Insomnia adalah gangguan susah tidur malam. Seseorang yang mengalami insomnia akan memilik siklus tidur yang tidak beraturan. Karena insomnia ini lah, banyak orang lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Penyebab Penyakit Insomnia

Penyakit insomnia bisa dialami oleh siapapun, dan tidak akan terjadi jika tidak ada faktor penyebab nya. Penyakit insomnia bisa dialami diakibatkan beberapa hal. Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab insomnia:

  1. Tidur siang

Tidur siang baik di lakukan jika tidak terlalu lama, karena akan mengembalikan otak untuk berfikir lebih baik karena beristirahat sejenak. Namun, jika tidur siang yang terlalu maka tidak baik lagi karena bisa menjadi penyebab insomnia. Akibat dari tidur yang terlalu lama akan menghilangkan ngantuk dan mata akan segar sehingga akan terjaga di saat malam hari.

  1. Obat obatan

Obat obatan pun bisa menjadi penyebab insomnia, di dalam obat tidak hanya ada obat yang bisa menyebabkan ngantuk namun obat juga akan menyebabkan mata menjadi terjaga hingga tidak akan mengantuk.

  1. Penyakit

Tidak hanya di sebabkan oleh tidur siang, namun penyakit pun bisa menjadi penyebab insomnia. Penyakit yang menjadi penyebab insomnia yaitu penyakit yang sering kambuh di saat malam hari gejala nya.

Penyakit yang seperti itu biasa nya penyakit yang di sebabkan oleh ada nya masalah pada saluran pernafasan yang bisa menyebabkan batuk dan juga sesak nafas biasa nya akan membuat penderita nya susah tidur sehingga akan mengganggu tidur.

Pengobatan Penyakit Insomnia

Dalam mengobati insomnia, hal pertama yang dilakukan oleh dokter adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebab. Jika insomnia didasari oleh kebiasaan atau pola hidup tertentu yang tidak sehat, maka dokter akan menyarankan pasien untuk memperbaikinya.

Jika insomnia disebabkan oleh gangguan kesehatan (misalnya gangguan kecemasan), maka dokter akan terlebih dahulu mengatasi kondisi yang mendasari rasa cemas tersebut.

Dalam beberapa kasus insomnia, dokter akan menyarankan pasien menjalani terapi perilaku kognitif. Terapi ini bisa membantu pasien mengubah perilaku dan pola pikir yang memengaruhi tidur mereka.

Jika dirasa perlu, dokter dapat meresepkan obat tidur untuk beberapa waktu. Obat tidur merupakan solusi yang bersifat sementara saja. Menangani gejala insomnia tanpa mencari solusi untuk akar penyebabnya, jarang berhasil sepenuhnya.

Saat yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter

Sebaiknya periksakan diri ke dokter jika Anda kesulitan untuk tidur atau sulit mempertahankan tidur, terlebih lagi jika hal tersebut berdampak kepada kehidupan sehari-hari Anda.

Kelelahan karena insomnia dapat memengaruhi suasana hati Anda dan menciptakan masalah di dalam hubungan Anda dengan orang-orang terdekat dan rekan kerja.

  1. Hindari konsumsi kafein

Kopi sangatlah tidak baik bagi kualitas tidur Anda, sebab kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Terutama untuk jenis kopi hitam yang pekat. Oleh sebab itu, cara mengatasi insomnia sulit tidur yang terakhir ini saya sarankan Anda menghindari konsumsi kopi. Minimal hindari kopi sekitar 5 jam sebelum Anda tidur pada malam harinya.

  1. Pilih kasur yang sesuai

Mengalami susah tidur salah satunya juga bisa disebabkan karena kasur yang tidak sesuai. Seperti jika kasur Anda baru beli, kasur terlalu bantat, dan masih banyak lagi. Pastikan kasur yang Anda gunakan untuk tidur itu nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh. untuk mengeceknya silahkan Anda berbaring di kasur tersebut.

Manakala ketika Anda berbaring terasa seperti berdiri, kasur tersebut berarti nyaman. Kasur yang nyaman tidak hanya mampu menghilangkan susah tidur saja, tetapi kasur yang nyaman juga baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.

  1. Kurangi cahaya berlebih

Menurut salah satu jurnal kesehatan yang berasal dari Amerika Serikat, sekitar 40 % penduduk negara tersebut mengalami susah tidur akibat gemerlap lampu. Bahkan survey tersebut juga menyebutkan bahwa 10 % orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu.

Maka dari itu mengurangi cahaya lampu bisa menjadi cara mengatasi insomnia sulit tidur yang efektif. Bila perlu matikan lampu tidur Anda agar bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Selain itu perhatikan pula tirai jendela yang ada di kamar Anda, pastikan tirai tersebut selalu tertutup agar cahaya kendaraan dari luar tidak menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu.